Smarfren terus melakukan optimalisasi jaringan selama pandemi. | Dok Smartfren

Inovasi

04 Nov 2020, 17:44 WIB

Fokus Perkuat Jaringan dan Layanan

Peningkatan trafik didominasi oleh wilayah permukiman.

 

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah mendorong perubahan besar dalam pemanfaatan internet. Seiring berbagai perubahan yang terjadi, Smartfren mencatat peningkatan trafik di berbagai wilayah operasional, dengan kenaikan tertinggi terjadi di wilayah permukiman. 

Untuk merespon kenaikan tersebut Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas, coverage serta optimasi jaringan. Pada paruh kedua 2020, kenaikan trafik secara nasional tercatat mencapai 24 persen dibandingkan paruh pertama 2020. Kenaikan trafik terbesar terjadi di Samarinda yang mencapai 58 persen, kemudian Semarang mencapai 38 persen dan Balikpapan mencapai 36 persen. Guna merespon kenaikan tersebut, Smartfren terus melakukan optimasi jaringan secara nasional. 

“Kenaikan trafik ini rata-rata terjadi memang karena perubahan, kegiatan sekolah hingga bekerja. Smartfren pun terus memperluas coverage dengan mengoptimasi 42 persen dari keseluruhan network, dan masih terus bertambah,” ungkap Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations and Communications Smartfren dalam Smartfren Technology Update, Rabu (4/11). 

Selain itu, ia menambahkan, Smartfren juga telh menerapkan berbagai teknologi yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi. Saat ini Smartfren telah menerapkan sejumlah teknologi pada seluruh aspek jaringan, yaitu multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4x4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM. 

Semuanya berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada perangkat-perangkat yang mendukung.

Dari sisi produk, Smartfren juga menawarkan Kuota Nonstop dan eSIM Smartfren. Kuota Nonstop hadir dengan fitur kuota utama 24 jam untuk semua aplikasi, serta akses internet nonstop setelah kuota utama habis. Sedangkan eSIM Smartfren terbaru sudah bisa dipesan secara digital tanpa harus keluar rumah sama sekali.

photo
Paket Halo Unlimited untuk pelanggan pascabayar Telkomsel menawarkan akes unlimited ke berbagai aplikasi. - (Dok Telkomsel )

Akses tanpa batas juga ditawarkan Telkomsel dengan meluncurkan paket terbaru untuk layanan pascabayar KartuHalo yaitu Paket Halo Unlimited. Paket data ini telah hadir sejak 28 Oktober 2020 di berbagai titik layanan Telkomsel, baik Grapari maupun layanan pelanggan daring. 

Vice President Postpaid Consumer, International Roaming and Interconnect Telkomsel Bernadus Wahyu Wijayanto mengatakan, Telkomsel berupaya memperkuat prinsip customer-centricity dalam menghadirkan produk dan layanan yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan. “Paket Halo Unlimited menjadi salah satu wujud nyata dari upaya tersebut, dengan memberikan akses yang nyaman bagi pelanggan pascabayar mendapatkan pengalaman terbaik saat streaming video dan musik, bermain gim, atau berelanja,” ujarnya. 

Paket Halo Unlimited menyediakan berbagai pilihan paket data dengan harga mulai dari Rp 100 ribu. Setiap pembelian yang dilakukan, pelanggan dapat menikmati kuota data hingga 150GB, kuota telepon hingga 1.000 menit, kuota SMS hingga 2.000 SMS, kuota roaming internasional hingga 500MB, serta paket berlangganan berbagai layanan video on-demand

Menurut Bernadus, paket baru ini diharapkan dapat memperdalam adopsi gaya hidup digital pelanggan. Sekaligus mengajak lebih banyak lagi pelanggan untuk menjalani gaya hidup digital yang memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. 

 
Kenaikan trafik terbesar terjadi di Samarinda yang mencapai 58 persen, kemudian Semarang mencapai 38 persen dan Balikpapan mencapai 36 persen. 
 
 

 

 


×