Lemari pintar dari LG | Dok LG Electronics

Inovasi

Sterilisasi dengan Penuh Gaya

Kebersihan kini menjadi salah satu aspek kehidupan yang mendapat perhatian besar dari masyarakat. 

Saat ini, kesehatan dan kebersihan menjadi pusat perhatian hampir semua lapisan masyarakat. Berbagai cara pun dilakukan agar kita selalu dapat menjaga kebersihan. 

Dalam perkembangannya, selama pandemi muncul pula berbagai produk baru yang hadir untuk kian memudahkan masyarakat menjaga kebersihan, sekaligus mewujudkan hidup yang lebih sehat. Pekan lalu, di Jakarta, LG Electronics Indonesia (LG) resmi memulai pemasaran LG Styler. 

Produk baru ini, merupakan bagian koleksi seri Hygiene Care Solution yang mewakili varian produk elektronik LG dengan fokus dukungan penjagaan kesehatan dan higienitas. Julukan sebagai lemari pintar pun merujuk pada kemampuannya dalam memelihara kesegaran sekaligus higienitas pakaian. 

Home Appliances Business Leader of PT LG Electronics Indonesia, Jun Yub Lee menjelaskan, kehadiran LG Styler membawa dimensi baru dalam perawatan pakaian di rumah. “Produk ini menjaga pakaian tetap higienis, berbau segar, dan memastikannya siap dalam kondisi terbaik saat akan digunakan,” ujar Lee. 

Dari sisi bentuk, ia melanjutkan, LG Styler tampil dalam bentuk ringkas dengan tubuh menjulang. Permukaan depannya hadir rapi tanpa tonjolan berkat terapan tombol sentuh LED untuk seluruh kendali fiturnya. Estetika bentuk minimalis ini berpadu dengan terapan warna cokelat gelap pada material khusus pada tubuhnya, memancarkan kesan elegan yang sangat kuat. 

Saat membuka pintu, akan terdapat tiga tempat menggantungkan berbagai jenis pakaian untuk perawatan. Bentuknya yang tinggi menjulang, memberikan ruang cukup di bawah pakaian sebagai tempat yang dapat dimanfaatkan untuk menaruh bantal atau pun boneka berbahan lembut. 

photo
Lemari pintar LG - (DOK LG Indonesia)

Sementara pada bagian sisi dalam pintunya, terdapat tempat untuk menggantungkan celana yang sekaligus dilengkapi dengan rancangan khusus untuk membuatnya rapi dari kerutan. Kemampuan LG Styler dalam pemeliharaan kesegaran dan higienitas pakaian ini terkait erat dengan terapan teknologi inovatif LG bernama TrueSteam. 

Nama ini merujuk pada uap air yang dihasilkan benar-benar berasal dari proses pemanasan air yang terletak pada bak di bagian paling bawah. Suhu panas inilah yang kemudian mengalir melalui beberapa titik dalam kabin LG Styler. “Perawatan dengan LG Styler benar-benar 100 persen menggunakan uap air, tanpa tambahan bahan kimia apapun,” ungkap Rumbi Simanjuntak selaku Head of Product Marketing Home Appliances PT LG Electronics Indonesia.

Menurutnya, LG Styler dirancang demikian agar lebih aman bagi segala kemungkinan reaksi tertentu yang mungkin timbul bagi pengguna maupun kualitas pakaian. Ditawarkan dengan kisaran harga antara Rp 20 hingga Rp 30  juta, LG Styler memiliki berbagai pilihan menu siklus perawatan berbagai jenis pakaian dan bahkan produk lain seperti tas maupun jaket dengan bahan pembuat yang selama ini susah dibersihkan. 

Seperti bahan dasar kulit maupun bahan lembut yang menuntut perawatan khusus dalam pembersihan. Siklus perawatan ini menjadi kolaborasi kerja uap panas dan gantungan pakaian yang bergoyang saat proses perawatan dilakukan.

Selain kepintaran dalam hal perawatan, perangkat ini juga dilengkapi dengan opsi pengoperasian jarak jauh. Dengan aplikasi LG ThinQ yang dapat diunduh pada smartphone berbasis Android maupun iOS, pengguna juga akan dapat mengoperasikan dan memantau operasional LG Styler dari via keterhubungan WiFi.

Bersihkan dengan Mudah

photo
Portable dishwasher Artugo - (Dok Artugo)

Besarnya perhatian masyarakat kepada aspek kebersihan dalam kehidupan sehari-hari, tercermin pula dalam usaha menjaga higienitas berbagai peralatan makan. Pekan lalu, PT Kreasi Arduo Indonesia, pemegang merek Artugo, memperkenalkan produk pencuci piring portabel, CD 1742AB dan CD 1740 AR. 

CEO PT Kreasi Arduo Indonesia, Robert Widjaja, menjelaskan, peralatan makan merupakan peranti vital yang digunakan setiap hari. Kitapun tak boleh abai terhadap kebersihan dan kehigienisannya. Jangan sampai, nilai gizi yang seharusnya kita dapatkan melalui makanan, terkontaminasi dengan kuman dan bakteri yang ada dalam peralatan makan.

Terlebih bagi balita yang memang daya tahannya belum sebaik orang dewasa, peralatan makan maupun botol minum yang digunakan sudah pasti harus steril. Namun sayangnya, seringkali kegiatan mensterilkan peralatan makan membawa kerepotan tersendiri karena harus membilas berulang-ulang bahkan dengan air panas. Tentu bukan hal yang ideal, bila kita tidak memiliki waktu yang banyak.

Menurutnya, meningkatnya tren hidup sehat memerlukan dukungan berbagai produk penunjang. "Dua tipe compact dishwasher ini merupakan produk inovatif terbaru dari Artugo yang dirancang sebagai solusi. Tak hanya memastikan peranti makan agar steril namun juga memberikan kepraktisan," Robert melanjutkan.

Dengan berbagai fitur, salah satunya ozonizer, yang mampu mengakomodir segala macam peranti makan. Mulai dari, kebutuhan orang dewasa, balita, dan terutama untuk peralatan bayi. Dengan adanya fitur ozonizer, kedua mesin cuci piring bukaan atas ini mampu melakukan pencucian buah, sayur, bahkan daging ayam atau ikan. Sisa pestisida dan kotoran yang masih menempel pun akan luruh dengan sempurna, sehingga jauh lebih aman dikonsumsi.

Republika pun berkesempatan menjajal perangkat CD 1742AB. Untuk bisa digunakan, konsumen perlu memikirkan sistem aliran air dan pembuangan terlebih dahulu. 

Setelah instalasi berhasil dilakukan, perangkat ini sudah bisa dioperasikan dengan digital display dan touch control. Sebelum menyalakan alat, kita perlu terlebih dahulu menata alat-alat makan ke dalam rak-rak yang sudah tersedia di dalam perangkat. 

Dalam satu kali proses pencucian, kita bisa mencuci lebih kurang empat buah piring, empat buah gelas atau mug, empat mangkok, dan belasan peralatan makan lainnya, seperti sendok, garpu, atau pisau. 

Perangkat yang ditawarkan seharga Rp 5,5 juta ini memiliki beberapa model pencucian yang bisa kita pilih, di antaranya eco, rapid, intensive, dan normal. Selain itu, ada pula program khusus untuk meng-higieniskan buah-buahan atau peralatan makan bayi. 

Ada beberapa pilihan waktu berbeda dalam setiap program yang kita pilih. Waktu penggunaan yang paling singkat adalah untuk menserilissai buah, yaitu sekitar 18 menit. Sementara waktu penggunaan yang paling lama adalah untu mode eco yang memakan waktu sekitar 90 menit. 

Untuk mode yang mungkin paling uum, yaitu mencuci peralatan makan secara normal perangkat ini memerlukan waktu sekitar 28 menit. Di rentang waktu ini, mesin akan melakukan pencucian sekaligus sterilissai peralatan makan dengan uap panas. 

Jadi, ketika mesin berbunyi yang menandakan peralatan makan telah selesai dibersihkan, ada baiknya konsumen jangan langsung membuka pintu atas penutup alat. Karena, peralatan makan biasanya masih berada dalam kondisi yang sangat panas. 

Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan mesin pencuci piring adalah, kita tidak bisa menggunakan sabun cuci piring yang umumnya kita pakai. Mesin pencuci piring, memerlukan sabun deterjen khusus sebagai teman untuk membersihkan berbagai peralatan makan kita. 

Biasanya, deterjen untuk mesin pencuci piring ini dijual terpisah. Artugo pun menyediakan deterjen khusus untuk digunakan konsumen yang memiliki mesin pencuci piring yang bisa dibeli konsumen secara terpisah. 

 
Dengan adanya fitur ozonizer, kedua mesin cuci piring bukaan atas ini mampu melakukan pencucian buah, sayur, bahkan daging ayam atau ikan. 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat