Frisca kerap memberikan edukasi mengenai saham serta investasi yang penuh nilai. | Instagram

Uswah

07 Feb 2021, 03:30 WIB

Frisca Devi Choirina Cerdaskan Milenial Lewat Dunia Saham

Frisca kerap memberikan edukasi mengenai saham serta investasi yang penuh nilai.

OLEH IMAS DAMAYANTI

Dunia pasar modal Indonesia boleh dibilang menemui momentum tersendiri pada masa pandemi Covid-19. Pagebluk ini bahkan memunculkan istilah 'investor angkatan Covid- 19'. Pasar modal, terutama saham, yang sebelumnya tampak asing bagi segelintir kalangan, nyatanya begitu menarik dipelajari dengan pendekatan-pendekatan yang unik.

Apa sebab? Tentunya banyak hal yang melatarbelakangi minat mereka untuk terjun ke dunia saham. Salah satunya berkat andil dari para influencer pasar modal. Frisca Devi Choirina (28 tahun) menjadi salah satu influencer saham yang sukses 'menyihir' publik tentang apa itu pasar modal dan saham.

Melalui akun Instagram @ngertisaham, Frisca kerap memberikan edukasi mengenai saham serta investasi yang penuh nilai. Akun ini bahkan sangat populer di kalangan investor milenial yang belakangan mencoba peruntungan dengan menginvestasikan uangnya di produk saham selama pandemi.

"Keberadaan akun tersebut saat ini memang sangat booming di kalangan masyarakat yang ingin tahu lebih tentang dunia saham. Terutama didominasi oleh milenial ya," kata Frisca saat dihubungi Republika, belum lama ini.

Menurut dia, investor angkatan Covid-19 memang memiliki keunikan tersendiri. Menurut dia, ada peningkatan jumlah investor ritel domestik sepanjang pandemi. Mereka pun telah mendulang cuan (keuntungan) selama beberapa bulan terakhir.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NGERTISAHAM (ngertisaham)

Namun demikian, Frisca menggarisbawahi mengenai karakteristik dari investor angkatan Covid-19 ini. Sebagai investor pemula, mereka sudah terbiasa merasakan profit pada beberapa bulan terakhir.

Ketika pasar mulai terkoreksi sedikit saja, tak sedikit dari mereka yang mengalami kepanikan. Bahkan ada yang sampai panic selling. "Jadi, secara tidak langsung psikologi investasi mereka masih belum kuat mental untuk merasakan kerugian," ungkap dia.

Muslimah satu ini memang kerap mendedikasikan waktunya untuk mengedukasi publik mengenai pasar modal. Frisca yang sejak mengambil studi S1-nya di Manajemen Universitas Diponegoro ini mengaku telah tertarik dengan dunia pasar modal, khususnya saham sejak masa kuliah.

 
Ketertarikan itulah yang membuatnya untuk terus aktif menyebarkan semangat investasi yang baik dan benar.
 
 

Dia mengakui, ketertarikannya untuk mengedukasi publik adalah karena passion. Ketertarikan itulah yang membuatnya untuk terus aktif menyebarkan semangat investasi yang baik dan benar. Dimulai melalui Komunitas Investor Saham Pemula (ISP) yang didirikan sejak 2014, Frisca selanjutnya pun aktif mengedukasi saham di dunia daring, termasuk melalui akun Ngerti Saham.

Dia menilai, tak sedikit dari investor pemula yang hanya membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu atau bahkan hanya ikut-ikutan orang lain. Padahal, dia menilai, untuk menganalisis suatu saham secara fundamental sangatlah penting agar dapat mengetahui bagaimana suatu emiten mengelola perusahaan sehingga dapat berkelanjutan dan menguntungkan investor.

"Untuk itu tipsnya bagi investor pemula, mulai saja dulu. Mulai dengan modal kecil, jangan langsung dalam jumlah besar. Belajar untuk fokus melakukan analisis secara mandiri, jangan lelah untuk terus belajar, dan terapkan mindset berani untung maka harus berani rugi juga," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NGERTISAHAM (ngertisaham)

Saham syariah dan motivasi investasi akhirat

Dalam beberapa kesempatan, Frisca memang cukup sering berbicara mengenai saham syariah. Menurut dia, saham syariah pada dasarnya masih satu pasar di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau bukan pasar saham yang terpisah. Dia menjelaskan, saham-saham syariah sudah diseleksi ketat oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk lolos syariah atau tidaknya.

"Semakin ke sini pertumbuhan jumlah investor saham syariah juga semakin meningkat. Itu artinya menandakan bahwa kinerja saham syariah sudah cukup unggul untuk menjadi pertimbangan para investor memasukkannya ke dalam portofolio investasi mereka," ujarnya.

Muslimah muda yang terlihat ceria saat melakukan live streaming tentang edukasi saham ini pun menyadari, apa yang dilakukannya selama ini tak lepas dari dukungan keluarga. Baginya, keluarga adalah support system yang membersamainya.

Salah satu motivasi yang membuatnya tergerak untuk berbagi ilmu mengenai saham adalah investasi akhirat bersama keluarga. Dengan berbagi ilmu, semoga itu bisa jadi ladang investasi saya juga kelak bersama keluarga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NGERTISAHAM (ngertisaham)

PROFIL

Nama lengkap: Frisca Devi Choirina

Tempat dan tanggal lahir:Pekalongan, 10 Februari 1992

Riwayat pendidikan:Manajemen Universitas Diponegoro (sarjana, 2014), Harvard Business School Online (non-degree bidang entrepreneurship, 2020)

Riwayat organisasi:Ketua Nasional Perkumpulan Investor Saham Pemula (2015-2019)


×