Pemain MU Bruno Fernandes merayakan kemenangan dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/Carl Recine

Olahraga

MU Lolos Lagi dari Lubang Jarum

Kegagalan mempertahankan konsistensi performa menjadi problem terbesar MU.

 

LIVERPOOL  -- Manchester United meraih kemenangan dalam pertandingan di markas Everton pada pekan kedelapan Liga Primer Inggris, Sabtu (7/11) petang WIB. Kemenangan ini menjadi yang ketiga dari lawatan United ke markas Everton sejak 2008 silam.

Dua gol Bruno Fernandes, yang dicetak pada menit ke-25 dan 32, serta satu gol Edinson Cavani pada masa injury time babak kedua memastikan kemenangan United di markas tim asal Liverpool tersebut. Tiga gol itu menjadi gol balasan United setelah sempat tertinggal pada menit ke-18 via torehan winger asal Brasil, Bernard.

Namun, yang paling penting, kemenangan 3-1 atas Everton ini sedikit mengangkat beban dan tekanan terhadap performa United, terutama yang secara khusus ditujukan kepada pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Dua kekalahan memalukan saat dibungkam Arsenal, 0-1, di Stadion Old Trafford, akhir pekan lalu, dan dibekap Istanbul Basaksehir, 1-2, tengah pekan lalu, memang meningkatkan tekanan terhadap Solskjaer. 

Seperti dilansir BBC, apabila United mengalami kekalahan besar pada laga kontra Everton, manajemen United hampir dipastikan bakal mencari pelatih pengganti. Namun, sekali lagi, pelatih asal Norwegia itu lolos dari lubang jarum.

Situasi genting ini bukan pertama yang dihadapi Solskjaer  terkait ancaman pemecatannya sebagai pelatih United. Saat United dicukur Tottenham, 1-6, di Old Trafford, awal bulan lalu, Solskjaer kembali menjadi sorotan. Namun, United bisa bangkit, termasuk dengan kemenangan atas Newcastle United dan menahan imbang Chelsea. Tidak hanya itu, United juga mampu membungkam dua semifinalis Liga Champions musim lalu, Paris Saint Germain dan RB Leipzig.

Cerita kurang lebih sama juga tersaji dalam perjalanan United pada musim lalu. Pelatih berusia 47 tahun disebut-sebut bakal dipecat akibat hanya mampu mengantarkan United bertengger di peringkat ke-10 pada November. Perlahan United mampu bangkit dan akhirnya finis di peringkat ketiga.

Kegagalan mempertahankan konsistensi performa menjadi problem terbesar United di bawah kendali Solskjaer. Catatan statistik terakhir United di pentas Liga Primer Inggris dan Liga Champions pun dinilai cukup tepat menggambarkan inkonsistensi performa United.

''Tidak ada yang suka dikritik, begitu pun para pemain saya. Tugas utama saya sekarang adalah memastikan kami bisa menjaga performa ini,'' tutur Solskjaer seperti dilansir BBC, Ahad (8/11).

Menariknya, pemain yang menjadi aktor utama kemenangan United atas Everton adalah Bruno Fernandes. Sebelumnya, gelandang asal Portugal itu disebut-sebut kecewa dengan taktik dan formasi yang diterapkan Solskjaer. Hubungan antara Solskjaer dan Fernades dikabarkan sempat renggang. Meski sempat dibantah, rumor itu masih terus bergulir, terutama di media-media asal Inggris.

Sejak didatangkan United pada pertengahan musim lalu, gelandang berusia 26 tahun itu memang langsung mampu beradaptasi dengan permainan United. Tercatat, eks gelandang Sporting Lisbon itu telah mencetak enam gol dan lima assist dari 11 penampilan dalam semua ajang pada musim ini.

Tidak hanya itu, Fernades juga terlibat secara aktif dalam 15 gol United dari 10 kesempatannya tampil pada laga tandang di pentas Liga Primer Inggris. Namun, Solskjaer tetap memiliki catatan atas penampilan Fernandes.

''Terkadang saya juga frustrasi melihat dia tidak berada di posisinya. Seharusnya, dia menerima operan di posisinya, tapi ternyata dia tidak ada di situ. Namun, saat Anda memiliki pemain yang bisa menginspirasi performa rekan-rekan setimnya, tentu Anda akan sangat bahagia,'' tutur Solskjaer dalam laman resmi klub.

Selain Fernandes, Solskjaer juga memuji performa penyerang asal Uruguay, Edinson Cavani. Gol debut Cavani bagi United dalam laga kontra Everton, kata Solskjaer, akan menjadi pembuka dari keran gol berikutnya. ''Gol pertama itu bisa sedikit mengangkat beban di pundaknya. Sekarang, dia semakin bugar dan kian tajam. Dia sudah siap untuk bisa menjadi andalan di lini depan,'' ujar Solskjaer.

Terlepas dari kemenangan atas Everton, Manchester United belum bisa beranjak dari papan bawah klasemen sementara Liga Primer Inggris. Baru memainkan tujuh laga, United masih terpuruk di peringkat ke-14 dengan raihan 10 poin. Pada laga berikutnya, United akan menerima lawatan West Bromwich Albion pada 21 November mendatang.

 

Hasil Pertandingan

Sabtu (7/11)

Everton vs Manchester United 1-3

Crystal Palace vs Leeds United 4-1

Ahad (8/11) dini hari WIB 

Chelsea vs Sheffield United 4-1

West Ham United vs Fulham 1-0

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat