Timo Werner dari grup Red Bull Leipzig sedang membawa bola dalam sebuah pertandingan Bundesliga. | EPA-EFE/ALEXANDER

Olahraga

Akhir Manis Timo Werner di Bundesliga

Pada pekan terakhir Bundesliga melawan Augsburg, Timo Werner mencetak dua gol untuk membawa kemenangan Leipzig 2-1.

 

Berakhir sudah perjalanan Timo Werner di Bundesliga setelah Chelsea resmi mendapatkan tanda tangannya dengan harga 45 juta poundsterling atau sekitar Rp 794 miliar. The Blues mengikat Werner dengan durasi kontrak lima musim atau hingga Juni 2025.

Nama Werner mencuat setelah penampilannya musim ini bersama RB Leipzig luar biasa. Dikutip dari transfermarkt, tampil sebanyak 45 pertandingan di semua kompetisi, pemain 24 tahun itu mencetak 34 gol dan 13 assist. Catatan statistik yang luar biasa bagi pesepak bola.

Didatangkan Leipzig dari VfB Stuttgart pada 2016, ia mencatatkan permainan yang cukup konsisten. Pada musim 2016/2017 ia mencetak 21 gol dan lima assist dari 31 pertandingan di Bundesliga. Pada musim berikutnya sempat menurun karena hanya mempersembahkan 13 gol serta tujuh assist dalam 32 laga.

Pada musim 2018/2019, performa Werner kembali menanjak dengan mencetak 16 gol dan tujuh assist dalam 30 pertandingan. Musim ini dapat dibilang adalah musim terbaik Werner sebelum mengakhiri kisahnya di Bundesliga dan bersiap mengukir cerita baru di tanah Inggris musim depan. 

Pada pekan terakhir Bundesliga melawan Augsburg, Werner mencetak dua gol untuk membawa kemenangan Leipzig 2-1. Dua gol yang dicetak Werner dalam laga tersebut sangat istimewa karena ia dengan sah tercatat sebagai pencetak gol terbanyak klub sebanyak 95 gol dari 195 penampilan. Ia pun sukses mempersembahkan tiket Liga Champions musim depan karena Leipzig finis diurutan ketiga klasemen.

"Pertama, itu membuat saya sangat senang bahwa kami memenangkan pertandingan terakhir kami musim ini. Fakta bahwa saya adalah pencetak gol terbanyak membuat saya sangat bangga. Saya akan merindukan klub dan kota ini,” kata Werner tentang rekor golnya itu, dilansir Mirror, Ahad (28/6).

Dua gol dan sah menyandang pencetak gol terbanyak klub sebelum berseragam Chelsea bak pesan bahwa ia bukan pemain sembarangan. Ia bisa membantu Frank Lampard sebagai juru taktik Chelsea dalam perburuan gelar Liga Inggris musim depan. 

Chelsea memenangkan perburuan Werner yang bersaing dengan beberapa klub top Eropa, salah satunya juara Liga Inggris musim ini, Liverpool. Chelsea yang muncul belakangan dibandingkan the Reds tentang ketertarikannya kepada Werner justru mampu meyakinkan Werner untuk berlabuh ke Stamford Bridge.

Lampard tengah membangun skuat dengan kekuatan pemain muda yang energik. Tammy Abraham, Mason Mount, dan Michy Batshuayi bukti Lampard menyukai skuat muda. Werner bisa menjadi andalan baru Lampard di lini depan menyusul beberapa pemain akan hengkang, seperti Willian dan Pedro. 

Bukan tak mungkin Werner akan menjadi idola baru di hati penggemar Chelsea musim depan apabila mengacu kepada catatan statisiknya bersama Leipzig. Nama besarnya akan membuat Lampard dan penggemar menaruh harapan untuk membawa Chelsea bersaing dalam kompetisi domestik maupun Eropa musim depan.

Bundesliga kini sudah berakhir. Bayern Muenchen sebagai kampiun sukses menutup pekan terakhir dengan kemenangan telak 4-0 atas Wolfsburg. Sedangkan Borussia Dortmund yang berada di urutan kedua harus kalah 0-4 di kandang sendiri dari Hoffenheim.

Sedangkan dua klub akan mendapatkan tiket Liga Champions menemani Bayern dan Dortmund, yaitu RB Leipzig dan Borussia M Gladbach. Sedangkan Bayern Leverkusen dan TSG Hoffenheim meraih tiket Liga Europa.

Nasib tak baik harus diterima oleh SV Wender Bremen yang harus terdegradasi karena berada di urutan ke-16 klasemen akhir. Mereka ditemani oleh Fortunna Dusseldorf dan SC Paderborn O7.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat