Kotak-kotak berisi dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dipersiapkan untuk dikirim ke Pfizer Global Supply Kalamazoo di Portage, Michigan AS., Ahad (13/12) waktu setempat. | AP Photo/Morry Gash

Internasional

Vaksinasi AS Dimulai Senin 

Penegak hukum federal mendampingi distribusi vaksin dari pabrik ke tujuan akhir. 

WASHINGTON  -- Suntikan pertama vaksin Covid-19 di Amerika Serikat (AS) akan diberikan pada Senin (14/12) pagi. Pfizer Inc memulai pengiriman ke seluruh negara yang terkena dampak paling parah pada Ahad (13/12). 

Pada Jumat (11/12), regulator AS telah mengizinkan penggunaan vaksin yang dikembangkan Pfizer dan mitranya di Jerman, BioNTech. Ini menjadi vaksin pertama yang disetujui penggunaannya di AS, Inggris, Kanada, dan tiga negara lainnya. 

Jenderal Angkatan Darat AS Gustave Perna menyatakan pada Sabtu (13/12), petugas kesehatan dan orang tua di fasilitas perawatan jangka panjang diharapkan menjadi penerima utama dari gelombang pertama 2,9 juta suntikan bulan ini. Pemberian vaksin kepada petugas kesehatan paling cepat pada Senin dan penghuni panti jompo pada akhir pekan depan.

Perna menyatakan, vaksin ini akan dikirimkan ke 145 lokasi di seluruh negeri pada Senin. Sisanya, yaitu 636 lokasi pengiriman akan menerima dosis pada Selasa dan Rabu. Setiap minggu ke depan Pfizer akan meningkatkan pengiriman vaksin. 

Dalam tiga minggu, Perna menegaskan, seharusnya fasilitas kesehatan mana pun di AS dapat memberikan suntikan vaksin ini. Meskipun telah dipersiapkan berbulan-bulan, Perna mengatakan, pendistribusian dan pemberian vaksin kepada sebanyak 330 juta penerima merupakan tantangan logistik yang besar.

Hal ini mempertimbangkan persyaratan pengiriman yang rumit dan harus disimpan pada suhu ultra dingin, yaitu di bawah 70 derajat celcius. "Kita punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Ini bukan putaran kemenangan di arena balap. Kita tahu bahwa di depan kita akan sulit," kata Perna.

Vaksinasi ini adalah muara dari program vaksin yang dikenal sebagai Operation Warp Speed. Untuk AS, Pfizer bekerja sama dengan perusahaan logistik United Parcel Service (UPS) dan FedEx untuk mendistribusikan vaksin. 

Mereka harus mengoordinasikan pengiriman dosis dengan pengiriman produk lain yang diperlukan untuk menyimpan dan mengelola vaksin, seperti jarum suntik, es kering, dan peralatan pelindung untuk petugas kesehatan. “Bagian terakhir akan menjadi yang tersulit. Begitu vaksin itu masuk ke rumah sakit atau panti jompo, mereka juga harus menjaga suhu vaksin tetap terkendali," kata konsultan logistik dan mantan analis UPS, Cathy Morrow Roberson.

Konvoi truk

Rangkaian trailer traktor yang memuat wadah berukuran kotak pizza berisi vaksin Covid-19 dilaporkan meninggalkan fasilitas manufaktur Pfizer di Kalamazoo, Michigan, AS, Ahad. Kotak-kotak itu kemudian dimasukkan dalam pendingin, lalu diberi label. Para pekerja bertepuk tangan diiringi tiupan peluit, saat kotak-kotak pertama bergerak menuju truk yang siap mengangkut.

photo
Kotak-kotak berisi dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dipersiapkan untuk dikirim ke Pfizer Global Supply Kalamazoo di Portage, Michigan AS, Ahad (13/12) waktu setempat. - (AP Photo/Morry Gash)

Perusahaan logistik UPS dan FedEx siap meluncurkan proyek distribusi vaksin terbesar dan paling rumit di AS. Personel penegak hukum federal atau United States Marshals Service (USMS) akan mendampingi pengiriman yang diamankan dengan ketat dari pabrik ke tujuan akhir. 

"Kami telah menghabiskan waktu beberapa bulan menyusun strategi dari pejabat Operation Warp Speed dan mitra perawatan kesehatan kami dalam logistik vaksin yang efisien, dan kini saatnya tiba untuk bergerak," ujar Presiden UPS Healthcare, Wes Wheeler. 

Paket vaksin Pfizer yang disimpan dalam suhu dingin dapat menampung sebanyak 4.875 dosis. Perjalanan pertama dimulai dari Kalamazoo ke pesawat yang ditempatkan di dekatnya.

Pekerja akan memindahkan vaksin ke pesawat yang akan membawanya ke pusat kargo udara UPS atau FedEx di Louisville, Kentucky, dan Memphis, Tennessee. Dari sana, ribuan dosis vaksin akan diangkut dengan truk atau diterbangkan ke fasilitas terdekat dengan 145 lokasi AS yang akan menjadi wilayah penerima pertama. 

Pengemudi pengiriman paket UPS dan FedEx akan mengirimkan banyak paket ke tangan penyedia layanan kesehatan pada Senin. UPS dan FedEx memberikan prioritas utama untuk distribusi vaksin ini. 

photo
Petugas menyiapkan kotak-kotak berisi dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dipersiapkan untuk dikirim ke Pfizer Global Supply Kalamazoo di Portage, Michigan AS, Ahad (13/12) waktu setempat. - (AP Photo/Morry Gash)

Dua perusahaan logistik itu menyediakan ruang di pesawat dan truk. Keduanya memiliki keahlian menangani produk medis yang sensitif dan menekan sekecil mungkin terjadi kekeliruan.

Mereka menyediakan pelacakan suhu dan lokasi ke perangkat cadangan yang tertanam di kotak Pfizer. Dengan fasilitas itu, mereka dapat melacak setiap pengiriman selama perjalanannya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat