Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (tengah) bersama Direktur Komunikasi ACT Ade Muhammad Yusuf, Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha, Direktur Utama Baznas M. Arifin Purwakananta dan Direktur Resources Mobilititions Dompet Dhuafa Etika | Republika/Putra M. Akbar

Khazanah

Republika Bantu Rp 150 Juta untuk Bencana Sulbar dan Kalsel

Korban bencana harus terus dibantu hingga kembali beraktivitas seperti sebelum ada bencana.

JAKARTA -- Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaidi menyerahkan sumbangan sebesar Rp 150 juta kepada empat lembaga amil zakat (LAZ) dan lembaga kemanusiaan untuk disalurkan kepada korban bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (18/3). Empat lembaga tepercaya tersebut adalah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dompet Dhuafa (DD), Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Rumah Zakat.

Irfan mengatakan, Republika telah membuka donasi untuk membantu para korban bencana gempa di Sulbar dan banjir di Kalsel sejak Februari 2021. Menurut dia, banyak pembaca Republika yang antusias mengirimkan sebagian rezekinya untuk membantu korban.

“Meski jumlahnya tak seberapa, ini murni dari pembaca-pembaca Republika. Dan, akan kami laporkan juga nantinya di platform Republika sebagai pertanggungjawaban kepada pembaca,” ujar Irfan saat menyerahkan bantuan kepada perwakilan empat lembaga tersebut di kantor Harian Republika, Jakarta, Kamis (18/3).

Irfan berharap, keempat lembaga tersebut nantinya bisa menyalurkan bantuan tersebut dengan tepat sasaran, sehingga bisa meringankan beban para korban bencana. 

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta mengatakan, Republika menjadi satu-satunya media massa yang masih terus mendukung program-program  LAZ, termasuk Baznas. Menurut dia, amanah dari para pembaca Republika tersebut nantinya akan digunakan untuk program bantuan kemanusiaan di Sulbar. 

“Ini sangat berharga, dan terima kasih kepada Republika yang mengajak masyarakat untuk berzakat dan bersedekah. Mudah-mudahan Allah memberikan keberkahan,” kata dia. 

Hal senada juga disampaikan Direktur Resource Mobilization DD, Etika Setiawati. Menurut dia, sumbangan dari pembaca Republika tersebut menambah semangat DD untuk membantu para korban bencana di Sulbar dan Kalsel.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Direktur Komunikasi Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ade Muhammad Yusuf. “Kami sangat bersyukur Republika menjadi terdepan dalam kerja-kerja kemanusiaan,” jelasnya.

Sementara itu, Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha memastikan, pihaknya akan menyalurkan bantuan dari para pembaca Republika tersebut kepada para korban bencana di Sulbar dan Kalbar.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat