Transaksi pembayaran digital | Pixabay

Inovasi

11 Dec 2020, 12:30 WIB

Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Pembayaran

Transaksi pembayaran secara daring makin banyak dipilih karena minim kontak.

 

Di masa pandemi, transaksi pembayaran secara daring makin banyak dipilih karena minim kontak. Pada Kamis (10/12), Xendit, salah satu perusahaan payment gateway di Indonesia dan Asia Tenggara, menjalin kerja sama dengan ShopeePay. 

Kolaborasi ini diharapkan makin memperkuat ekosistem pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan dalam channel pembayaran digital Xendit. Dengan integrasi ini, para pelaku bisnis dapat dengan mudah memanfaatkan saluran pembayaran menggunakan ShopeePay melalui proses integrasi Xendit yang mudah dan cepat. 

Selain itu, ShopeePay juga dapat menjangkau lebih banyak merchant rekanan Xendit dari berbagai lini bisnis. “Xendit sangat antusias untuk menambahkan ShopeePay ke dalam channel pembayaran Xendit. Terutama mengingat ShopeePay merupakan salah satu e-money yang perkembangannya sangat cepat saat ini di Indonesia,” ujar Head of Customer Solutions dari Xendit Mikiko Steven.

Semua proses integrasi ini, lanjut dia, sangat mudah dan cepat dilakukan. Melalui satu integrasi, para merchant pengguna platform Xendit dapat menggunakan ShopeePay untuk menerima pembayaran satu waktu (one time payment) atau untuk menerima pembayaran berulang untuk berlangganan (subscription payments).

photo
Kolaborasi Xendit dan ShopeePay untuk permudah pembayaran digital. - (Dok Xendit)

Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay menjelaskan, kolaborasi strategis antara ShopeePay dengan Xendit akan membuka peluang yang besar bagi kedua pihak dan juga para mitra untuk mendorong inklusi keuangan. “ShopeePay percaya, Xendit dapat mendukung integrasi yang mudah dan praktis sehingga merchants dapat segera menambahkan ShopeePay sebagai pilihan pembayaran digital yang mudah dan aman guna menjangkau pelanggan yang lebih luas,” katanya. 

Sebagai bagian dari kerjasama ini, lebih dari 100 merchants Xendit kini tengah dalam proses integrasi dengan channel ShopeePay, salah satunya Tabula Eat. 

Tabula Eat adalah salah satu usaha rintisan yang bergerak dibidang food and beverages. Chief Technology Officer dari TabulaEat. Zamrudi Al Hadiq mengungkapkan, penambahan ShopeePay sebagai salah satu etode pembayaran di Xendit akan sangat membantu memberikan keleluasaan kepada kustomer dalam proses pembayaran. “Terlebih, ShopeePay juga merupakan salah satu pembayaran digital yang cukup banyak digunakan oleh customer,” katanya. 

Bagi para pengguna akhir, cara pembayaran dengan ShopeePay dapat dilakukan dengan memilih ShopeePay sebagai metode pembayaran. Kemudian, pengguna akan dialihkan melalui tautan url checkout di aplikasi Shopee. Setelah pembayaran berhasil, pengguna akhir akan diarahkan kembali ke aplikasi merchants Xendit. Transaksi pun selesai dlakukan. 

 
“Kolaborasi strategis ini akan membuka peluang yang besar bagi kedua pihak dan juga para mitra untuk mendorong inklusi keuangan.”
Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay
 
 

 


×