Para pemain Atletico Madrid sedang berlatih. | EPA-EFE/J.J. GuillÈn
21 Oct 2020, 07:10 WIB

Atletico Madrid Berharap Kemenangan di Los Rojiblancos

Atletico Madrid memiliki beban sejarah menghadapi tim-tim Jerman 

 

 

 

MUENCHEN -- Empat hari setelah meraih kemenangan, 2-0, di markas Celta Vigo pada jornada keenam  La Liga, Sabtu (17/10) malam WIB, Atletico Madrid sudah harus terbang ke Muenchen, Jerman. Los Rojiblancos sudah ditunggu tim tuan rumah, Bayern Muenchen di Stadion Allianz Arena dalam laga pembuka Grup A Liga Champions, Kamis (22/10) dini hari WIB.

Terkait

Dengan status Die Bayern sebagai peraih treble winners musim lalu, termasuk dengan mahkota Liga Champions, rasanya sudah cukup menjadikan laga sebagai laga terberat buat Los Rojiblancos dalam kiprah mereka pada fase awal musim ini. Apalagi, Atletico memiliki beban sejarah menghadapi tim-tim Jerman di pentas kompetisi Eropa. 

Pada musim lalu, ambisi Atletico Madrid untuk melaju ke babak semifinal Liga Champions harus dihentikan oleh tim asal Jerman, RB Leipzig 1-2 di babak perempat final. Padahal, Atletico Madrid sudah mampu menyingkirkan juara bertahan, Liverpool, di fase 16 besar.  Sebelumnya,  Los Rojiblancos tercatat alami enam kali kekalahan dari tujuh lawatan terakhir ke markas tim asal Jerman di Liga Champions. 

Dengan semua catatan minor ini, Atletico Madrid pun mesti menghadapi Die Bayern, tim pertama yang mampu meraih kemenangan sempurna dalam langkah merengkuh trofi Liga Champions, yaitu dengan 11 kemenangan beruntun pada musim lalu. ''Kami akan menghadapi tim terbaik di dunia saat ini. Itu adalah laga penting, yang menandai langkah pertama kami di Liga Champions musim ini,'' ungkap Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone seperti dilansir Beinsports, awal pekan ini.

Atletico butuh kepercayaan diri jelang lawatan ke Stadion Allianz Arena. Disinilah peran penting Luis Suarez. Striker asal Uruguay itu bakal menjadi tumpuan dalam membongkar pertahanan Muenchen. Suarez yang direkrut dari Barcelona mampu dengan cepat beradaptasi dengan gaya permainan El Atleti. Mencetak tiga gol dan satu assist dalam empat penampilan bersama Atletico Madrid di pentas La Liga musim ini menjadi buktinya. 

''Hal terpenting sekarang adalah, kami bisa kembali mencetak gol dan hal ini meningkatkan kepercayaan diri tim untuk bisa memperbaiki performa,'' ujar striker Atletico Madrid, Luis Suarez, seperti dilansir OneFootball, awal pekan ini.

 

 

Kami bisa kembali mencetak gol dan hal ini meningkatkan kepercayaan diri tim untuk bisa memperbaiki performa

 

LUIS SUAREZ, Striker Atletico Madrid
 
photo
Pemain Atletico Madrid sedang berlatih di sebuah stadion awal Oktober lalu. - (EPA-EFE/ALEX MARIN / Atleticodemadrid.com)

Eks striker Ajax Amsterdam itu akan mengantikan peran Diego Costa yang diragukan tampil karena mengalami cedera otot. Suarez akan ditopang oleh Joao Felix, yang dapat ditempatkan sebagai second striker ataupun winger. Pun dengan kehadiran Marcos Llorente, yang kerap diturunkan sebagai gelandang serang.

Di sisi lain, Muenchen tengah dalam kepercayaan diri tinggi. Kemenangan 4-1 atas Arminia Bielefeld di lanjutan Bundesliga, akhir pekan lalu, melanjutkan tren positif performa Die Bayern. Itu menjadi kemenangan ketiga Muenchen di semua ajang setelah menelan kekalahan mengejutkan dari Hoffenheim, 1-4, akhir bulan lalu.

Kendati begitu, bukan berarti performa Muenchen tanpa sorotan. Rapuhnya lini belakang, yang ditandai kebobolan sembilan gol dari enam laga terakhir di semua ajang, menjadi bahan evaluasi terbesar pelatih Hansi Flick.

''Tentu saja, kami bisa tampil lebih baik dalam hal pertahanan. Namun, hal itu dapat dimaklumi karena waktu latihan yang begitu sempit. Ini menjadi tantangan tersendiri buat kami. Tidak ada cara lain, kami harus memperbaiki kinerja sektor pertahanan,'' kata Flick seperti dilansir laman resmi klub, awal pekan ini.

Kembalinya Joshua Kimmich tentu bisa meningkatkan performa pertahanan Muenchen di laga kontra Atletico. Pemain yang bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan dan bek sayap itu sempat absen di laga kontra Bielefeld lantaran harus mendampingi istrinya yang tengah melahirkan. Kimmich kabarnya akan kembali berduet dengan Leon Goretzka di posisi gelandang bertahan.  

Di lini depan, penyerang asal Polandia, Robert Lewandowski masih diandalkan Muenchen. Pada awal musim ini, striker berusia 32 tahun itu sukses mencetak tujuh gol dan empat assist dari enam penampilan di semua ajang.  “Liga Champions akan selalu spesial dan kami sudah mempersiapkan diri dengan baik,'' kata Lewandowski di laman resmi klub.

 


,
×