Foto peresmian Republika Online pada 1995. | Dok Republika

Kabar Utama

25 Tahun Berkarya untuk Bangsa

Acara puncak HUT Republika Online turut diramaikan dengan pemberian penghargaan kepada 25 anak muda inspiratif.

JAKARTA -- Selama 25 tahun, Republika.co.id hadir memberikan informasi kepada masyarakat. Menjadi media daring pertama di Tanah Air, Republika.co.id turut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan, Republika.co.id menghadirkan berita-berita yang hangat dan berfokus pada keumatan. Ia berharap Republika.co.id bisa terus memberikan warna yang bagus bagi Indonesia. "Serta selalu memberikan konten-konten kredibel yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Irfan saat memberikan sambutan di acara puncak HUT ke-25 Republika Online yang digelar secara virtual pada Senin (5/10). 

Acara puncak HUT Republika Online yang bertajuk "Karya untuk Bangsa" turut diramaikan dengan pemberian penghargaan kepada 25 anak muda inspiratif, penampilan Republikustik, pengumuman lomba video dan foto "Pamer Kuy" (pakai masker yuk), serta 25 ucapan HUT dari berbagai kalangan, mulai dari para pejabat, figur publik, hingga pebisnis.

Rangkaian acara HUT Republika Online didukung oleh sejumlah mitra, yaitu PT Pertamina Persero, BTN Syariah, Huawei Indonesia, PLN, Adaro, Yayasan Artha Graha Peduli, BNI, MIND ID, Bank BRI, Bank Mandiri, Telkomsel, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, BCA Syariah, BTPN Syariah, dan Alfamart.

Irfan Junaidi juga berharap Republika.co.id dapat memberikan sumbangsih, baik dalam sektor ekonomi, politik, budaya, sosial, maupun agama. Ia mengatakan, Republika.co.id tidak akan berhenti bertransformasi dan berinovasi untuk bisa menghadirkan konten-konten terbaik yang dibutuhkan masyarakat luas. 

“Kami meminta doa agar semoga perjalanan Republika.co.id diberikan jalan yang lebih lancar, lurus, dan makin banyak memberikan manfaat secara luas,” kata Irfan.

Ucapan dan harapan atas ulang tahun ke-25 Republika.co.id datang dari sejumlah pejabat, di antaranya Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.  

“Selamat untuk Republika.co.id atas kiprahnya selama 25 tahun dan menjadi bagian dari sejarah media daring di Indonesia,” ujar Kiai Ma’ruf. 

Menurut Wapres, Republika.co.id secara konsisten hadir di seluruh wilayah NKRI dengan suguhan informasi yang berkualitas dan tepercaya. Ia berharap Republika.co.id senantiasa menjadi portal berita yang inovatif dan turut berkontribusi nyata dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Wapres menambahkan, Republika.co.id kerap menghadirkan kolom khas yang selama ini sangat bermanfaat memberikan kesejukan hati dan keluasan wawasan bagi pembacanya. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan menyampaikan harapan agar Republika.co.id terus menjadi media yang memiliki jati diri dan menjadi pemersatu umat. Sementara, Menteri BUMN Erick Thohir berpesan agar Republika.co.id dapat memanfaatkan kesempatan pada masa pandemi ini karena semua orang harus masuk lebih cepat pada era digital. 

Erick dalam ucapannya melalui rekaman video juga mengapresiasi keluarga besar Republika

“Keluarga Republika selalu di hati saya. Dedikasi semua orang yang bekerja sangat saya hargai. Semua memiliki kontribusi yang luar biasa dari wartawan hingga pemred, office boy, editor, semua bahu-membahu menjaga khitah Republika di ranah daring,” kata Erick.

Menlu Retno Marsudi turut menyampaikan ucapan selamat. Ia meyakini Republika.co.id pada masa 25 tahun mendatang dan seterusnya dapat terus menyajikan berita yang aktual, tepercaya, dan bermanfaat bagi umat dan semua orang.

Redaktur Pelaksana Republika Online Elba Damhuri menyampaikan, 25 tahun adalah sebuah usia yang tidak muda bagi sebuah media. Ia menekankan, prinsip jurnalistik selalu dipegang teguh Republika.co.id dalam memberikan karya-karya kepada masyarakat dan pembaca. 

Informasi yang begitu cepat setiap harinya menjadi tantangan sendiri bagi media untuk terus memberi edukasi serta menyampaikan kebenaran. “Republika.co.id menjadikan prinsip-prinsip dasar jurnalistik sebagai basis kerja untuk terus menyajikan berita yang kredibel, valid, dan aktual,” ujar Elba.

Elba menekankan, setiap berita yang tayang di Republika.co.id telah melewati proses panjang. Mulai dari verifikasi data pihak-pihak terkait, cover both side, dan fairness.

Terkait rangkaian acara peringatan HUT ke-25, Republika.co.id dalam satu bulan belakangan menggelar sejumlah kegiatan yang dapat memberikan sumbangsih penting bagi masyarakat, mulai dari pelatihan jurnalistik digital, pelatihan menulis, hingga pelatihan fotografi. 

Pelatihan UMKM juga menjadi salah satu kegiatan yang digelar. Elba mengatakan, pelatihan UMKM sangat penting mengingat pandemi berdampak besar terhadap perekonomian. 

Republika.co.id juga mengadakan kegiatan social sharing dengan sejumlah pengurus masjid di Jakarta dan sekitarnya, termasuk memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar yang kekurangan dengan bantuan pokok. 

“Kami juga mengadakan kampanye memakai masker yang penting sekali sebagai salah atau upaya menjaga diri agar terhindar dari Covid-19," kata Elba. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat