Pemain AC Milan tampil dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/MATTEO BAZZI

Olahraga

Ambisi AC Milan Amankan Kemenangan di Sardegna Arena

Peluang AC Milan memperpanjang tren apik sangat besar.

CAGLIARI -- Setelah melewati Torino pada ajang Coppa Italia, AC Milan mengembalikan fokusnya ke pentas Seri A. Rossoneri akan bertandang ke markas Cagliari, Sardegna Arena, pada giornata ke-18, Selasa (19/1) dini hari WIB. Milan nyaman di singgasana klasemen sementara. Pada pekan yang sama, dua rival terdekat mereka, Inter Milan dan Juventus, terlebih dahulu bertempur di Giuseppe Meazza.

Kompetisi makin ketat. Persaingan di papan atas kian memanas. Tak ada waktu bagi Il Diavolo Rosso untuk berleha-leha.  "Kami hanya fokus pada pertandingan di suatu waktu. Sekarang pikiran kami menuju Cagliari," kata gelandang AC Milan, Franck Kessie, kepada Il Giornale, dikutip dari Football Italia, Sabtu (16/1).

Kessie enggan berandai-andai. Meski peluang timnya menjadi jawara makin besar, ia menghormati para pesaing. Ia memahami tim seperti Rossoneri seharusnya merasa nyaman ketika berbicara tentang scudetto. Sejarah membuktikan kubu Merah- Hitam salah satu yang terbaik di Negeri Piza.

Scudetto adalah diksi italia. Artinya “perisai kecil”. Kata dasarnya adalah scudo yang memiliki arti perisai atau lambang. Dalam sepakbola Italia, scudetto merujuk langsung kepada lambang (badge) berbentuk perisai dengan warna hijau-putih-merah yang merupakan bendera Italia . Di sekelilingnya terdapat garis emas. Lambang ini diberikan kepada kesebelasan yang menjadi juara Serie A Italia di musim sebelumnya.

Pada musim setelah mereka menjadi juara, kesebelasan yang bersangkutan dipersilakan memakai lambang tersebut di seragam mereka. Pertama kali scudetto digunakan pada 1924 ketika Kesebelasan Genoa memenangkan gelar kedelapan mereka di kompetisi tertinggi di Italia tersebut. Sejak saat itu mereka belum pernah lagi meraih scudetto.

Inilah kenapa istilah scudetto sudah disinonimkan dengan juara Serie A, seolah-olah 20 kesebelasan di Serie A hanya memperebutkan badge kecil saja, bukan sebuah trofi, sampai akhir musim. Sementara trofi Serie A Italia, yang sebenarnya menjadi rebutan yang sesungguhnya, bukan dinamai sebagai scudetto.

Seiring berjalannya waktu, semua kesebelasan memperkuat diri. Inter terus berbenah, sementara Juventus berstatus sang juara bertahan. AS Roma dan Lazio juga ikut bertarung. Jangan lupakan Napoli. Kemudian Atalanta yang mulai menjadi kuda hitam di Liga Champions. La Dea salah salah satu favorit menjadi penguasa Italia musim ini.

"Kami tidak sendirian dalam perlombaan (menuju gelar Seri A)," ujar Kessie menegaskan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh AC Milan (acmilan)

Fakta menunjukkan Milan dalam tren positif. Rossoneri hanya sekali kalah dalam 29 pertandingan terakhir di liga domestik. Itu membuat laju mulus skuat polesan Stefano Pioli mulai tak tertahankan.

Peluang anak asuh Pioli memperpanjang tren apik sangat besar. Mereka akan berhadapan dengan tim yang sedang terpuruk. Gli Isolani belum pernah menang dalam 10 partai beruntun di berbagai kompetisi.

Buru-buru bomber Milan, Zlatan Ibrahimovic, meminta timnya tetap membumi. Seri A baru berjalan hingga 17 pekan. Ada banyak pertandingan menanti di depan mata. "Kami melakukan hal-hal hebat, tapi kami belum memenangkan apa pun," ujar Ibra.

Tentu saja Cagliari ingin berbenah. Jika tak segera mendapatkan angka penuh, tim polesan Eusebio di Fransesco terancam masuk zona merah. Menarik dinantikan pertarungan di Sardegna pada Selasa (19/1) dini hari WIB itu. n ed: Israr

Hasil Pertandingan Pekan ke-18 Seri A

Lazio 3-0 AS Roma

Bologna 1-0 Hellas Verona

Torino 0-0 Spezia

Sampdoria vs Udinese

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat