Pemain Everton Dominic Calvert Lewin menendang bola dalam sebuah pertandingan Desember 2020. | EPA-EFE/Alex Livesey

Olahraga

The Toffees Everton Buru Empat Besar

The Toffees terlempar dari empat besar setelah dikalahkan West Ham dalam pertandingan terakhir di liga.

MERSEYSIDE -- Everton bakal berjuang keras untuk bisa kembali ke posisi empat besar saat bertandang ke Molineux untuk menghadapi Wolverhampton Wanderers (Wolves) dalam laga pekan ke-18 Liga Primer Inggris, Rabu (13/1) dini hari WIB. Wolves dan Everton sama-sama meraih kemenangan di Piala FA, akhir pekan lalu.

Wolves mengalahkan Crystal Palace 1-0, sementara Everton membutuhkan perpanjangan waktu untuk menumbangkan Rotherham United demi bisa melaju ke babak keempat.

The Toffees terlempar dari empat besar setelah dikalahkan West Ham dalam pertandingan terakhir di liga. Karena itu, pertemuan dengan skuad asuhan Nuno Espirito Santo ini jadi momen Everton untuk bangkit dan kembali ke papan atas. Saat ini, ada empat tim yang bisa naik ke peringkat empat karena sama-sama mengoleksi 29 poin.

Dengan demikian, jika Everton menang, sementara Tottenham, Manchester City, dan Southampton terpeleset, the Toffees akan langsung naik menemani Leicester di posisi tiga.

Carlo Ancelotti harus mampu memanfaatkan performa buruk Wolves yang belum menang dalam empat pertandingan di liga dan kini berada di peringkat 13. Absennya Raul Jimenez membuat Wolves kesulitan di lini depan. Fabio Silva yang ditunjuk sebagai pengganti Raul baru mencetak satu gol di liga sejauh ini. Namun, Wolves akan berharap dari Adama Traore yang kembali mendapatkan kepercayaan dirinya setelah mencetak gol kemenangan melawan Palace.

Berbeda dengan Wolves, Everton sedang dalam performa terbaik mereka, dengan lima kali menang dalam tujuh pertandingan. Walaupun Wolves selalu mendominasi pertemuan ini di mana the Toffees hanya meraih satu kemenangan dalam lima bentrok terakhir. "Kami punya pertandingan berat pada Selasa (Rabu WIB). Kami harus terus maju. Di liga, kami bekerja dengan baik dan kami perlu terus berada di posisi atas klasemen," kata gelandang Cenk Tosun, dikutip dari laman resmi Everton, Senin (11/1).

Sementara, Nuno Espirito Santo mengaku timnya sangat terdampak dari cederanya pemain inti. Selain Raul, ada Daniel Podence yang mengalami cedera saat melawan Manchester United sehingga bakal absen selama beberapa pekan. Bek kiri Fernando Macal dan Jonny Otto juga harus menepi dari lapangan untuk sementara. Willy Boly dikabarkan bakal segera merumput, tapi Nuno masih belum bisa memastikannya.

"Itu kenyataannya. Kami hanya harus hidup dengan situasi ini, melaluinya, bergerak maju, tetapi saya yakin segalanya akan membaik," kata Nuno, dikutip dari laman resmi klub.

Nuno berharap kemenangan atas Palace bisa jadi momen kebangkitan Wolves di liga setelah belum menang dalam empat pertandingan terakhir. Ia menyebut, saat melawan Palace, pemainnya sudah tampil sangat baik, khususnya saat menguasai bola dan bertahan. Tiga pemain gelandangnya juga tampil bagus sehingga bisa jadi modal positif untuk tampil di Molineux. "Sekarang kami harus fokus pada Liga Primer karena akan memiliki jadwal yang sangat padat," ujarnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Everton (everton)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat