Direktur Utama Republika Farash Farich (tengah) berfoto bersama pemenang kategori bank umum syariah saat acara Anugerah Syariah Republika 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). | Republika/Putra M. Akbar

Kabar Utama

Istiqamah Memajukan Ekonomi Syariah

Gelaran Anugerah Syariah Republika dapat mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

JAKARTA -- Republika kembali menggelar ajang penghargaan terhadap para pelaku ekonomi dan bisnis syariah, yakni Anugerah Syariah Republika (ASR) 2023. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi perusahaan maupun lembaga yang selama ini terus berjuang dan konsisten dalam memajukan ekonomi syariah di Tanah Air.

Perhelatan tahunan ini telah dilaksanakan sejak 2017. ASR 2023 digelar pada Kamis (30/11/2023) malam di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Seperti perhelatan sebelumnya, tahun ini tim Republika menyeleksi lembaga keuangan bank maupun nonbank, lembaga filantropi, hingga fintech, yang berhak mendapatkan penghargaan karena berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi syariah. Ada 28 kategori penghargaan dalam ASR 2023.

Salah satu penerima ASR 2023 adalah PT Bank BTPN Syariah Tbk yang menerima penghargaan sebagai Bank Umum Syariah Pembiayaan UMKM. Financial Control and Analytic Head BTPN Syariah Andrew Adhitia berharap penghargaan ini akan mendorong BTPN Syariah untuk terus membawa manfaat.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan ucapan melalui video pada malam Anugerah Syariah Republika 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). - (Republika/Prayogi)

Dia berharap produk-produk BTPN Syariah dapat membantu meningkatkan kesejahteraan nasabah dan membuat perusahaan terus mempertahankan kinerja yang baik kedepan.

"Kami berikan apresiasi kepada Republika atas penghargaan ini. Terima kasih, semoga kami tetap istiqamah dan semoga niat baik kami untuk mendorong perekonomian syariah bisa terwujud," ujarnya.

Dari kelompok BPRS, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Harta Insan Karimah Parahyangan kembali mendapat penghargaan Anugerah Syariah Republika. Lembaga jasa keuangan ini memenangkan penghargaan dalam kategori produk pembiayaan terbaik.

"Kami mendapatkan apresiasi sebagai produk pembiayaan terbaik. Sebenarnya sesuai dengan apa yang kami perjuangkan selama ini, karena HIK Parahyangan mempunyai sembilan produk pembiayaan yang bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat," kata Direktur Kepatuhan BPRS HIK Parahyangan Agus Salim Dimyati.

photo
Suasana acara Anugerah Syariah Republika 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)

Menurut Agus, gelaran ASR sangat baik untuk mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Langkah ini dinilai menjadi salah satu wujud kommitmen Republika untuk mengembangkan industri syariah di Indonesia.

"(ASR) Sangat bagus sekali karena memang pangsa pasar syariah ini masih sangat kecil, sekitar 7 persen belum sampai 10 persen. Meskipun ada BSI, tapi secara kumulatif memang syariah belum bisa besar. Semoga Republika bisa istiqamah dalam memperjuangkan majunya ekonomi syariah insya Allah," kata dia.

Agus menjelaskan, pihaknya saat ini memiliki 19 kantor cabang di seluruh wilayah di Provinsi Jawa Barat. Fasilitas-fasilitas itu dibuat untuk memudahkan urusan masyarakat mendapatkan layanan BPRS HIK Parahyangan.

"Tentunya kami berharap dengan produk yang kami punya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhannya," ujarnya. 

Dari kategori fintek, penerima ASR 2023 adalah PT ALAMI Fintek Sharia yang meraih penghargaan sebagai Fintech Syariah Terbaik.

"Terima kasih untuk Republika atas penghargaan Fintech Terbaik, ini sebuah apresiasi luar biasa karena Republika merupakan media yang besar di komunitas Muslim . Kami sangat bangga mendapatkan penghargaan ini," kata Direktur Utama Alami Sharia Harza Sandityo .

photo
Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah Iggi Haruman Achsien (kedua kiri) berfoto bersama pemenang kategori asuransi syariah dan fintech syariah saat acara Anugerah Syariah Republika 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)

ALAMI berhasil mendapatkan penghargaan ini berkat kerja keras tim ALAMI melalui inovasi BPRS Hijra Alami Dengan Layanan Islamic Social Finance. ALAMI terus memacu diri untuk mengembangkan layanan digital yang releven dengan target pasar Alami.

"Ini kerja keras tim ALAMI untuk bangun ini dan tim kami memang banyak anak muda, kami mau buktikan kalau anak muda peduli dengan keuangan syariah dan keuangan syariah bisa go digital. Doakan kami terus amanah dan terus berkembang buat keuangan syariah lebih berjaya lagi di Indonesia," ujarnya.

photo
Pemimpin Redaksi Republika Elba Damhuri memberikan sambutan pada malam Anugerah Syariah Republika 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023). - (Republika/Prayogi)

Pemimpin Redaksi Republika Elba Damhuri mengatakan, sejak 2017 Republika menggelar ajang penghargaan terhadap para pelaku ekonomi dan bisnis syariah. Selain sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan keuangan syariah, ASR juga menjadi ajang silaturahim bagi seluruh pelaku keuangan syariah di Tanah Air, baik itu terkait produk layanan hingga terobosan inovasi. "Termasuk transformasi digital untuk mengikuti kebutuhan masyarakat," ujar Elba.

 

 

Sejak awal kami memberikan dukungan penuh terhadap ekonomi dan keuangan syariah 

ELBA DAMHURI,  Pemimpin Redaksi Republika
 

Elba mengatakan, perkembangan ekonomi syariah sangat potensial. Bahkan, keuangan syariah telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

"Republika selalu percaya bahwa keuangan syariah dapat memberikan kontribusi dan manfaat yang signifikan terhadap pembangunan masyarakat di Indonesia, untuk itu sejak awal kami selalu memberikan dukungan penuh. Kami berharap penghargaan ini bisa memotivasi semua pihak untuk bersama mendukung ekonomi syariah dan bersama memajukan keuangan syariah di Indonesia," kata Elba.

Daftar Pemenang Anugerah Syariah Republika 2023

Kelompok Bank Umum Syariah
1.Bank Syariah Terbaik: Bank Syariah Indonesia (BSI)
2.Tabungan Syariah Terbaik: Bank Syariah Indonesia (BSI)
3.Pembiayaan UMKM Terbaik: BTPN Syariah
4.Produk Tabungan dan Gadai Emas Terbaik: BJB Syariah
5. Pendukung Ekosistem Haji dan Umrah: Bank Muamalat

Kelompok Unit Usaha Syariah
6.Bank Syariah Terbaik: BTN Syariah
7.Tabungan Syariah Terbaik: Permata Syariah
8.Pembiayaan UMKM Terbaik: CIMB Niaga Syariah
9.Mobile Banking Terbaik: Jago Syariah

Kelompok BPD Syariah
10. BPD Syariah Terbaik: Bank Nagari Syariah
11.Tabungan Terbaik: Bank Sumselbabel Syariah
12. Komitmen Pembinaan UMKM Terbaik: Bank Jatim Syariah
13.Pembiayaan Daerah Terbaik: Bank Kalsel Syariah

Kelompok BPR Syariah
14.BPR Syariah Terbaik: BPRS Botani Bina Rahmah
15.BPRS Tabungan Terbaik: BPRS Hijra Alami
16.BPRS Pembiayaan Daerah Terbaik: BPRS Patriot Bekasi
17.BPRS dengan Produk Pembiayaan Terbaik: BPRS HIK Parahyangan

Kelompok Fintech Syariah
18.Fintech Syariah Terbaik: Alami

Kelompok Asuransi Syariah
19.Asuransi Syariah Terbaik: Zurich General Takaful Indonesia (Asuransi Umum)
20.Asuransi Syariah Inovasi Digital Terbaik: Astra Life Syariah

21.Penggerak Investasi Syariah Terbaik: Bursa Efek Indonesia
22.Lembaga Penggerak Ekonomi Syariah: Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)

Kelompok Lembaga Filantropi
23.Lembaga Filantropi dengan Akuntabilitas Terbaik: Dompet Dhuafa (DD)
24.Lembaga Filantropi Layanan Terbaik: Baznas
25.Lembaga Filantropi Pemberdayaan Ekonomi Umat: BSI Maslahat
26.Lembaga Filantropi Inovasi Digital Terbaik: Rumah Zakat
27.Lembaga Filantropi Edukasi Kemanusiaan Palestina: Aman Palestin
28.Lembaga Filantropi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir: Baitul Mal Hidayatullah

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

BEI: Hutan Wakaf Bisa Masuk Kategori Kredit Karbon Premium

Saat ini Indonesia baru memiliki bursa karbon di bawah naungan BEI

SELENGKAPNYA

ASR 2023, Ikhtiar Memajukan Ekonomi Syariah Tanah Air

Ekonomi dan keuangan syariah telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

SELENGKAPNYA