Warga menunjukan surat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terdapat dalam paket bantuan sosial (Bansos) yang diberikan oleh pemprov DKI Jakarta di Wilayah RW 13, Keluarahan Pegangasaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (11/4). | Prayogi/Republika.

Jakarta

13 Apr 2020, 01:55 WIB

Puluhan Ribu Paket Bansos Didistribusikan

 

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus membagikan paket sembako bagian dari bantuan sosial (bansos) sebagai kompensasi dari penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. Sebanyak 18.559 paket bansos dibagikan kepada warga yang berhak di tiga kelurahan dari dua kecamatan di Jakarta Utara (Jakut) pada Ahad (12/4) sore WIB.

 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jakut Ali Maulana Hakim menjelaskan, pendistribusian paket sembako dilakukan di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, serta Kelurahan Kelapa Gading Barat dan Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading. "Masing-masing 14.893 di Kalibaru, 2.067 paket di Kelapa Gading Barat dan 1.599 paket di Kelapa Gading Timur," kata Ali di Jakarta, Ahad.

 

Dia menjelaskan, pendistribusian paket sembako diarahkan langsung ke masing-masing RW di lokasi warga menerima bantuan. "Penyaluran bantuan dibantu pihak kepolisian, TNI, dan Satpol PP agar berjalan tertib serta sesuai protokol social distancing," terang Ali.

 

Pada Sabtu (11/4) Pemprov DKI juga mendistribusikan 4.579 paket bansos kepada warga di 27 RW di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading. Pendistribusian paket bansos yang berisi komoditas bahan pokok, masker kain, dan sabun itu dipantau langsung oleh Ali yang merupakan wakil wali kota Jakut tersebut.

 

photo
Pengurus RT mengecek data sebelum mendistribusikan bantuan sosial (Bansos) yang diberikan oleh pemprov DKI Jakarta di Wilayah RW 13, Keluarahan Pegangasaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (11/4). - (Prayogi/Republika. )

 

Ali menuturkan, mengacu aturan PSBB, paket bansos memang didistribusikan dari rumah ke rumah warga melalui pengurus RT masing-masing. Langkah itu ditempuh demi mencegah kerumuman atau antrean warga yang berpotensi menyebarkan wabah korona.

 

Lurah Pegangsaan Dua Suci Cintya Polaputri mengatakan, sebanyak 4.579 paket bansos didistribusikan ke 27 RW sebelum dibagikan ke 214 RT. Dalam paket bansos tersebut, warga mendapatkan lima kilogram beras, dua bungkus biskuit, dua masker kain, dua kaleng sarden, 0,9 liter minyak goreng, dan dua batang sabun mandi. Secara umum, sambung dia, bansos didistribusikan bagi warga yang bekerja sebagai buruh dan pedagang kaki lima. "Kami harap, bansos ini dapat dimanfaatkan warga sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ucap Suci.

 

Maemunah (52 tahun), salah satu warga RT 02 RW 13 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, yang menerima paket sembako mengaku gembira dengan komitmen Pemprov DKI selama penerapan PSBB. Maemunah mengaku, tidak menyangka mendapat paket bansos yang dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. \"Saya tidak terpikir sama sekali akan dapat bantuan. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih," katanya.

 

Menurut Maemunah, paket bansos yang diberikan Pemprov DKI Jakarta sangat bermanfaat bagi warga yang tengah menjalani PSBB. Terlebih, isi dari paket bansos tersebut terbilang cukup variatif. Dia menuturkan, semenjak wabah korona merebak, suaminya yang sehari-hari bekerja mencari barang bekas menjadi sulit mendapatkan uang untuk makan sehari-hari. Makanya, bantuan ini begitu berarti bagi saya untuk menyambung hidup keluarga," tuturnya. n 


×