Pemain AC Milan Hakan Calhanoglu (kanan) merayakan kemenangan bersama teman satu timnya setelah mencetak angka melalui tendangan penalti (5-4) melawan Torino pada Januari 2021 | EPA-EFE/MATTEO BAZZI
16 Jan 2021, 11:11 WIB

Memburu AC Milan di Derbi Italia

AC Milan memperlebar jarak setelah mengemas angka sempurna pada pekan ke-17.

MILAN -- Duel menarik akan tersaji dalam lanjutan pekan ke-18 Seri A Liga Italia 2020/2021. Juventus yang berhasil mengukir catatan manis sejak awal 2021 akan berkunjung ke markas rival abadinya, Inter Milan, di Stadion Giuseppe Meazza, Ahad (18/1) dini hari WIB. Laga Derbi Italia ini sangat penting bagi kedua tim dalam misi membuntuti AC Milan di puncak klasemen.

Milan yang berada di peringkat pertama memperlebar jarak setelah mengemas angka sempurna pada pekan ke-17. Dengan nilai 40, Rossoneri unggul empat poin dari Inter di kursi kedua. Inter gagal memanfaatkan dua pertandingan terakhir, kalah dari Sampdoria, dan bermain imbang kontra AS Roma. Sementara itu, Juventus yang memiliki satu laga sisa lebih banyak berada di posisi keempat dengan nilai 33 atau berjarak tujuh poin dari Milan.

Maka, Juventus dan Inter dapat dipastikan akan mati-matian memburu tiga poin pada laga ini. Nyonya Tua berbekal tren positif tak terkalahkan dalam empat pertandingan kompetitif, yaitu tiga di Seri A dan satu di Coppa Italia. 

Pemain bertahan Juventus Giorgio Chiellini menyebut pertandingan melawan Inter bukan hal yang menentukan dalam perburuan gelar. Meski demikian, ia berjanji Juventus akan menampilkan performa terbaik hingga peluit akhir berbunyi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh AC Milan (acmilan)

Perjalanan Seri A belum menyentuh setengah musim, tetapi ini pertandingan penting yang harus dimenangkan oleh Juve. "Kami ingin melakukannya dengan baik seperti pertandingan melawan Milan di tempat yang sama," kata Chiellini mengingatkan kemenangan timnya atas Milan beberapa waktu lalu, dikutip dari laman resmi Juventus.

Pelatih Andrea Pirlo pun mewanti-wanti pasukannya untuk menjaga konsentrasi selama pertandingan. "Kami harus bisa menjaga intensitas permainan dan fokus saat pertandingan berlangsung," ujar Pirlo.

Kedua tim sama-sama melakukan rotasi untuk laga tengah pekan ini. Inter yang menelan hasil pahit di dua pertandingan liga mengobati kekecewaan dengan menaklukkan Fiorentina, 2-1, di ajang Coppa Italia.

Meski tak mendapatkan waktu istirahat yang cukup karena agenda padat, pelatih Inter Antonio Conte tidak merasa cemas. Sebab, kemenangan terakhir yang mereka dapat memberikan energi positif untuk meningkatkan kepercayaan diri tim. 

Ia menegaskan, Derbi Italia ini merupakan ujian penting untuk memastikan level Inter dan melihat sejauh mana Nerazzurri  telah mengurangi selisih poin dibandingkan dengan musim lalu. “Kami akan mempersiapkannya dengan cara yang benar, dan hasil ini akan memberi kami dorongan besar untuk menghadapi Juventus," kata Conte, dikutip laman resmi Inter.

Laga ini akan mempertemukan dua pencetak gol tersubur Seri A musim ini. Romelu Lukaku dari kubu Inter telah mencatat 12 gol dan 3 assist, sedangkan Cristiano Ronaldo sukses menyarangkan 15 gol dan satu assist untuk Nyonya Tua.

Di sisi lain, ini menjadi pertemuan ke-175 antara Inter dan Juve di kompetisi Liga Italia serta yang ke-88 di Stadion Giuseppe Meazza. Inter mencatatkan 35 kemenangan, 28 imbang, dan 25 kali kalah. Nerazzurri sudah 135 kali menjebol gawang Juventus di Giuseppe Meazza.

Jadwal Seri A

Sabtu (16/1) WIB

02.45 Lazio vs AS Roma

21.00 Bologna vs Hellas Verona

Ahad (17/1) WIB

00.00 Torino vs Spezia

02.45 Sampdoria vs Udinese

18.30 Napoli vs Fiorentina

21.00 Crotone vs Benevento

21.00 Sassuolo vs Parma

Senin (18/1) WIB

00.00 Atalanta vs Genoa

02.45 Inter Milan vs Juventus

Selasa (19/1) WIB

02.45 Cagliari vs AC Milan


×