Ilustrasi gim daring | Pixabay/Stefan Coders

Inovasi

Gim Daring, Reakreasi Digital yang Kian Berkembang

Indonesia sebagai salah satu negara terbesar pengguna games di Asia Tenggara.

Industri games di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang positif, terutama di tengah pandemi. Global Market Games Reports 2020 yang dikeluarkan Newzoo, perusahaan riset pasar dan konsultan bisnis games dan e-sports, menyatakan Indonesia sebagai salah satu negara terbesar pengguna games di Asia Tenggara.                                                                                                                  

Melihat antusiasme masyarakat dalam bermain gim, UniPin yang merupakan platform gim daring dan konten digital berupaya terus menyediakan beragam kemudahan bagi para gamers untuk menikmati aktivitas permainan yang menyenangkan.

Baru-baru ini, UniPin mengadakan UniPin Ladies Championship (ULC) dan PUBG Mobile Cyber Arena (PMCA), turnamen yang dibuat khusus untuk para gamer perempuan. Kegiatan ini, dilakukan juga untuk memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret lalu.

Selain itu, UniPin juga memberikan keuntungan bagi para penggunanya saat membeli voucer games favorit. Saat ini UniPin bekerja sama dengan ShopeePay, menyediakan cashback hingga 90 persen bagi para gamers yang membeli voucer gim di UniPin dengan menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran. Promo ini berlaku, mulai 15 hingga 21 Maret 2021.

photo
Ilustrasi bermain gim daring - (Pixabay)

Head of Business UniPin Ovantinus Tembrianto, menjelaskan, UniPin berupaya memberikan pengalaman terbaik bagi para gamers di Indonesia. “Terlebih di masa stay at home, di mana aktivitas bermain gim adalah salah satu aktivitas rekreasi digital yang paling banyak dilakukan masyarakat,” ujarnya. 

Ketersediaan beragam voucer gim dan kemudahan transaksi dalam platform Unipin, lanjut Ovantinus, diharapkan dapat memaksimalkan pengalaman para pengguna saat bertransaksi di UniPin. Menurutnya, dalam setahun terakhir ini, UniPin melihat adanya kenaikan pembelian voucer games  di platformnya. Beberapa voucer games favorit yang sering dibeli oleh para pengguna UniPin, antara lain Free Fire, MLBB Bang Bang dan PUBGM.

 

 

Aktivitas bermain gim adalah salah satu aktivitas rekreasi digital yang paling banyak dilakukan masyarakat.

Ovantinus Tembrianto, Head of Business UniPin

 

Permainan Baru Rasa Nostalgia

Gravity Game Link (GGL), perusahaan yang dikenal sebagai pengembang gim Ragnarok, pekan lalu, mengumumkan hadirnya beberapa gim terbaru untuk 2021. “GGL telah berdiri sejak 2019, dan terus bekerja keras untuk menghadirkan layanan gim yang berkualitas untuk pemain di wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia,” ujar Harry Choi selaku President of Gravity Game Link.

Menurutnya, meskipun dalam situasi pandemi, GGL tetap akan melakukan upaya terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan industri gim Indonesia. “Selama pandemi, jumlah penikmat gim di Indonesia pun ikut tumbuh pesat. Gravity Game Link pun memperkenalkan judul permainan terbaru yang akan dirilis Gravity Game Link di 2021," lanjutnya.

Gim-gim baru tersebut, adalah Lost Saga Origin, The Lord, Ragnarok Project M, dan Ragnarok Origin. "Kami melihat antusiasme gamer Indonesia akan gim Lost Saga masih sangat tinggi. Maka dari itu, dengan kehadiran Lost Saga Origin, kami yakin Gravity Game Link akan mampu memberikan keseruan bermain dan pengalaman bernostalgia gamer Lost Saga di Indonesia," kata Harry.

Lost Saga Origin adalah gim daring berbasis 3D Action Casual Fighting, di mana para pemainnya akan saling beradu satu sama lain di arena dengan menggunakan berbagai macam Hero berkemampuan unik. Sebelumnya, Gravity Game Link juga telah merilis game Lost Saga Remastered pada November 2020 lalu.

Lost Saga Origin juga akan mendapatkan konten update paling terbaru yang sesuai dengan versi dari Lost Saga dari negara asalnya, Korea Selatan. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat