Pemain Real Madrid Karim Benzema membawa bola dan menghambat laju pemain lawan dalam sebuah pertandingan. | AP/Manu Fernandez

Olahraga

Real Madrid Berburu Puncak Klasemen

Madrid bertekad menjauh dari rival abadinya Barcelona yang mulai menemukan bentuk permainan terbaik.

PAMPLONA — Real Madrid terus berusaha merebut puncak klasemen La Liga. Penampilan tak konsisten pada awal musim membuat mereka kini harus berjuang keras agar tetap berada di jalur persaingan gelar.

Madrid kini masih terpaut dua poin dari pemuncak klasemen Atletico Madrid dengan dua pertandingan lebih banyak dari Los Rojiblancos. Bertandang ke Stadion El Sadar, markas Ossasuna, Ahad (10/1) dini hari WIB, Los Blancos mengemban misi meraih poin penuh dalam lanjutan La Liga.

Pasalnya, kemenangan akan tetap menjaga jarak aman dengan Atletico dan Barcelona di posisi ketiga. Catatan selalu menang Madrid atas Ossasuna dalam enam pertemuan terakhir menjadi modal mereka mewujudkan misi itu.

Karim Benzema dan kawan-kawan juga tak pernah kalah dalam enam pertandingan terakhir. Sementara, perjalanan Ossasuna tak berjalan mulus dalam enam laga terakhir, yaitu dua kali meraih kemenangan, satu kali kalah, dan tiga kali meraih hasil imbang.

Madrid juga hanya tak bisa memainkan dua pemain, yaitu Rodrygo yang cedera dan Dani Carvajal terkena sanksi kartu merah. Kondisi Ossasuna sedang mengalami krisis setelah banyak pemainnya yang cedera.

Terdapat lima pemain mereka yang tak bisa dimainkan. Itu sangat riskan bagi tuan rumah saat kedatangan tim sekelas Madrid. Posisi Ossasuna berpotensi akan semakin tenggelam di zona degradasi. Mereka kini mengemas 14 poin dari 16 pertandingan dan duduk di urutan ke-19.

Oleh karena itu, laga ini ibarat bumi dan langit jika berkaca pada kedudukan di klasemen. Kendati demikian, skuad Madrid harus menerima kabar buruk menjelang pertandingan karena pelatih Zinedine Zidane harus isolasi diri setelah kontrak langsung dengan orang positif Covid-19.

Jika hasil PCR Zidane menunjukkan hasil positif, David Pettoni akan memimpin di pinggir lapangan, dikutip dari Marca. Hal ini akan merugikan Madrid saat sedang berjuang merebut posisi puncak. Sebab, sosok Zidane di pinggir lapangan diakui sangat memengaruhi permainan pasukannya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Real Madrid C.F. (realmadrid)

Zidane dapat mengubah permainan dengan sekejap ketika tengah buntu dalam membobol gawang lawan. Selain itu, konsentrasi striker Madrid Karim Benzema sedang terganggu oleh kasus dugaan pemerasaan terhadap rekan satu tim di Prancis, Mathieu Valbuena, yang akan disidangkan.

Hal tersebut kemungkinan turut mengganggu performa Benzema. Pelatih Madrid Zinedine Zidane akan berusaha mempertahankan permainan Madrid seperti saat mengalahkan Celta Vigo 2-0. Menurut Zidane, penampilan waktu itu sempurna, baik cara bertahan maupun menyerang.

“Kami menuju ke arah yang benar, melakukan pekerjaan dengan baik, dan kami harus mempertahankannya. Ini semua tentang tim, grup, ketika kami bermain seperti itu sejak awal,” kata Zidane seusai laga melawan Celta Vigo, dikutip dari Fourfourtwo.

Madrid juga bertekad terus menjauh dari rival abadinya Barcelona yang mulai menemukan bentuk permainan terbaik. Blaugrana hanya terpaut lima poin dari Madrid.

Pada hari yang sama saat Madrid melawan Ossasuna, mereka akan bertandang ke markas Granada. Lionel Messi mulai memberikan ancaman dengan ketajamannya yang mulai kembali. La Pulga saat ini masuk dalam jajaran top skorer sementara dengan sembilan gol.

 
Jangan ditunda
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane berharap pertandingan pekan ke-18 La Liga Spanyol melawan Osasuna di Stadion El Sadar, Pamplona, Ahad (10/1) dini hari WIB tidak batal akibat badai salju. 
 
Hujan salju tebal turun di dataran Spanyol sepekan terakhir. Hal itu membuat Real Madrid menerbangkan para pemain lebih cepat satu hari dari jadwal seharusnya untuk menghindari cuaca buruk. 
 
Zidane optimistis salju tidak akan berdampak pada kondisi fisik pemainnya. Namun, ia memilih pasrah terhadap cuaca yang akan terjadi selama pertandingan. 
 
"Kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Badai mungkin tidak akan memengaruhi pemain. Misalnya Hazard, dia sudah biasa bertanding di Inggris," kata Zidane seperti dilansir Marca, Sabtu (9/1). 
 
"Kami akan bersiap-siap seperti biasa. Tapi, mungkin ada sedikit perbedaan selama pertandingan. Jika laga bisa berjalan, kami akan bertanding."
 
"We're going to prepare for the match as normal, but it will definitely be a different type of game.
 
Real Madrid membawa 23 pemain untuk bertandang ke markas Osasuna. Dua pemain inti, Rodrygo dan Dani Carvajal tidak ikut rombongan karena cedera dan larangan bermain. 
 
Zidane juga membawa Sergio Ramos yang sempat absen di laga sebelumnya karena masalah perut. Pasukan Los Blancos berniat memburu tiga poin agar bisa terus menghimpit Atletico Madrid. 
 
Di klasemen sementara, Real Madrid sudah mengantongi 36 poin, sedangkan Atletico 38 poin. Namun, tim besutan Diego Simeone masih mengantongi dua pertandingan sisa. 
 
Kontrak berlarut
Negosiasi kontrak Sergio Ramos berlarut-larut. Hingga kini belum ada kepastian mengenai masa depan kapten Real Madrid itu. Padahal masa tugas Ramos di El Real tersisa enam bulan lagi. Jika tak ada perubahan, setelah Juni 2021, sang bek bisa pergi secara gratis.
 
Fakta demikian memicu kekhawatiran di kalangan penggemar El Real. Mereka khawatir Ramos mengulang cerita Cristiano Ronaldo.
Sebelumnya Ronaldo mengukir kisah manis bersama si putih, nyaris satu dekade. Namun pada 2018 lalu, peraih lima ballon d'Or itu memutuskan hengkang ke Juventus.
 
Terkait hal tersebut, pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane diminta bereaksi. Zidane sulit memberikan jawaban pasti. Ia mengaku tak mengetahui perkembangan negoasi antara Madrid dengan Ramos. Ia hanya menegaskan, palang pintu 34 tahun itu tersedia di laga terdekat Los Merengues.
 
"Saat ini dia ada bersama kami. Fokus kami hanya pada pertandingan besok," kata juru taktik berkebangsaan Prancis itu dikutip dari Marca, Sabtu (9/1).
 
Real Madrid kembali melanjutkan petualangan pada La Liga musim ini. Selanjutnya sang juara bertahan bertandang ke markas Osasuna. Duel journada ke-18 tersebut, berlangsung di Stadion El Sadar, Ahad (10/1) dini hari WIB. Kondisi cuaca kurang bersahabat.
 
Salju turun dengan derasnya di negeri matador. Skuat El Real menuju Pamplona, sehari lebih cepat, dari yang dijadwalkan sebelumnya. Zidane mengaku tak terganggu dengan kondisi tersebut. Ia menyiapkan timnya seperti biasa.
 
"Tentu, akan terlihat jenis permainan yang berbeda. Jika bisa dimainkan, kami siap tampil," ujar Zizou.
 
El Real berada di kursi runner up klasemen sementara Liga Spanyol. Dengan mengantongi 36 poin, si putih tertinggal dua angka dari Atletico Madrid di singgasana.
 
Atletico memiliki kesempatan menjauh dari sang rival. Skuat polesan Diego Simeone masih menyimpan dua laga tunda.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat