Seorang kurir bersiap mengantarkan barang yang dipesan konsumen di Pasar ModernJoyo Agung, Malang, Jawa Timur, Rabu (18/11/2020). Pemerintah berupaya mendorong pertumbuhan bisnis ritel dengan memberikan stimulus ekonomi, pembukaan aktivitas perdagangan de | ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
25 Dec 2020, 14:31 WIB

Bisnis dengan Modal Seadanya, tapi Untung Sebesarnya

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang atau jasa.

 

DIAN SUSILAWATI

Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Bogor

Susilawatidian293@gmail.com

Terkait

 

 

Banyak peserta didik yang ingin mendapatkan income tambahan untuk keperluan pribadinya. Juga keperluan untuk membantu orang tuanya dengan memulai bisnis kecil-kecilan. Namun masih bingung untuk memulai dari mana karena takut gagal dan tidak ada modal.

Merujuk kepada sejumlah literatur, bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, dan secara historis bisnis berasal dari bahasa inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan (profit). 

Disini tidak dijelaskan harus dengan modal besar ataupun waktu yang banyak lalu apakah bisa bisnis dijalankan bagi seorang mahasiswa disela-sela kesibukannya belajar di kampus, atau justru penyebab telat lulus karena terlalu fokus berbisnis, tentu saja bisa karena untuk menjadi pengusaha dimulai dari satu langkah kecil hingga akhirnya semua mimpi dapat terwujud,yaitu menjadi pengusaha dan lulus tepat waktu menjadi sarjana, sebagaimana kata pepatah “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” dalam waktu 4 tahun bukan saja lulus menjadi sarjana tetapi juga pengusaha yang memiliki karyawan.

Di era milenial sekarang ini banyak pelajar dan mahasiswa yang ingin memiliki income sendiri sehingga dapat belajar mandiri dari orang tua nya atau bahkan membantu untuk memenuhi kebutuhan keluarga nya, memulai bisnis menurut sebagian orang memang sangat tidak mudah apalagi dengan saingan yang begitu banyak di pasaran juga modal yang tidak sedikit, namun ini bukanlah sebuah hambatan karena apapun masalahnya pasti dapat diatasi jika seseorang tersebut memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk maju.

Ubah mindset yang dulunya hanya mengkonsumsi menjadi menghasilkan agar pribdi bisa memannfaatkan waktu dengan sebaik mungkin tanpa ada yang disia-siakan karena usaha hari ini adalah titik penentu seseorang dimasa depan.

 

Ingin memulai bisnis namun tidak memiliki modal dan tidak mau ribet.

Jika masih bingung untuk memulai bisnis online maka mulailah dengan menjadi dropshiper yaitu model bisnis dimana seseorang mejual produk yang dibuat oleh pihak lain, sehingga tidak perlu modal besar ataupun stok barang karena lewat bisnis dropship, produsen juga lah yang mengirimkan nya ke konsumen.

Tentunya sebelum menjadi dropshipper haruslah mencari supplier yang terpercaya harus teliti dan berhati-hati, pastikan bahwa supplier yang dipilih adalah tangan pertama, agar nantinya harga yang akan dinaikan tidak terlalu tinggi di pasaran ,dan barang yang dijual adalah barang yang dibutuhkan dipasaran, dengan begitu banyak konsumen yang mencarinya.dan bisa untuk melakukan pemesanan kembali (repeat order). Mendapatkan income hanya duduk dirumah dengan memandang layar handphone, siapa yang tidak mau?

Bayangkan jika dari dari satu produk yang dijual ada keuntungan Rp. 10.000x30 hari dalam sebulan maka income yang di dapat adalah Rp. 300.000 hal ini terjadi hanya jika laris satu produk dalam satu hari bagaimana jika dua atau bahkan lima produk dalam sehari,maka hasil yang didapat selama sebulan lebih dari itu.

Beberapa keuntungan yang didapatkan jika menjadi dropshipper adalah tidak perlu stok barang, tidak perlu keluar rumah untuk mengirim paket ke expedisi karena sudah diatur oleh produsen, nama toko menjadi terkenal walaupun mengambil barang dari supplier karena barang dikirim atas nama toko dropshipper, uang modal yang disiapkan bisa disimpan untuk membeli kuota internet sehingga dapat mempromosikan lewat sosial media ataupun untuk iklan, termasuk salah satu cara dasar sebelum membuka brand sendiri ( jika ingin memiliki brand atau merk sendiri) karena dengan menjadi dropshipper seseorang bisa mengetahui barang apa saja yang laku dan ramai jika dipasarkan kepasaran berdasarkan pengalaman selama menjadi dropshipper.

Jika sudah memiliki supplier yang dapat dipercaya, maka mulailah membuat akun toko online di instagram dan lainnya dan pastikan akun tersebut adalah akun untuk bisnis karena fitur-fitur di dalamnya sangatlah membantu para pembisinis pemula untuk nantinya dapat mempromosikan produk.

Berbagai cara untuk mempromosikan barang

Dunia online sudah sangat maju pada saat ini, lalu sebagai generasi muda sangat disayangkan jika tidak bisa memanfaatkan nya dengan baik, bisnis online saat ini sedang banyak diminati karena bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun, maka dari itu sangat cocok untuk mengisi kegiatan dan waktu kosong selama para pelajar dan mahasiswa belajar dirumah.

Mulailah promosikan barang kepada orang-orang disekitar seperti saudara,teman dan juga tetangga lalu manfaatkan semua sosial media yang dimiliki seperti seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter dan lainnya agar bisa mendapat relasi yang lebih luas.

Jika ingin mendapatkan jangkauan yang lebih luas lagi maka bisa dengan cara memasang iklan, beberapa iklan yang mudah untuk dilakukan adalah facebook ads, instagram ads, dan google ads, karena dengan memasang iklan tersebut harga atau bajet iklan dapat diatur dalam perhari dan jangkauan nya juga dapat diatur .dengan begitu bersiaplah mendapatkan orderan yang bertubi-tubi jika memang konsumen mengetahui manfaat dari produk yang dipasarkan.tersebut.

Bisa juga dengan cara memanfaatkan beberapa marketplace yang tersedia seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain Karena di dalam market place selain menjadi sarana konsumen bertemu penjual namun penjual juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti mendapatkan voucer ataupun cashback.

 

Cara mengatur waktu untuk belajar dan berbisnis

Dalam sehari manusia memiliki waktu yang sama yaitu 1x24 jam dan waktu sukses atau tidak seseorang tergantung bagaimana ia memanfaatkan waktu tersebut, khusunya bagi pelajar dan mahasiswa haruslah memiliki penjadwalan waktu agar tidak ada yang terbuang sia-sia dan di dalam jadwal tersebut harus berdasarkan skala prioritas, kewajiban untuk menuntut ilmu kah atau mencari uang, dengan dijadwalkan seperti itu maka dapat diketahui dimana waktu kosong yang dapat dimanfaatkan untuk mengurus bisnis dan dimana waktu wajib untuk menyelesaikan kewajiban yaitu belajar.

Hendaknya setiap mahasiswa dan pelajar memiliki target agar tujuan hidupnya tertata, dengan adanya target ini dapat memicu semangat untuk menggapai target tersebut, berikanlah reward atau hadiah kepada diri sendiri jika berhasil menggapai target tersebut dan siapkanlah hukuman jika target tersebut tidak tercapai.

Harus mau untuk bekerja lebih keras dari pada yang lain, karena pengusaha yang sukses dengan para pengangguran itu beda usahanya, setiap detik dan menitnya sudah tertata apa yang perlu dikerjakan dan diselesaikan sehingga tidak sedikitpun mengizinkan waktu dalam sehari ada yang terbuang.

 

Apakah bisa ketika lulus sarjana sudah memiliki karyawan?

Jawabannya tentu saja bisa, dengan kunci konsisten dalam menekuni bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu dropship barang Karena jika bisnis ini benar-benar ditekuni secara konsisten kurang lebih selama dua tahun setengah (konsisten dalam kurun waktu tersebut) maka hasil dari dropshipper tersebut bisa ditabung untuk kemudian dibuat menjadi modal usaha , dengan modal yang sudah lumayan dan pengalaman dalam memilih barang yang laris dan menarik di pasaran juga penguasaan dalam membuat iklan, maka ini sudah bisa menjadi bekal untuk merintis usaha milik sendiri, membuat brand sendiri, kemudian mencari resseler untuk memasarkan ,dan memperkerjakan karyawan untuk bidang produksi dan pengemasan .

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa untuk memulai bisnis tidak perlu bingung memikirkan modal yang perlu dikeluarkan, hanya dengan kemauan dan tekad yang kuat itu sudah menjadi modal agar dapat menyelesaikan masalah apapun nantinya yang akan dihadapi.

Kunci agar dapat optimal di dalam bisnis yang kecil adalah konsisten dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, karena hambatan dasar ketika berbisnis adalah bosan terhadap apa yang di lakukan, maka dari itu haruslah menyiapkan segala motivasi dan inovasi yang menarik, agar bisnis bisa terus berjalan.

 


×