Pemain Manchester City Ilkay Gundogan (tengah) bersama teman-temannya merayakan kemenangan setelah mencetak angka 2-0. | EPA-EFE/Clive Brunskill
20 Jan 2021, 10:38 WIB

Mengembalikan Kendali ke Kota Manchester 

Manchester City dan United berpeluang sama menempati peringkat teratas klasemen sementara pada tengah pekan ini.

MANCHESTER -- Dua klub terbaik asal Kota Manchester tampil sebagai penguasa Liga Primer Inggris, setidaknya hingga akhir pekan lalu. Manchester United (MU) dan Manchester City berhasil menempati dua posisi teratas klasemen sementara Liga Primer Inggris. Sementara MU berada di puncak dengan koleksi 37 poin dari 18 laga, City masih tertinggal dua poin dari United. 

Menilik peta persaingan di papan atas klasemen sementara, hingga berita ini ditayangkan, Leicester City memiliki kesempatan untuk bisa mencuri posisi teratas klasemen apabila bisa memetik kemenangan atas Chelsea pada pekan ke-18 Liga Primer Inggris. 

Kendati begitu, dua klub asal Manchester itu masih memegang kendali terkait peluang kembali ke posisi teratas papan klasemen sementara. Keduanya memiliki peluang yang sama untuk menempati peringkat teratas klasemen sementara pada tengah pekan ini. Syaratnya, City mesti bisa mengalahkan Aston Villa di salah satu laga tunda, Kamis (21/1) dini hari.

Kemudian beberapa jam berselang pascalaga di Stadion Etihad tersebut, MU mesti bisa membawa pulang tiga angka saat melawat ke kandang Fulham di Stadion Craven Cottage pada pekan ke-18 Liga Primer Inggris. 

Terkait

Bagi City, kunjungan Aston Villa seakan datang pada saat yang tepat. City menjadi tim pertama yang mampu memetik lima kemenangan beruntun di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Peraih dua titel Liga Primer Inggris dalam tiga musim terakhir itu mulai menemukan kembali performa terbaiknya, terutama dalam hal keseimbangan permainan. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester United (manchesterunited)

Selain tampil begitu tajam di lini depan dengan torehan 11 gol di lima laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris, sektor pertahanan City juga tampil begitu apik di sepanjang periode tersebut. Gawang City hanya kebobolan satu gol di lima laga tersebut. Catatan impresif pertahanan di lima laga itu pun membawa the Citizen menjadi tim dengan pertahanan terbaik di pentas Liga Primer Inggris, dengan hanya kebobolan 13 gol dari 17 laga. 

“Tahun lalu kami banyak membuat kesalahan di lini belakang. Kini kami berusaha untuk mengulangi gaya permainan kami seperti pada musim-musim sebelumnya, tentunya dengan tidak melakukan kesalahan di lini belakang. Musim ini kami jauh lebih baik,'' ujar Guardiola seperti dilansir laman resmi klub, Selasa (19/1). 

MU juga tidak mau kehilangan momentum. United berupaya meneruskan rekor apik di laga tandang dalam lawatan ke Stadion Craven Cottage. Hingga kini, United menjadi satu-satunya tim di Liga Primer Inggris yang belum pernah menelan kekalahan kala tampil di kandang lawan. Dari sembilan kali tampil di partai tandang Liga Primer Inggris musim ini, United mengemas tujuh kemenangan dan dua hasil imbang. 

Kendati begitu, pelatih Ole Gunnar Solskjaer menyimpan kekhawatiran tersendiri terkait performa anak-anak asuhnya. Kegagalan timnya memetik kemenangan dalam lawatan ke markas Liverpool, Stadion Anfield, agaknya masih mengganggu pelatih asal Norwegia itu. 

“Kami tahu, kami bisa tampil lebih baik lagi. Kami harus bisa lebih tenang saat menguasai bola dan tidak kehilangan bola dengan mudah. Jadi, ada beberapa aspek yang masih bisa kami tingkatkan. Torehan satu poin di laga ini mungkin cukup bagus, asalkan kami bisa memetik poin penuh di laga berikutnya,” kata Solskjaer di laman resmi klub. 

Dengan tekad ini pula, ditambah menyamai rekor terbaik performa tandang klub di Liga Primer Inggris, United berharap bisa membawa pulang tiga poin. Apalagi, tambahan tiga angka di laga ini akan memperbesar peluang United untuk bertahan di puncak klasemen sementara.


×