Petugas memeriksa barang bawaan peserta dengan bantuan metal detektor untuk mengurangi kontak fisik sebelum dimulai tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Kediri, Jawa Timur, Selasa (6/10). | Prasetia FauzaniANTARA FOTO
07 Oct 2020, 05:00 WIB

Satgas: Tak Ada Zona Merah Covid-19 di Jatim dan Sulsel

Zona merah di Jatim dan Sulsel pada pekan ini seluruhnya sudah berpindah menjadi zona oranye.

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito menyatakan, tak ada lagi kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang masuk kategori zona merah pada pekan ini. Jatim bahkan memiliki angka kesembuhan tertinggi pada pekan ini, yakni 88,53 persen.

“Dari segi zona risiko kabupaten/kota dari zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan pada pekan ini seluruhnya sudah berpindah menjadi zona oranye. Ini artinya tidak ada lagi zona merah di Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/10).

Wiku mengatakan, tujuh dari sepuluh provinsi prioritas penanganan Covid pun pada pekan ini memiliki persentase kesembuhan di atas 70 persen. Menurut dia, perkembangan penanganan Covid di sepuluh provinsi prioritas kini semakin membaik.

Dari jumlah kasus positif mingguan, enam dari sepuluh provinsi prioritas tercatat mengalami penurunan jumlah kasus yang cukup signifikan. Yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan. “Penurunan paling signifikan terjadi di Sulawesi Selatan sebesar 30,1 persen dan di Jawa Barat 28,5 persen,” kata Wiku.

Terkait

photo
Peserta menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) sebelum mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Kediri, Jawa Timur, Selasa (6/10). - (Prasetia Fauzani/ANTARA FOTO)

Sedangkan dari jumlah kasus meninggal mingguan, empat dari sepuluh provinsi juga mengalami penurunan cukup signifikan yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Bali. Penurunan yang paling signifikan terjadi di Provinsi DKI Jakarta sebesar 62,4 persen.

Lebih lanjut, Wiku juga menyoroti daerah yang masih menjadi penyumbang kasus positif atau kematian tertinggi. Di antaranya yakni Kota Medan, Jakarta Pusat, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Banjarmasin, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Jayapura, dan Kota Banda Aceh.

“Mohon kepada gubernur dan wali kota untuk dapat berkoordinasi dan benar-benar dapat menekan angka penularan dan kematian di kabupaten/kota tersebut dan selalu berkoordinasi dengan kami di satgas pusat agar betul-betul terjadi sinergi yang baik,” ujar Wiku.

Per Selasa (6/10), ditemukan kasus baru Covid-19 sebanyak 4.056 sehingga secara kumulatif kasus nasional mencapai 311.176. Kasus harian ini lebih tinggi dibandingkan hari Senin (5/10), yakni 3.622 kasus. Selain itu, Satgas juga mencatat jumlah kasus sembuh pada hari ini yang sebanyak 3.844 kasus. Sedangkan jumlah kasus meninggal dilaporkan sebanyak 121 orang.

photo
Pesepeda menaiki eskalator di dalam area Nipah Mall di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (30/9). - (ARNAS PADDA/ANTARA FOTO)

Satgas mencatat, penyumbang terbesar penambahan kasus Covid pada Selasa (6/10) masih berasal dari Provinsi DKI Jakarta yang sebanyak 1.107 kasus. Kemudian disusul Jawa Barat sebanyak 508. Di posisi ketiga yakni Jawa Tengah dengan 400 kasus, Jawa Timur dengan 282 kasus, dan Kalimantan Timur sebanyak 200 kasus baru.


×