Pemain AC Milan Davide Calabria merayakan kemenangan setelah mencetak angka dalam sebuah pertandingan pada awal 2021. | EPA-EFE/MATTEO BAZZI

Olahraga

Jangan Kendor, AC Milan

AC Milan tetap bertahan di peringkat pertama klasemen Seri A dengan perolehan 40 angka hasil dari 17 laga yang dimainkan.

MILAN -- Menelan kekalahan pada laga bergengsi melawan Juventus tengah pekan lalu tak membuat semangat dan mentalitas AC Milan mengendur. Terbukti, Rossoneri berhasil menunjukkan respons positif setelah menggilas Torino dengan skor 2-0 pada giornata 17 Seri A Liga Italia 2020/2021.

Milan sukses mengamankan tiga angka ketika menjamu klub asal Piedmont, Turin, Torino, di Stadion San Siro, Ahad (10/1). Dua gol  Diavolo Rosso dicetak Rafael Leao pada menit ke-25 dan penalti Franck Kessie pada menit ke-36.

Kemenangan atas Torino jelas penting untuk tim asuhan Stefano Pioli demi mempertahankan singgasana klasemen Seri A. Selain itu, hasil apik ini juga menunjukkan konsistensi pun tekad untuk membayar kegagalan pada laga sebelumnya.

"Saya mengaku sama sekali tak terkejut dengan penampilan ini. Kami bangkit dari kekalahan sebelumnya karena saya mengenal para pemain dan mereka memiliki semangat dan mentalitas yang bagus," kata Pioli dikutip Football Italia, Ahad (10/1).

Perolehan tiga angka di markas sendiri menjadi modal bagus bagi Milan untuk menatap laga berikutnya. Terlebih, Milan akan melewati jadwal padat dengan kembali bertemu Torino pada babak 16 besar Coppa Italia, dan lalu melanjutkan pekan ke-18 Serie A versus Cagliari di Sardinia. 

"Mari kembali dan beristirahat sejenak, sebelum fokus pada laga selanjutnya di Coppa Italia," ujar Pioli, allenatore berusia 55 tahun.

Untuk sementara, Milan tetap bertahan di peringkat pertama klasemen Seri A dengan perolehan 40 angka hasil dari 17 laga yang dimainkan. Milan mengemas 12 kemenangan, empat imbang, dan sekali kekalahan.

Akan tetapi, menjelang pertandingan babak 16 besar Coppa Italia kontra Torino, Pioli dihadapkan dengan rentetan pemain yang cedera. Sandro Tonali dan Brahim Diaz menambah daftar pesakitan pemain Milan setelah pada laga terakhir terpaksa ditarik keluar. "Kami mendapat pukulan yang buruk soal kedua pemain tersebut. Namun, kita akan tunggu perkembangannya," kata Pioli.

Milan akan mengalami krisis pemain di lini tengah setelah Tonali menyusul Ismael Bennacer dan Rade Krunic menepi karena cedera. Sedangkan untuk lini depan, Ante Rebic juga masih belum bisa mengisi pos penyerang sayap kiri, mengingat masih harus menjalani isolasi mandiri karena terserang Covid-19.

Akan tetapi, di tengah rentetan badai cedera terselip kabar baik. Dua pemain andalan Milan, Zlatan Ibrahimovic dan Hakan Calhanoglu, sudah siap kembali bermain bersama Diavolo.

Gagal tempel AC Milan

Inter Milan gagal menjaga jarah satu poin dengan pemuncak klasemen AC Milan karena bermain imbang 2-2 melawan AS Roma dalam lanjutan Serie A Italia, di Stadion Olimpico, Ahad (10/1) malam WIB. Hasil ini membuat Inter terpaut tiga poin dangan Milan dan unggul tiga poin dari Roma di posisi ketiga.

Inter mengendalikan permainan  pada awal pertandingan. Menurunkan Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez secara bersamaan membuat lini depan mereka sering membahayakan. Sedangkan pemain Roma memilih bermain aman dengan sedikit bertahan.

Roma menggu celah untuk melakukan tusukan ke area pertahanan Nerazzuri. Dan mereka mulai mengimbangi permainan Inter ketika laga berjalan 10 menit.

Martinez mendapatkan peluang bagus pada menit ke-13. Menerima umpan lambung Martinez berlari dari sisi kanan pertahanan Roma. Namun bola hasil tendangannya berhasil diblok kiper sehingga menghasilkan tendangan sudut.

Tak lama berselang giliran sundulan Lukaku yang memberikan ancaman. Namun Paul Lopez tampil gemilang di bawah mistar dengan menepis bola sundulan Lukaku.

Inter justru tertinggal 1-0 pada menit ke-17 melalui Lorenzo Pellegrini. Assist Mkhitaryan berhasil ia jadikan gol lewat tendangan menyusur dari laur kotak penalti.

Lads at work at Milanello #CoppaItalia duties next on the agenda

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat