Pemain sepak bola Brasil, Neymar, sedang latihan. | EPA-EFE/Lucas Figueiredo

Olahraga

Uruguay Vs Brasil, Jaga Rekor Positif

Brasil sementara bercokol di peringkat teratas dengan perolehan sembilan angka.

 

MONTEVIDEO -- Partai besar bakal tersaji dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (Conmebol) antara tuan rumah Uruguay melawan Brasil. Laga itu akan digelar di Stadion Centenario, Montevideo, Rabu (18/11) pagi WIB.

Brasil akan berusaha mempertahankan rekor kemenangan sempurna pada tiga laga terakhir. Sementara, Uruguay memiliki ambisi untuk meraih kemenangan demi mengamankan posisi di klasemen.

Hingga matchday ketiga kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan, Brasil sementara bercokol di peringkat teratas dengan perolehan sembilan angka. Neymar Jr dkk tak terbendung dengan meraih kemenangan dari tiga pertandingan sebelumnya melawan Bolivia, Peru, dan Venezuela.

Meski demikian, armada asuhan Tite baru akan menjalani ujian berat saat berkunjung ke markas Uruguay mengingat La Celeste memiliki kapasitas untuk menyulitkan skuat Selecao. "Kekuatan Brasil adalah dalam skema permainan. Kami sudah menghadapi beragam strategi, seperti Venezuela yang memiliki pertahanan rapat," kata bek tengah Brasil Marquinhos dikutip laman resmi timnas Brasil, Selasa (17/11).

Marquinhos tahu betul cara meredam ganasnya naluri gol striker Uruguay Edinson Cavani karena kedua pemain sempat sama-sama memperkuat Paris Saint-Germain (PSG). Sementara, dalam dua pertemuan melawan Uruguay, Marquinhos telah memenangkan pertandingan tersebut.

Secara total pertemuan, Brasil yang jawara Piala Dunia lima kali, unggul jauh dari Uruguay. Dari 76 kali pertemuan, Brasil berhasil meraih 38 kemenangan, sementara Uruguay hanya meraih 21 kemenangan. Sebanyak 17 laga lainnya berakhir imbang.

"Kami membuat tiga kemenangan. Dua yang pertama mencetak banyak gol, tapi kami akan menghadapi Uruguay, tim yang solid," ujar Tite menjelaskan.

Uruguay sejauh ini berada di posisi keempat klasemen dengan perolehan enam angka. La Celeste meraih kemenangan 2-1 atas Cile dan 3-0 atas Kolombia, tetapi kalah 2-4 dari Ekuador.

Tim tuan rumah dihantui rekor tak pernah menang dari Brasil sejak 2001. Dalam sembilan pertemuan, Uruguay hanya berhasil meraih dua kali imbang dan tujuh kali kalah.

Jelas kemenangan akan membuat Uruguay menyamai poin Brasil. Selain itu, jika La Celeste menumbangkan tim asuhan Tite, peta persaingan pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol semakin sengit. "Kami menghadapi tim terbaik dari kualifikasi ini, pada masa lalu, dan banyak lagi," kata pelatih Uruguay Oscar Tabarez.

Di sisi lain, Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF) mengumumkan sang bintang, Luis Suarez, positif Covid-19 pada Selasa (17/11) dini hari WIB. Alhasil, Suarez akan absen pada laga melawan Brasil. Suarez harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat