Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyapa massa saat tiba di kawasan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11). | Republika/Putra M. Akbar

Kisah Dalam Negeri

Banjir Manusia dan Shalawat Menuju Petamburan

Rizieq Shihab menyerukan revolusi akhlak pada kepulangannya ini.

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab atau Rizieq Shihab mengeluarkan separuh badannya melalui sunroof mobil warna putih di sepanjang Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat, Selasa (10/11). Barisan manusia membentuk pagar di sepanjang jalan agar memberi ruang agar mobil dapat meluncur ke Jalan Petamburan III.

Sesekali, Rizieq mengepalkan tangannya. Di lain waktu, sosok yang baru menginjakkan kaki di Indonesia sejak 2017 awal ini terlihat mengacungkan dua jempolnya ke arah manusia yang membanjiri sisi kanan-kiri jalan menuju kediamannya di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pukul 13.20 WIB, Rizieq Shihab tiba di rumahnya setelah menempuh perjalanan jauh dari Arab Saudi.

Kedatangannya sudah dinanti. Ribuan massa yang membanjiri jalan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Petamburan menyambutnya. Menunggu Rizieq Shihab dengan lantunan shalawat dan takbir. Juga teriakan 'marhaban ya habib' atau 'ahlan wa sahlan'. Mereka sudah menunggu sejak pagi untuk melihat Rizieq Shihab pulang.

photo
Sejumlah massa menunggu kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di kawasan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11). Habib Rizieq Shihab kembali ke Tanah Air setelah berada di Arab Saudi selama 3,5 tahun. - (Republika/Putra M. Akbar)

Pengacara FPI Azis Yanuar bahkan menuturkan, puluhan anggota Laskar Pembela Islam (LPI) bershalawat di sekitar markas Front Pembela Islam (FPI) sejak dini hari. Aziz juga mengirimkan sebuah video yang menampilkan anggota LPI bershalawat di depan baliho Rizieq Shihab. Puluhan laskar yang mengenakan pakaian dan baret berwarna putih itu berbaris sembari bershalawat di depan baliho sambutan Habib Rizieq Shihab di depan gang masuk menuju rumah pendiri FPI itu.

Aziz mengatakan, para laskar, simpatisan, dan umat Islam yang menunggu kepulangan HRS juga menggelar doa dan zikir bersama. Tujuannya untuk memohon agar kepulangan inisiator Aksi Bela Islam itu bis berjalan lancar. "(Mereka) salawatan dan zikir serta doa untuk kelancaran kedatangan beliau," kata Aziz.

Sebelum memasuki kediamannya, Rizieq Shihab menyapa sekaligus mendoakan bangsa Indonesia dan pendukungnya. Ia menyerukan revolusi akhlak pada kepulangannya ini. "Revolusi akhlak untuk selamatkan NKRI, betul? Dalam rangka Indonesian berkah, siap revolusi akhlak? Kita revolusi akhlak yang enggak taat jadi taat. Kita ganyang segala kezaliman, setuju? Kita ganyang segala korupsi, setuju? Dari sifat khianat kepada sifat amanat," kata Rizieq dalam orasinya, Selasa.

photo
Sejumlah massa menunggu kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di kawasan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11). - (Republika/Putra M. Akbar)

Pandemi

Ajakan revolusi akhlak Rizieq disambut jawaban siap mengikuti dari para pendukungnya. Selanjutnya HRS mengajak massa berdoa. Khususnya supaya pandemi Covid-19 berakhir secepatnya. "Insya Allah, dengan kumpulnya saudara agar segera Allah angkat wabah korona," ujar Rizieq.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut kepulangan Rizieq Shihab. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menilai, kerumunan menyulitkan masyarakat berjarak. "Kerumunan menyulitkan kita jaga jarak. Tanpa menggunakan masker juga tingkatkan risiko. Kelalaian terhadap kondisi ini dapat membahayakan nyawa manusia," ujar Wiku.

Peringatan agar massa yang membanjiri sekitar kediaman Rizieq Shihab menaati protokol kesehatan juga disampaikan melalui pengeras suara. "Mohon taati protokol kesehatan agar kita tidak dilecehkan pihak lain," seru seorang pria lewat pengeras suara dari mobil komando.

Setelah tiba di kediaman, Rizieq Shihab rencananya akan beristirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan kegiatan.

photo
Sejumlah massa menunggu kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di kawasan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11). - (Republika/Putra M. Akbar)

Wakil Sekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin mengeklaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menemui Rizieq Shihab pada Rabu (11/11) selesai salat Shubuh. Novel menyebutkan pertemuan tersebut merupakan keinginan dari Anies. "Iya benar, Anies yang mau bertemu dengan HRS (Rizieq Shihab) di kediamannnya," ujar Novel. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat