Pebulu tangkis Indonesia mempersiapkan diri menghadapi All England, kejuaraan badminton kelas dunia. | ANTARA

Olahraga

PBSI Atur Kekuatan demi All England

Kemenangan di All England akan meningkatkan prestasi PBSI dan pebulu tangkis Indonesia.

JAKARTA -- PP PBSI melakukan langkah strategis berikutnya menyambut dua turnamen bulu tangkis di Eropa, Swiss Open dan Jerman Open. Setelah urung mengirimkan Jonatan Christie, otoritas bulu tangkis Tanah Air itu kembali mencoret satu tunggal putra lainnya, yakni Anthony Sinisuka Ginting.

Belum cukup, juara Yonex Thailand Open lalu, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan finalis Yonex Thailand Open, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, juga tidak jadi mengikuti ajang Swiss Open 2021 yang akan digelar pada 2-7 Maret 2021. 

Berbeda dengan Jonatan dan Anthony yang hanya akan diikutkan All England 2021, Greysia/Apriyani dan Praveen/Melati masih didaftarkan pada turnamen Jerman Open yang digelar 9-14 Maret 2021. Menurut Kabid Humas dan Media PP PBSI Broto Happy Wondomisnowo ketika dihubungi Republika, Rabu (10/2), keputusan ini diambil setelah melakukan evaluasi dari tiga turnamen sebelumnya di Thailand. Menurut Broto, ada tiga hal yang menjadi bahan pertimbangan. 

“Pertama, ketiga wakil ini lebih dipersiapkan untuk meraih prestasi maksimal pada kejuaraan All England," kata Broto.

Kedua, dia menambahkan, berkaca pada performa tiga turnamen di Thailand sebelumnya, mengikuti tiga turnamen beruntun hasilnya tidak maksimal. Sementara yang ketiga, absennya tiga wakil ini tidak memengaruhi mereka untuk merebut tiket mengikuti Olimpiade Tokyo, Juli mendatang.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menyoroti performa pemain yang tidak maksimal di Thailand, terutama Jonatan. Rionny mengaku sudah berkomunikasi dengan pelatih Jonatan, Hendry Saputra.

Ia mengatakan, lebih baik Jonatan berlatih dulu untuk memperbaiki penampilan dalam kejuaraan selanjutnya. “Setelah dia siap, baru dikirim kembali," ujar Rionny.

Sebelumnya, PBSI juga batal mengirimkan dua  wakil, tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo dan tungal putri Putri Kusuma Wardani. Keduanya batal dikirim karena pada dua turnamen tur Eropa kali ini tidak ada babak kualifikasi. Keduanya masuk dalam daftar tunggu yang terlalu jauh. Chico di nomor 17 dan Putri pada nomor 40-an.

Berikut daftar pemain Pelatnas PP PBSI kedua seri Eropa:

Swiss Open dan Jerman Open 

Tunggal Putra: Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan

Ganda Putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Putri: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah

Ganda Campuran: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Hanya Jerman Open 

Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat