Penjual hewan kurban memperlihatkan sistem pembayaran daring dengan kode Quick Respons (QR) yang diterapkan di lapak hewan kurban miliknya di Sawojajar, Malang, Jawa Timur, Sabtu (25/7/2020). | ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO

Khazanah

Mana Lebih Utama, Kurban Kambing atau Patungan Sapi?

Tak sedikit masyarakat yang berkurban dengan berkongsi atau patungan membeli sapi.

OLEH UMAR MUKHTAR

Menjelang Idul Adha, tak sedikit masyarakat Muslim yang berkurban dengan cara berkongsi atau patungan membeli sapi. Namun, ada pula yang langsung membeli seekor kambing atau domba tanpa patungan. Sebetulnya, mana di antara keduanya yang lebih utama?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, pengajar Ma'had Daarussunnah Bekasi Ustaz Muhammad Azizan menjelaskan tentang jenis hewan yang paling utama dikurbankan. Menurut dia, para ulama berbeda pendapat mengenai hal itu.

Imam Abu Hanifah, Imam Syafii, dan Imam Ahmad berpendapat, hewan kurban yang terbaik untuk dikurbankan sesuai urutan adalah unta, sapi, dan kambing atau domba. Semua hewan ini dikurbankan secara sendirian tanpa berkongsi.

Urutan tersebut didasarkan pada hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang mandi janabah pada Jumat, kemudian berangkat ke masjid, maka seolah-olah ia berkurban seekor unta. Siapa yang berangkat di waktu kedua maka seolah-olah ia menyembelih seekor sapi. Siapa yang berangkat di waktu ketiga, seolah-olah ia menyembelih seekor kambing."

Sementara, mazhab Malikiyah berpendapat, berkurban seekor kambing/domba lebih baik daripada berkurban seekor unta maupun sapi. Hal ini didasarkan pada Hadis Anas bin Malik yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Nabi SAW menyembelih dua ekor domba jantan yang bertanduk besar, beliau membaca tasmiyah dan bertakbir (ketika menyembelih), demikian bunyi hadis tersebut.

Dalam kitab Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab dijelaskan mengenai alasan Rasulullah SAW berkurban dua ekor domba jantan itu. Pertama, beliau ingin menyampaikan soal bolehnya berkurban dengan jenis kambing atau domba. Kedua, kemungkinan saat itu Rasulullah SAW belum memiliki harta yang cukup untuk menyembelih unta atau sapi.

Lantas, pendapat mana yang lebih kuat? Pendapat jumhur ulama, yaitu menyembelih seekor unta sendirian itu lebih utama. "Jika tak mampu maka yang utama adalah berkurban seekor sapi sendirian. Dan jika tak mampu, yang utama menyembelih seekor kambing atau domba," kata Ustaz Azizan kepada Republika, Jumat (24/7).

Alumnus Fakultas Syariah Universitas Al-Imam Muhammad Bin Su'ud Riyadh Cabang Jakarta itu mengatakan, pendapat jumhur ulama tersebut didasarkan pada hadis pertama yang telah disebutkan dan juga karena unta dan sapi lebih banyak dagingnya sehingga manfaatnya pun lebih luas.

Imam Nawawi pun menyampaikan, berkurban dengan seekor kambing/domba itu lebih utama dibandingkan dengan berkongsi tujuh orang untuk berkurban unta atau sapi dengan dilandasi kesepakatan tentunya. Pendapat ini pula yang dipegang ulama Syafiiyah.

"Dan berkurban dengan tujuh ekor kambing lebih utama daripada menyembelih seekor unta atau sapi menurut pendapat yang lebih benar dari dua pendapat yang ada karena banyaknya darah yang ditumpahkan," ucap Ustaz Azizan mengutip pendapat Imam Nawawi.

 
Imam Abu Hanifah, Imam Syafii, dan Imam Ahmad berpen dapat, hewan kurban yang terbaik untuk dikurbankan sesuai urutan adalah unta, sapi, dan kambing atau domba.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat