Roket Space X, Falcon 9 meluncur dari Stasiun Cape Canaveral Space Force Senin (15/3/2021). | AP/Craig Bailey/Florida Today

Kisah Mancanegara

Dicari, Delapan Petualang Ruang Angkasa

SpaceX berharap sistem roket 394 kaki bisa untuk membawa awak dan kargo ke Bulan, Mars, dan sekitarnya.

OLEH RIZKY JARAMAYA

Miliuner Jepang, Yusaku Maezawa (45 tahun), mencari delapan orang dari seluruh dunia untuk melakukan ekspedisi bersama ke bulan.  Maezawa adalah orang pertama yang memesan tempat untuk tur luar angkasa yang sedang dikembangkan oleh SpaceX, dan diperkirakan akan diluncurkan paling cepat pada 2023.

Maezawa awalnya berencana mengundang enam hingga delapan seniman untuk ikut bersamanya dalam tur luar angkasa pertama tersebut. Namun, dalam sebuah video yang diunggah di akun Twitter-nya, dia akan membuka kesempatan lebih luas kepada seluruh kalangan.

“Saya mengundang Anda untuk bergabung dengan saya dalam misi ini. Delapan orang dari seluruh dunia. Saya sudah membeli semua kursi, jadi ini akan menjadi perjalanan pribadi," ujar Maezawa, dilansir Aljazirah, Rabu. "Jika Anda menilai diri Anda seorang seniman, berarti Anda memang seniman."

Maezawa mengatakan, dia mencari kandidat berdasarkan dua kriteria yaitu siap untuk "berpetualang mencoba hal baru" dan bersedia memberikan semangat itu kepada anggota lainnya. Pelamar yang memenuhi kriteria itu akan terbang ke luar angkasa bersama taipan fesyen tersebut.

photo
Roket Space X, Falcon 9 meluncur dari Stasiun Cape Canaveral Space Force  Senin (15/3/2021).   - (AP/Malcolm Denemark/Florida Today)

Maezawa membuka pra-registrasi sebelum 14 Maret, dengan penyaringan awal dilakukan pada 21 Maret. Pelamar harus lolos pemeriksaan medis dan akhirnya, melakukan wawancara langsung dengan Maezawa.

Wawancara akhir dan pemeriksaan medis dijadwalkan pada akhir Mei 2021. Maezawa dan kelompok astronotnya akan menjadi penjelajah bulan pertama sejak misi Apollo AS terakhir pada 1972.

Tahun lalu, Maezawa sempat meluncurkan film dokumenter pendek untuk mencari kekasih yang bisa ikut perjalanannya ke luar angkasa. Namun, tawarannya itu dibatalkan karena ia mengaku, perasaannya bercampur aduk.

Rahasia dan risiko

Maezawa menjual bisnis fesyen daring Zozo Inc. kepada SoftBank pada 2019. Menurut kantor berita Reuters, Rabu (3/3), ia telah membayar semua biaya perjalanan generasi berikutnya dari pesawat SpaceX.

Maezawa merahasiakan nilai uang yang digelontorkan untuk bisa terbang ke luar angkasa ini. Namun, ia mengaku lebih mahal dari lukisan karya Jean-Michel Basquiat yang nilainya mencapai 110 juta dolar AS.

Pesawat yang disebut Starship ini dapat diterbangkan ulang. "Saya pikir akan ada sejumlah penundaan, namun segalanya masih sesuai jadwal," katanya dalam sebuah wawancara.

photo
FAstronot NASA Doug Hurley (kiri) dan Bob Behnken bekerja bersama tim dari NASA san SpaceX melatih pelepasan astronot dari pesawat Dragon milik Space X di Cape Canaveral, Florida pada 2019 lalu. - (Bill Ingalls/NASA via AP, File)

Bulan lalu, prototipe Starship milik SpaceX jatuh terbakar saat mencoba mendarat setelah uji terbang. Ini adalah kecelakaan kedua setelah prototipe terakhir Starship mengalami nasib serupa pada Desember lalu.  maka Maezawa dan teman perjalannya akan menghadapi risiko tersebut.

"Elon Musk bilang, tidak ada masalah dan saya percaya dia," ujar Maezawa menyebut pendiri SpaceX, Elon Musk.

Maezawa mengaku belum melakukan pelatihan apapun. Kalau pun ia mendapat pelatihan, maka diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan saja. Namun, ia mengaku menjaga makanannya dan rajin berolah raga beberapa jam setiap pekannya.

"Saya hanya mempersiapkan mental," kata guru fesyen ini, yang saat diwawancara memakai kaos bergambar bola dunia rekaan 1968 yang ikonik di balik kemeja rancangan Dior.

Sementara SpaceX berharap sistem roket 394 kaki dapat digunakan untuk membawa awak dan kargo ke Bulan, Mars, dan sekitarnya. “Saya sangat yakin bahwa kami akan mencapai orbit berkali-kali dengan Starship sebelum 2023 dan itu akan cukup aman untuk transportasi manusia pada 2023. Ini terlihat sangat menjanjikan,” kata Musk.

Musk mengatakan, misi yang sedang dikembangkan oleh SpaceX akan menjadi penerbangan luar angkasa pribadi yang pertama di luar orbit Bumi. Badan antariksa AS, NASA berencana untuk mendaratkan astronot di Bulan, termasuk wanita pertama, pada 2024. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat