Sejumlah pesepakbola Timnas Indonesia U-18 melakukan latihan di Lapangan Becamex Binh Duong, Vietnam, Jumat (15/8/2019) Indonesia akan menghadapi Malaysia pada semifinal Piala AFF U-18 2019 di Vietnam pada Sabtu (17/8). | ANTARA FOTO

Olahraga

AFF Tunda Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19

 

 

JAKARTA -- Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memutuskan menunda pelaksanaan Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia. Menurut jadwal, Piala AFF akan digelar pada Juli. Sebulan berikutnya, akan digelar Piala AFF U-19. Satu kejuaraan lagi yang ditunda adalah Piala AFF Putri di Vietnam.

 

"Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi di seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepak bola kami. Namun, kami akan melewatinya bersama," kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, dalam keterangan resminya di laman AFF, Kamis (26/3).

 

Dalam putusannya, AFF mempertimbangkan kehadiran massa yang dinilai dapat memicu penularan virus korona. Apalagi, Covid-19 tengah mewabah di Asia Tenggara.

 

"Risiko penularan penyakit pada kerumunan massa sangat tinggi. Makanya kami telah membuat keputusan untuk menunda dan jika dibutuhkan kami akan membatalkan kejuaraan ini demi melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak," katanya.

 

Untuk Piala AFF Putri U-15 di Indonesia pada September, Piala Futsal AFF, Piala Futsal AFF Antarklub, dan Sepak Bola Pantai Piala AFF di Thailand, AFF memutuskan sesuai jadwal. Begitu juga dengan Piala AFF 2020. Kejuaraan senior ini masih sesuai dengan jadwal, yaitu November mendatang.

 

"Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan pada jadwal kami jika perlu. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami," kata Mayor Jenderal Sameth.

 

Secara terpisah, pemain muda Persija Jakarta Sandi Artha Samosir menilai putusan pembatalan itu merupakan hal terbaik mengingat kesehatan pemain dan tim pendukung menjadi prioritas. “Saya pikir ini keputusan terbaik dengan ditundanya TC timnas U-19. Karena kesehatan dan keselamatan pemain lebih penting. Semoga virus korona ini bisa segera diatasi dan kompetisi normal lagi,” ujar Sandi menambahkan.

 

Meski latihan mandiri, Sandi mengaku tetap berpatokan pada program yang diberikan oleh Persija Elite Pro Academy ataupun dari pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

 

“Saya mengikuti aja apa yang diinstruksikan pelatih selama latihan mandiri di rumah. Saya harus menjalankannya sebaik mungkin agar nanti saat kembali jauh lebih siap. Saya tidak mau membuang kesempatan emas ini,” kata Sandi seperti dilansir laman resmi tim di Jakarta, Kamis (26/3). N Antara

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat