Tangkapan layar pemain Barcelona Martin Braithwaite menendang penalti yang gagal menjebol gawang Marko Dmitrovic | Youtube

Olahraga

Messi Cedera, Barcelona Kewalahan Lawan Eibar

Meski saat melawan Eibar Barcelona bermain bagus tanpa Messi, tapi mereka kehilangan ketajaman lini depan.

JAKARTA -- Tanpa kehadiran Lionel Messi, Barcelona harus bersusah payah bertahan menghadapi Eibar di Camp Nou dalam laga pekan ke-16 Liga Spanyol. Berkali-kali mereka menahan serangan Eibar yang terus masuk ke area Barca.

Barca dipaksa puas hanya mendapati hasil imbang 1-1 melawan Eibar. Pada momentum itu, Martin Braithwaite gagal mengonversi tendangan penalti bagi tim Catalan itu.

Eibar memulai laga. Kesebelasan ini mengejutkan tim tuan rumah dengan membuka keunggulan pada menit ke-57. Striker Kike Garcia menyamakan kedudukan dengan Barca sepuluh menit kemudian.

Meski Barca bermain cukup bagus tanpa Messi, tapi mereka kehilangan ketajaman lini depan yang biasa ia motori. Braithwaite gagal mengeksekusi penalti dari titik putih di babak pertama dan kemudian mendapati golnya dianulir VAR karena offside. Pemain Denmark itu juga melewatkan kesempatan untuk mengunci kemenangan dari jarak dekat ketika bola memantul dari dadanya saat rebound dan melebar.

Hasil imbang itu membuat Barca kehilangan sembilan dari 27 poin yang tersedia di kandang musim ini dan menempatkan mereka ke peringkat enam klasemen dengan koleksi 25 poin setelah 15 pertandingan.

Sedangkan Atletico Madrid unggul tujuh poin di puncak meski baru bermain 13 kali. Barca membungkam Real Valladolid 3-0 di pertandingan terakhir mereka sebelum jeda libur Natal. Bahkan tanpa Messi, mereka tampil cemerlang di awal laga , meraih hadiah penalti setelah VAR mengesahkan pelanggaran terhadap Araujo.

Braithwaite menjadi algojo. Namun tembakannya melebar, menyianyiakan peluang keunggulan di babak pertama. Tim Catalan itu terus membuang kesempatan setelah jeda ketika Dembele dari jarak dekat ditahan kiper Eibar Marko Dmitrovic dan Frenkie de Jong gagal menembak dengan kencang ketika melihat celah ke gawang.

Meski terlihat mengendalikan permainan, Barca tertinggal karena pecah konsentrasi ketika Garcia mencuri bola dari bek Uruguay Ronald Federico Araújo da Silva. Kemudian langsung melesat ke gawang mengalahkan kiper Marc-Andre Ter Stegen untuk membuat gol pertama di laga itu. Araujo mengakui kesalahannya.

"Itu suatu kesalahan dari saya, satu yang seharusnya tidak saya perbuat," kata dia seperti dikutip Reuters."Hari ini adalah kesalahan pribadi saya. Saya cukup dewasa untuk tahu seberapa besar tanggung jawab bermain untuk Barcelona," kata pemain berusia 21 tahun itu.

 
Sayang kami tidak bisa meraih tiga poin yang kami butuhkan dan inginkan itu.
RONALD FEDERICO ARAUJO DA SILVA, Pemain Barcelona
 

Messi mengalami cedera pasca-Barcelona meraih kemenangan 3-0 atas Real Valladolid pada pertandingan pekan ke-15 La Liga, di Estadio Municipal Jose Zorrilla, 23 Desember lalu

Dia harus kembali ke Barcelona dari Argentina pada Selasa (29/12). Namun dia belum dapat turun ke lapangan. Dalam pertandingan melawan Eibar, dia hanya duduk di pinggir lapangan menyaksikan teman-temannya bersusah payah mengungguli Eibar, yang berakhir dengan skor seri.

 

"Dia mengalami sedikit cedera di pergelangan kakinya dan itulah mengapa dia belum berlatih, dan mengapa dia tidak siap untuk bermain pada pertandingan melawan Eibar. Itu sebabnya kami memberinya dua hari libur ekstra untuk berlibur," jelas pelatih Barca Ronald Koeman.

Messi akan kembali turun ke lapangan setelah pertandingan melawan Eibar. Para dokter mengatakan sepekan tanpa pelatihan akan membuatnya patut untuk kembali setelah pertandingan. Kita tunggu saja.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FC Barcelona (fcbarcelona)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat