Petugas membersihkan ruangan perawatan pasien Covid-19, di RSUD tipe D Teluk Pucung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (3/2). Pemerintah setempat mempersiapkan ruang tambahan di RSUD tipe D untuk ruang perawatan 100 pasien positif Covid-19. | Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

Nasional

Fasilitas Penanganan Covid Terus Ditambah

DKI, Jawa Barat, dan Jawa Timur terus menambah fasilitas kesehatan khusus penanganan Covid-19.

JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur terus menambah fasilitas kesehatan khusus penanganan Covid-19. Hingga Rabu (3/2), Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan 63 persen kapasitas rumah sakit umum daerah (RSUD) untuk penangan Covid-19. Sementara itu, Pemprov Jatim mulai mengoperasikan RS darurat tambahan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, sebanyak 13 dari 32 RSUD milik DKI telah dikhususkan hanya menerima pasien Covid-19. Sedangkan rumah sakit sisanya masih dapat melayani pasien yang mengidap penyakit lainnya.

"Sebanyak 32 RSUD itu secara total 63 persen untuk Covid-19. Jadi, kami sudah betul-betul merelaksasi jauh sebelum ada instruksi Pak Menteri," kata Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Rabu (3/2).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebelumnya meminta RS dapat mengalokasikan tempat tidur untuk pasien Covid-19 minimal 40 persen. Pasalnya, pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir dan angka kasus positif terus meningkat. 

Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI juga menambah lima rumah sakit swasta sebagai rujukan Covid-19. Namun, ia tidak memerinci RS mana saja. "Rumah sakit rujukan terus bertambah dari awal delapan unit, kemudian 13 dan 15 sampai sekarang menjadi 106 rumah sakit," katanya.

Saat ini, Pemprov DKI juga tengah mengkaji usulan gedung milik Dinas Pendidikan sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, gedung yang diusulkan adalah Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (UPT P2KPTK2).

"Usulan dari Dinkes yang sedang mengkaji analisa disiapkannya nanti ruang isolasi mandiri khusus wanita hamil yang rencananya nanti di gedung Disdik. Di samping RS Duren Sawit," kata Ariza di Polda Metro Jaya, Rabu (3/2).

Per Selasa (2/2), ketersediaan tempat tidur isolasi di DKI meningkat menjadi 8.074 unit dari sebelumnya 6.663 unit. Dari jumlah itu, tempat tidur isolasi yang terpakai 6.364 unit atau 79 persen. 

photo
Petugas mengecek tabung oksigen untuk dikirimkan ke sejumlah rumah sakit di Kota Kupang, NTT, Jumat (29/01). Permintaan tabung oksigen meningkat drastis, dari semula sebanyak 50 tabung per hari menjadi 250 tabung per hari akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit Kota Kupang. - (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Selain fasilitas kesehatan DKI juga tengah menyediakan 17 ribu petak makam khusus jenazah Covid-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, enam tempat pemakaman umum (TPU) yang disediakan adalah TPU Bambu Apus, TPU Srengseng Sawah, TPU Tegal Alur, TPU Rorotan, TPU Kramat Tiga, dan TPU Pondok Gede atau Kramat Jati.

"Secara tempat sudah ada enam lokasi tambahan. Tapi kita semua berharap agar tingkat kematian jangan sampai meningkat. Saat ini sekarang (tingkat kematian Covid-19) 1,6 persen di Jakarta. Jadi, kita berharap itu semua bisa ditekan lebih jauh," kata Anies, kemarin.

Pada Rabu kemarin, Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, juga membuka RSUD tipe D di Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, untuk penanganan Covid-19. RSUD Teluk Pucung memiliki 100 kasur isolasi bagi orang tanpa gejala (OTG).

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang membuka Puskesmas Sudimara Pinang sebagai rumah isolasi terkonsentrasi. Faskes yang mulai dioperasionalkan per Senin (1/2) itu memiliki 52 tempat tidur dan rencananya akan ditambah.  

RS lapangan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (3/2), meresmikan RS Lapangan Joglo Dungus, Madiun, sebagai RS rujukan pasien Covid-19. RS yang berada di area RS Paru Dungus ini dulunya bekas sanatorium atau tempat rehabilitasi bagi pasien tuberkulosis (TBC) yang kemudian direhab dan direnovasi.

"Total kapasitas RS Lapangan Joglo Dungus ini sebanyak 150 tempat tidur yang terdiri dari ruang perawatan dengan hepafilter, 5 unit joglo, 3 rumah limasan, serta ruang high care unit (HCU) yang mampu menampung tujuh bed," ujar Khofifah seusai peresmian.

photo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) melepas burung saat peresmian Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu (3/2). Rumah sakit berkapasitas 150 tempat tidur tersebut akan dipergunakan untuk penangangan pasien Covid-19 dari Madiun dan sekitarnya. - (SISWOWIDODO/ANTARA FOTO)

Khofifah berharap diresmikannya RS darurat tersebut mampu memberikan percepatan kesembuhan pasien Covid-19 tidak hanya di Kabupaten dan Kota Madiun, tapi juga wilayah Mataraman, seperti Nganjuk, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Magetan, dan sekitarnya. 

Berbeda dengan dua rumah sakit lapangan Covid-19 Pemprov Jatim yang ada di Indrapura Surabaya dan Ijen Boulevard Kota Malang, rumah sakit lapangan di Dungus ini memiliki bangunan dan lingkungan alam yang sangat asri. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat