Kesulitan tidur di malam hari (ilustrasi) | Unsplash/Sander Sammy

Gaya Hidup

Camilan Tepat, Kantuk Datang Lebih Cepat

Konsumsi nanas dapat meningkatkan kadar melatonin sebesar 266 persen.

Tidur yang tidak nyenyak bisa memberikan pengaruh buruk bagi produktivitas hingga kesehatan tubuh. Siapa sangka, mengonsumsi buah populer setiap malam bisa membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.


Menurut The Sleep Charity, buah yang dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah pisang. Untuk mendapatkan efek ini, pisang sebaiknya dikonsumsi menjelang jam tidur.


The Sleep Charity mengungkapkan, pisang dapat membantu tidur jadi lebih nyenyak karena kaya akan kandungan magnesium dan kalium. Kedua zat gizi ini diketahui memiliki sifat yang dapat merelaksasi otot.

photo
Pembeli memilih buah pisang di pasar Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (23/3/2023). Memasuki bulan Ramadhan 1444 H, permintaan pisang sebagai salah satu bahan pembuatan kolak pisang tersebut meningkat hingga 30 persen daripada hari biasanya. - (Antara/Dedhez Anggara)


Selain itu, pisang juga mengandung asam amino triptofan yang merupakan prekursor dari hormon penenang otak. Asupan asam amino triptofan bisa memberikan sensasi relaksasi dan membuat tubuh terasa lebih ringan.


Konsumsi pisang pun diketahui berkaitan dengan stimulasi produksi melatonin. Seperti diketahui, melatonin adalah hormon yang secara alami ada di dalam tubuh. Hormon ini berperan dalam meregulasi pola tidur.


Mengonsumsi pisang sebelum jam tidur merupakan salah satu dari lima rekomendasi tidur nyenyak yang diberikan oleh The Sleep Charity. Selain mengonsumsi pisang sebelum jam tidur, The Sleep Charity juga merekomendasikan konsumsi anggur, ceri, dan stroberi.

photo
Pekerja memetik buah stroberi di Kebun Stroberi La Fresa, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (6/9/2022). Kebun La Fresa Strawberry yang merupakan salah satu UMKM binaan dan debitur BNI tersebut mampu mengolah satu ton buah stroberi menjadi berbagai macam produk seperti sari buah (cold pressed) stroberi, strawberry milk shake, selai stroberi dan buah stroberi segar. Produk tersebut telah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia dengan harga Rp30 ribu hingga Rp60 ribu. Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)


Menurut studi yang dipublikasikan dalam Antioxidants in Health and Disease, anggur, ceri, dan stroberi juga dikenal sebagai sumber melatonin. Oleh karena itu, konsumsi ketiga buah ini juga dapat memberikan efek positif terhadap kualitas tidur.


Rekomendasi lain yang diberikan oleh The Sleep Charity adalah menghindari paparan layar gawai sebelum tidur. Paparan layar gawai mendekati jam tidur bisa menekan atau menghambat proses produksi melatonin di dalam tubuh.


The Sleep Charity juga merekomendasikan aktivitas yang merelaksasi sebelum tidur. Beberapa contohnya adalah membaca, mandi, dan meditasi. CEO The Sleep Charity, Lisa Artis, menekankan bahwa tidur yang berkualitas dapat menciptakan kehidupan yang lebih sehat dan lebih bahagia. Tidur yang nyenyak juga telah menjadi bagian penting dalam keseimbangan hidup.

"Membangun rutinitas tidur yang baik, dan terus menjalankannya, akan membantu meningkatkan hal-hal positif serta menurunkan kadar stres," ujar Artis, seperti dilansir Express, pada Kamis (7/12/23). (Adysha Citra Ramadani)


Cemilan Sehat

photo
Pedagang pengumpul menata buah nanas untuk dijajakan di Pasar Lambaro, Aceh Besar, Aceh, Jumat (10/4/2020). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebutkan Indonesia memiliki peluang mengekspor buah nanas ke negara yang suplainya kurang seperti di pasar Eropa, Jerman dan Italia sejak merebaknya virus Corona (COVID-19) - (ANTARAFOTO)


Mengonsumsi buah nanas sebelum tidur kini menjadi tren yang populer di Tiktok. Tren ini diklaim dapat membantu mempercepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Benarkah?


Buah nanas diyakini dapat membantu memperbaiki kualitas tidur karena dapat meningkatkan konsentrasi melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang berperan dalam mengelola pola tidur.


Kadar hormon melatonin umumnya meningkat di malam hari untuk memunculkan rasa kantuk. Kadar melatonin akan kembali normal di keesokan paginya.


Sejumlah makanan diketahui dapat meningkatkan kadar melatonin di dalam tubuh secara alami. Salah satu dari makanan tersebut, adalah nanas.

photo
Pekerja menunjukan pie nanas di Rumah Pie Candaria, Kediri, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). Memasuki pekan ketiga bulan Ramadhan, produksi pie nanas yang dipasarkan secara daring tersebut meningkat hingga 10 kali lipat dari sebelumnya 100 buah menjadi 1000 buah per hari guna memenuhi permintaan dari sejumlah daerah. - (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.)


Oleh karena itu, mengonsumsi nanas sebelum tidur kerap dipopulerkan oleh kreator konten TikTok sebagai kebiasaan untuk mempermudah tidur. Salah satu kreator konten TikTok tersebut adalah Emma Leigh. "Menyantap nanas sebelum tidur membantu saya tidur lebih cepat dan tidur jauh lebih nyenyak," ujar Leigh, seperti dilansir The Sun, Kamis (7/12/23).


Klaim bahwa tren ini bisa memperbaiki kualitas tidur, dibenarkan oleh ahli tidur dari PandaLondon, Max Kirsten. Menurut Kirsten, mengonsumsi nanas atau meminum jus nanas segar sebelum tidur dapat meningkatkan penanda melatonin hingga 266 persen.


Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 2013. Studi menemukan, konsumsi nanas dapat meningkatkan kadar melatonin sebesar 266 persen.

photo
Petugas mengupas buah nanas untuk melayani pengunjung di Agrowisata Perkebunan Nanas Tangkit Baru, Sungai Gelam, Muarojambi, Jambi, Sabtu (16/10/2021). Agrowisata seluas 20 hektare yang dikembangkan melalui kerja sama beberapa pihak termasuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kawasan sentra perkebunan nanas Muarojambi itu diharapkan bisa menjadi alternatif pilihan wisata kuliner ramah anak di daerah itu. - (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.)


Selain nanas, pisang juga disebut dapat memberikan efek serupa. Menurut studi, konsumsi pisang dapat meningkatkan kadar melatonin hingga 180 persen.


Tim peneliti tidak melakukan studi lebih lanjut mengenai pengaruh peningkatan kadar melatonin tersebut pada kualitas tidur. Akan tetapi, Kirsten menilai tak ada salahnya untuk mencoba dan merasakan sendiri efek dari konsumsi buah-buahan tersebut sebelum tidur. "Nanas mengandung asam amino bernama tryptophan dalam jumlah kecil," kata Kirsten.


Tryptophan, kata Kirsten, adalah prekursor dari neurotransmitter bernama serotonin. Di dalam tubuh, serotonin dapat memunculkan efek relaksasi dan memberikan efek menenangkan yang dapat membantu tidur.


Dr Alan Mandell menambahkan, nanas juga mengandung enzim pencernaan bernama bromelain. Bromelain dapat membantu menurunkan peradangan di dalam tubuh dan meningkatkan kadar melatonin. "Yang membantu Anda tidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak sepanjang malam," ujar Dr Mandell. 

 

 
Paparan layar gawai mendekati jam tidur bisa menekan atau menghambat proses produksi melatonin di dalam tubuh.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Posisi Tidur Menentukan Kesehatan Jangka Panjang Kita

Tidur tengkurap juga dapat berakibat fatal bagi bayi.

SELENGKAPNYA

Manfaatkan Beragam Fitur di Smartphone untuk Tidur Lebih Nyenyak

Peneliti Harvard juga memperingatkan cahaya biru juga dikaitkan dengan obesitas, kanker, dan penyakit jantung.

SELENGKAPNYA

Cara Tidur Salah yang Merugikan Wajah

Kerutan yang dipicu oleh tekanan pada bantal saat tidur bisa menjadi permanen.

SELENGKAPNYA