Ilustrasi Tim bulu tangkis Indonesia bermain di Thailand Open. | ANTARA FOTO
13 Jan 2021, 07:25 WIB

Dua Tunggal Putra Melaju di Thailand Open

Tim bulu tangkis Indonesia berupaya meraih prestasi dalam Thailand Open.

JAKARTA -- Dua tunggal putra Indonesia yang bertanding pada hari pertama Thailand Open 2021, Selasa (12/1), melaju ke babak 16 besar. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Satu tunggal putra lainnya, Shesar Hiren Rusthavito, baru akan bermain pada hari ini.

Sekitar sembilan bulan tidak bermain di turnamen resmi membuat Jonatan terlambat panas. Peraih medali emas Asian Games 2018 ini harus bermain tiga gim melawan Loh Kean Yew dari Singapura. Jonatan kalah di gim pertama dengan skor 13-21. Namun, dalam dua gim selanjutnya Jojo mulai menemukan permainan terbaiknya dengan menang 21-10 dan 21-16.

Pada babak 16 besar yang akan dimainkan, Kamis (14/1), Jonatan akan berhadapan dengan wakil Kanada, Jason Anthony Ho Shue. Jason lolos ke babak 16 besar tanpa keluar keringat karena menang walk over (WO) atas pemain India Paruppali Kashyap.

Seusai pertandingan, Jonatan mengaku masih belum mendapat feeling bermain setelah sembilan bulan tak bertanding, terutama pada gim pertama. "Perasaannya juga sedikit tegang di awal. Balik lagi dari pikiran, memutar pikiran supaya tidak terbawa suasana, tidak mau kalah, main mati-matian di gim dua dan tiga," kata Jonatan, sapaannya, dalam keterangan yang diterima Republika.

Terkait

Ada juga kendala di embusan angin. Namun, secara keseluruhan, ia menilai hall pertandingan sudah bagus.

Hasil positif juga didapat Anthony Ginting. Menghadapi pemain Korea Selatan, Heo Kwang Hee, Ginting juga dipaksa bermain tiga gim dengan skor 21-15, 11-21, dan 21-16.

Lawan Ginting pada babak 16 besar adalah pemain tuan rumah Kunlavut Vitidsarn. Kunlavut yang juga juara dunia junior tiga kali beruntun edisi terakhir berhak menantang Ginting setelah pada babak pertama mengalahkan pemain Spanyol, Luis Enrique Penalver, dengan skor 21-12, 19-21, dan 21-16.

Mengenai lawannya di babak kedua nanti, Ginting mengaku masih ingin fokus ke permainan sendiri. "Saya ingin lebih konsisten di pola saya saja. Fokusnya harus dijaga," ujarnya.

Sementara, terjadi perang saudara di nomor ganda putra sejak babak pertama. Dua pasangan muda Pelatnas Cipayung Indonesia saling berjumpa. Pasangan yang tampil di babak utama melalui jalur pemain pengganti, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, mampu mengalahkan rekan senegaranya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dengan 15-21, 29-27, dan 21-13.

Di babak kedua atau 16 besar, Leo/Daniel kembali akan menjalani perang saudara. Kalo ini mereka akan menghadapi seniornya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian menyingkirkan wakil tuan rumah Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura dengan tiga gim 17-21, 21-16, dan 22-20.

Mengomentari laga babak kedua melawan seniornya Fajar/Rian, Daniel bertekad untuk fokus dan bermain lebih rapi. Sementara, hasil negatif harus diterima Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang menempati unggulan enam tumbang di tangan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa. Hafiz/Gloria menyerah tiga gim 11-21, 29-27, dan 16-21 dalam waktu 72 menit.

Kekalahan juga menimpa wakil tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang menyerah tiga gim dari pemain Korea Selatan Sung Ji-hyun dengan 21-15, 15-21, dan 14-21.


×