Warga Pelstina berunjuk rasa mengecam kunjungan Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo ke pemukiman Yahudi di Psagot, dekat kota Al-Bireh di Tepi Barat, Rabu (18/11) | AP/Majdi Mohammed
21 Nov 2020, 02:00 WIB

Pompeo Kunjungi Wilayah Pendudukan Israel

Pompeo mengatakan, produk dari wilayah permukiman Israel akan dilabeli “Made in Israel”.

SHAAR BINYAMIN -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada Kamis (19/11) berkunjung ke Dataran Tinggi Golan dan permukiman Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat. Hal ini menjadi kunjungan pertama seorang menlu AS ke wilayah pendudukan Israel.

Pada Kamis pagi Pompeo tampil bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Ia menyebut Pompeo dan Presiden AS Donald Trump sebagai teman lama bagi Israel.

Pompeo mengunjungi permukiman Israel di Tepi Barat, yang jaraknya tak jauh dari Yerusalem. Ia menikmati makan siang di Shaar Binyamin, zona industri di sebelah utara Yerusalem. Di sanalah tempat pembuat wine atau minuman anggur Psagot Winery berada.

“Menikmati makan siang di Psagot Winery yang indah hari ini. Sayangnya, Psagot dan lahan usaha lainnya dibidik oleh Uni Eropa (UE) dengan upayanya memberi label yang merusak sehingga memfasilitasi boikot terhadap perusahaan Israel. AS berdiri di samping Israel dan tidak akan menoleransi segala bentuk delegitimasi,” kata Pompeo di Twitter.

Terkait

photo
Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo mengunjungi pemukiman Yahudi di Psagot, dekat kota Al-Bireh di Tepi Barat, Kamis (19/11) - (AP/Patrick Semansky/AP POOL)

Pompeo mengatakan, ia dan Netanyahu membahas Iran, ancaman di kawasan, serta persatuan Israel dan negara-negara Teluk Arab yang sama-sama khawatir akan Iran. Pompeo juga mengatakan, produk-produk yang dibuat di permukiman Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat akan diberi label “Made in Israel” atau “Product of Israel” saat diekspor ke AS. Pelabelan ini akan menghapus isu antara produk yang dibuat di dalam Israel dan di wilayah pendudukan Israel.

Berdasarkan peraturan UE, ekspor produk pertanian dan produk lain yang dibuat di permukiman Israel harus disebutkan jelas sebagai produk dari permukiman Israel. Blok UE menilai produk yang dibuat di wilayah pendudukan merupakan produk ilegal berdasarkan hukum internasional.

Pompeo juga menanggalkan kebijakan AS sebelumnya. Biasanya petinggi AS menjaga agar tidak mengunjungi permukiman Israel. Bagi Palestina, Psagot Winery dibangun di wilayah yang sebagian milik warga Palestina. Lokasinya adalah Ramallah dan al-Bireh.

“Lahan ini telah diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya dari pemilik warga Palestina,” ujar Musa Jwayyed, warga Amerika keturunan Palestina yang kini menjadi anggota Dewan Kota al-Bireh.

“Saya warga AS, seorang pembayar pajak, berpendidikan, dan loyal, oke? Lalu, mengapa para pemukim ini memiliki hak lebih besar daripada saya?” katanya dikutip Reuters.

photo
Menlu AS Mike Pompeo bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberikan keterangan di Tel Aviv, Kamis (19/11). - (AP/Maya AlleruzzoPool AP)

 

Kunjungan Pompeo ini dilakukan menjelang berakhirnya kekuasaan Trump di AS. Hal ini mungkin menjadi kunjungan terakhirnya sebagai menlu AS.

Kunjungan ke dua tempat ini diyakini mencerminkan penerimaan pemerintahan Trump terhadap permukiman Israel di wilayah pendudukan. Mayoritas komunitas internasional menilainya sebagai pelanggaran hukum internasional dan ganjalan bagi perdamaian sesuai cita-cita solusi dua negara Israel dan Palestina.

Pada 2019 Pompeo mendobrak tabu kebijakan AS yang telah dipegang selama puluhan tahun. Saat itu Pompeo mengumumkan, AS di bawah kepemimpinan Trump tidak lagi memandang permukiman Israel di Tepi Barat “tidak konsisten dengan hukum internasional”.

Sementara itu, Trump juga mengakui kedaulatan Golan yang diduduki Israel dalam Perang 1967 dari Suriah lalu dianeksasi. Klaim Israel atas Golan dan permukiman Israel di wilayah pendudukan tidak diakui sebagian besar komunitas internasional.

Kunjungi Golan

Pompeo kemudian terbang ke Golan, wilayah pegunungan yang strategis menghadap ke Israel, Suriah, Lebanon, dan Yordania. “Saya amat ingin datang ke sini dalam lawatan ini untuk menyatakan kepada dunia bahwa kita sudah melakukan hal benar. Bahwa kita, AS, sudah melakukan hal benar. Bahwa Israel melakukan hal yang benar,” ujar Pompeo saat berdiri di ketinggian. “Setiap negara berhak mempertahankan kedaulatannya sendiri.”

Bagi perunding perdamaian Palestina, Hanan Ashrawi, Pompeo memanfaatkan pekan-pekan terakhir kekuasaan Trump. Menurut dia, saat-saat itu digunakan “untuk kembali menetapkan preseden ilegal, melanggar hukum internasional, dan mungkin untuk menunjukkan ambisi politiknya pada masa depan.”

Sumber : Reuters/Associated Press


×