Warga Rusia merayakan peringatan kekalahan Nazi Jerman di Alun-Alun Merah, Moskow, Sabtu (9/5) | AP/Victor Berezkin

Internasional

Dunia Waspada Pasca-Lockdown

WHO mengingatkan agar kewaspadaan ekstrem dipertahankan.

JENEWA — Sejumlah negara di dunia mulai melonggarkan penerapan karantina wilayah atau lockdown. Hal itu dilakukan meski mereka menyadari pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan agar kewaspadaan ekstrem tetap dipertahankan.

Prancis, Spanyol, India, Korea Selatan (Korsel), dan Rusia adalah beberapa negara yang mulai melonggarkan lockdown. Namun, langkah-langkah guna mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 kembali tetap diambil.

 Prancis telah memperlunak peraturan lockdown pada Senin (11/5). Namun, Presiden Prancis Emmanuel Macron berjanji negaranya akan tetap melakukan pengujian Covid-19 terhadap warganya. Targetnya sebanyak 700 ribu orang per pekan. Masih belum diketahui apakah otoritas di sana mampu mencapai angka tersebut. 

Spanyol, negara Eropa yang paling terpukul pandemi, juga mulai melonggarkan lockdown. Setelah menerapkan lockdown ketat selama tujuh pekan, warga Spanyol mulai diperkenankan keluar rumah sambil tetap menerapkan penjarakan fisik dan sosial. Beberapa tempat wisata pun kembali beroperasi.  

Otoritas Spanyol akan meminta pengunjung yang datang dari luar negeri pasca 15 Mei melakukan karantina mandiri selama dua pekan. Menurut Kementerian Kesehatan Spanyol, langkah itu dilakukan guna mencegah kasus impor Covid-19.  

Rusia turut melonggarkan lockdown pada Selasa. Langkah itu diambil meskipun negara tersebut masih mengalami peningkatan tajam kasus Covid-19. “Semua tindakan (terkait Covid-19) yang telah kami ambil memungkinkan kami untuk pindah ke langkah berikutnya dalam memerangi epidemi dan memulai pencabutan //lockdown// secara bertahap,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin lalu.  

Dengan pelonggaran lockdown, Rusia mengizinkan sektor-sektor ekonomi tertentu yang terimbas wabah Covid-19, seperti pertanian dan konstruksi, untuk memulai kembali aktivitasnya. Kendati demikian, Putin menegaskan, acara publik tetap dilarang. Warga berusia 65 tahun atau lebih diminta tinggal di rumah. 

photo
Anak-anak menonton pertunjukan oleh Yayasan Sirkus Nasional Venezuela di lingkungan San Juan di Caracas, Venezuela, Sabtu (9/5). Sirkus ini juga menampilkan pertunjukan live streaming di teater National Caracas selama lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona - ( AP / Matias Delacroix)

Putin meminta masyarakat mematuhi standar keselamatan baru yang lebih tinggi. “Kita tidak boleh membiarkan kerusakan, kemunduran, gelombang baru epidemi serta peningkatan komplikasi serius. Sekali lagi, tidak akan ada pencabutan pembatasan dengan cepat. Ini akan memakan waktu,” ujarnya. 

 Berpindah ke Asia, India, Singapura, dan Korsel turut memperlunak lockdown. Jaringan kereta api di India, yang merupakan denyut kehidupan di negara tersebut, telah beroperasi kembali setelah dihentikan sejak Maret. Namun, para penumpang hanya diizinkan memasuki stasiun jika tak menunjukkan gejala Covid-19 dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh. 

Singapura mulai mengizinkan salon, produsen dan gerai makanan, serta penatu menjalankan lagi bisnisnya. Pemerintah Singapura mengeklaim tingkat penularan Covid-19 di masyarakat telah menurun. Pembukaan kembali aktivitas ekonomi akan dilakukan secara bertahap. 

“Sekarang kita melihat beberapa harapan ketika banyak negara keluar dari apa yang disebut lockdown,” kata Direktur Eksekutif Program Kedaruratan WHO Dr Mike Ryan dalam sebuah konferensi pers virtual pada Selasa. Namun, dia memperingatkan kewaspadaan ekstrem tetap diperlukan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan pencabutan lockdown merupakan langkah yang kompleks dan sulit. Menurut dia, pelonggaran secara lambat dan bertahap adalah kunci untuk melindungi kehidupan serta mata pencaharian. “Sampai ada vaksin, paket langkah-langkah komprehensif adalah seperangkat alat kita yang paling efektif untuk mengatasi virus,” kata Ghebreyesus.  

Saat ini, terdapat lebih dari 4,1 juta kasus Covid-19 di seluruh dunia. Pandemi telah memakan sedikitnya 286 ribu jiwa.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat