Mike Tyson melancarkan tinjunya ke arah lawan waktu tampil di ring tinju. | REUTERS/Gary Hershorn
26 Nov 2020, 11:10 WIB

Petinju yang tak Lekang oleh Waktu

Petinju seperti Mike Tyson, Conor McGregor, Dustin Poirier, selalu menarik perhatian dunia jika tampil dalam ring tinj.

Ketika Mike Tyson mengumumkan ingin kembali naik ring pada usia 53 tahun Mei lalu, seluruh pencinta tinju dunia terkejut. Bukan karena tak percaya, melainkan mereka justru menyambut Tyson kembali naik ring. Mereka merindukan aksi Iron Mike setelah pensiun pada 2005 lalu.

Tyson merupakan legenda tinju kelas berat. Tubuhnya yang tak terlalu tinggi, tetapi dia memiliki pukulan kuat. Ia juga tak senang berlama-lama bertarung di atas ring sehingga dengan secepat mungkin Tyson berusaha mengalahkan lawannya.

Setelah menyatakan ingin kembali naik ring, Tyson sering mengunggah video latihan. Ia memamerkan bentuh tubuh kekarnya serta kecepatan pukulan. Itu sebuah pesan dari Tyson bahwa fisiknya masih kuat bertarung sekaligus jawaban atas sebagian orang yang mengkhawatirkan kesehatannya.

Presiden UFC Dana White adalah sahabat Tyson yang mengkhawatirkan kesehatannya jika kembali naik ring karena faktor usia. White bahkan meminta Tyson mengurungkan niatnya.

Terkait

“Aku mencintai Mike Tyson, aku memohon padanya untuk tidak pergi bertarung. Saya berkata, ‘Kamu terlihat luar biasa, kamu masih eksplosif, kamu jelas masih kuat, kamu salah satu yang hebat sepanjang masa’,” kata White beberapa bulan lalu, dilansir dari Dailymail, Rabu (25/11).

Namun, bukan Tyson jika ragu atas keputusannya. Ia tak peduli dengan kekhawatiran sejumlah sahabatnya. Tyson terus mencari lawan tanding dan mendengungkan bahwa dia masih kuat meninju wajah seseorang.

Sejumlah nama sebagai calon lawan Tyson pun sempat bermunculan, seperti Evander Holyfield, Tyson Fury, Juiseppe Angelo Cusumano, serta legenda UFC Wanderlei Silva dan Tito Ortiz. Namun, pada akkhirnya Tyson akan melawan sesama legenda tinju kelas berat Roy Jones Jr pada 28 November 2020 di Kalifornia dalam pertarungan eksibisi.

photo
Mantan petinju kelas berat Mike Tyson hendak memasuki sebuah sedan - (Jeff Mitchell US)

Menjelang comeback-nya yang tinggal menghitung hari, Tyson kembali mengunggah video latihan. Video tersebut diunggah oleh pelatihnya, Rafael Cordeiro, yang merupakan mantan MMA.

“Hei, lagu atau film apa yang membuatmu bersemangat, sayang?! Ayo, bung, itu aku? Itu yang kamu anggap aku? Anda menganggap saya pelacur? Ini atas nama pertempuran, kami ingin membunuh satu sama lain, bung,” kata Tyson kepada Jones beberapa hari lalu.

Tak hanya Tyson, Conor McGregor juga memutuskan kembali bertarung setelah menyatakan pensiun pada 6 Juni lalu. Dia telah menandatangani kesepakatan melawan Dustin Poirier pada Januari nanti. McGregor tak pernah bertarung sejak mengalahkan Donald Cerrone pada Januari tahun lalu.

McGregor merupakan salah satu bintang UFC dan selalu menjadi daya tarik penggemar UFC. Sejumlah petarung yang pernah menjadi lawan McGregor mengakui petarung asal Irlandia itu memiliki pukulan yang kuat. Dia juga lincah menghindari serangan lawan.

Dia bahkan disebut-sebut sebagai salah satu petarung UFC terganas di dunia. Karena itu, ketika dia memutuskan pensiun, MMA seperti kehilangan aset berharganya. Kini, asetnya itu kembali dan Mcgregor menyatakan siap kembali bertarung. "Saya sangat bersyukur bisa kembali dan melakukan apa yang saya sukai lagi," ujar McGregor dikutip dariReuters.

Nama Khabib Nurmagomedov juga mengirimkan sinyal untuk kembali bertarung. Petarung asal Dagestan, Rusia, itu sebelumnya memutuskan pensiun setelah mengalahkan Justin Gathje Oktober lalu. Alasannya, untuk menghormati ibunya untuk tak bertarung lagi.

Dalam akun Instagram pribadinya, Khabib mengunggah sedang bersama bos UFC Dana Wihite dan menulis caption “Sampai Jumpa Lagi Dana White”. 


×