Lenovo Legion 5 | Dok Lenovo Indonesia

Inovasi

Perangkat Pemuas Kebutuhan Era New Normal

Pasar gim di Indonesia telah meningkat sebesar 94 persen pada kuartal pertama 2020.

Banyak dinamika baru yang timbul selama pandemi berlangsung. Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, makin membuat orang melirik bermain gim sebagai kegiatan favorit.

Pekan lalu, di Jakarta, Lenovo Indonesia menghadirkan laptop gaming terbaru, yakni, Legion 5i, Legion 5 dan IdeaPad Gaming 3i. Customer Lead Lenovo Indonesia Julius Tjhin mengungkapkan, data dari perisahaan riset asal Jerman, GFK menunjukkan, pasar gaming di Indonesia telah meningkat sebesar 94 persen pada kuartal pertama 2020 dibandingkan kuartal pertama 2019. 

Menggunakan data yang sama, Lenovo Legion pun telah tumbuh 110 persen pada kuartal pertama 2020 dibandingkan kuartal pertama 2019. “Melihat peningkatan perangkat gaming dan pelanggan kami yang menyambut baik perangkat gaming, mendorong kami terus berinovasi dan menyediakan teknologi cerdas bagi seluruh masyarakat di Indonesia,” kata Julius. 

Lenovo Legion 5i hadir dengan dua prosesor, yakni Intel Core i5-10300H dan Intel Core i7-10750H. Laptop ini memiliki display 15,6 inci IPS dengan refresh rate hingga 120Hz untuk varian prosesor Intel Core i5-10300H. 

Sementara itu, display 15,6 inci IPS dengan proses Intel Core i7-10750H memiliki refresh rate hingga 144Hz. Lenovo juga menyematkan kartu grafis Nvidia GTX1650Ti pada dua varian Legion 5i ini.

Consumer Notebook 4P dan T1 Lenovo Indonesia, Kevin Adityo mengungkapkan, pengguna Legion 5i akan mendapatkan koneksi stabil melalui Wi-Fi 6. Selain itu perangkat ini juga dilengkapi dengan TrueStrike Keyboard dengan 100 persen anti-ghosting, yang bebas minyak dan antiabrasi.

Harga Lenovo Legion 5i Intel Core i5 10300H dibanderol dengan harga Rp 16,9 juta. Sedangkan, Legion Intel Core i7 10750H dibanderol dengan harga Rp 21,9 juta.

Bagi yang memerlukan perangkat gaming dengan harga lebih terjangkau, Lenovo juga meluncurkan IdeaPad Gaming 3i yang memiliki harga lebih terjangkau. Ada beberapa varian IdeaPad Gaming 3i 81Y4006LID, IdeaPad Gaming 3i 8IY40056ID, IdeaPad Gaming 3i 81Y400AUID dan 81Y400KEID.

IdeaPad Gaming 3i 81Y4006LID dilengkapi prosesor Intel Core i5 -10300H dan 8GB DDR4 2933H/512GB SSD NVMe, sementara IdeaPad Gaming 3i 8IY40056ID, IdeaPad Gaming 3i 81Y400AUID dan 81Y400KEID menggunakan Intel Core i7-10750H.

IdeaPad Gaming 3i dibekali dengan display 15,6 inci IPS dengan refresh rate hingga 120Hz, military grade testing build quality dan Wi-Fi 6. Military grade testing adalah tes yang dilakukan untuk memastikan laptop tahan cuaca ekstrem. 

Kevin mengungkapkan IdeaPad Gaming 3i tidak bekali dengan TrueStrike Keyboad, melainkan Advanced Gaming Keyboard. “Tombolnya tetap empuk dan  travel keynya hanya 1,5 milimeter,” ujar Kevin.

Keempat varian IdeaPad Gaming 3i dijual dengan harga berbeda. Yaitu, mulai dari Rp 12,9 juta hingga Rp 16,9 juta. Perangkat ini akan tersedia mulai Juni 2020.

Fokus dukung sektor UKM

photo
Seri HP Probook 405 - (Dok HP)

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, April 2020, sekitar satu juta pekerja di Jakarta bekerja dari rumah pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu tanda maraknya kegiatan bekerja dari rumah adalah kenaikan durasi waktu konferensi video.  

Perangkat yang tepat untuk terus meningkatkan produktivitas selama di rumah pun menjadi kian diperlukan. Pekan lalu, HP meluncurkan seri HP ProBook 405 terbaru untuk meningkatkan produktivitas pelaku UKM. 

HP bertujuan untuk mendukung transformasi digital pelaku UKM beradaptasi dengan new normal, baik yang bekerja dari rumah atau bersiap untuk kembali ke kantor. "Peluncuran seri HP ProBook 405 bentuk dukungan HP untuk membantu transformasi digital UKM," ujar Head of Personal System Category HP Indonesia, Ricky Handrian. 

Menurutnya, seri ProBook 405 ini telah menjalani 19 jenis pengujian berstandar militer. Ujian ini untuk menjawab kebutuhan pengguna terkait daya tahan perangkat yang berkelanjutan. “Dengan HP for Business, kami bertujuan mendukung UKM dengan teknologi, pengetahuan dan inovasi yang mereka butuhkan agar bisa berkembang dari mana pun mereka bekerja,” ujar Ricky.

Ekosistem menyeluruh ini, ia melajutkan, diharapkan dapat membantu UKM beradaptasi terhadap tahap kehidupan new normal berdasarkan kebutuhan gaya kerja mereka.

Dari segi prosesor, HP membenamkan teknologi dari AMD di seri perangkat terbarunya ini. “AMD terus berinovasi dalam memimpin momentum penjualan melalui prosesor AMD Ryzen Pro 4000 Mobile Series. “Kami terus memperluas penawaran dan jangkauan kami terhadap target market dan industri vertikal yang baru. Seri HP ProBook 405 membawa kinerja yang unggul, dengan daya tahan baterai lebih lama untuk UKM,” ujar Peter Chambers, selaku APAC Managing Director AMD.

Seri HP ProBook 405 terbaru memprioritaskan performa dan keamanan. Perangkat ini ditujukan bagi para pelaku UKM yang menginginkan teknologi terpercaya dan dapat diandalkan. 

Dengan ketahanan yang teruji, perangkat convertible serbabisa ini telah menjalani 19 jenis pengujian berstandar militer. Hal ini menjawab kebutuhan pembuat keputusan IT yang mengutamakan daya tahan perangkat.

Seri terbaru ini juga dilengkapi keamanan kelas bisnis, seperti HP Sure Start for AMD3 dengan self-healing Bios yang secara otomatis akan memulihkan diri dari serangan atau system corruption. 

Fitur HP Sure Sense4 yang dimilikinya, memanfaatkan tenaga deep learning AI untuk mengidentifikasi serangan yang belum pernah dikenali sebelumnya sehingga membantu pencegahan infeksi. 

Perangkat-perangkat terbaru dari HP ini akan tersedia mulai juli 2020, dengan kisaran harga mulai dai Rp 9 hingga Rp 11 juta.

 
Lenovo Legion pun telah tumbuh 110 persen pada kuartal pertama 2020 dibandingkan kuartal pertama 2019.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat