Aktivitas sekelompok warga menaiki solu bolon di kawasan Danau Toba, beberapa waktu lalu. | Injourney

Nusantara

Balap Dayung Solu Bolon Meriahkan Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak wisatawan untuk datang ke Danau Toba.

JAKARTA -- Holding BUMN Pariwisata dan pendukung (InJourney) akan menggelar kompetisi balap dayung Solu Bolon di kawasan Waterfront City, Pangururan, Samosir, Sumatra Utara pada Jumat (24/11/2023). Kompetisi ini diselenggarakan untuk memeriahkan ajang balap air internasional, Aquabike Jetski World Championship, di Danau Toba pada 22-26 November 2023.

"Kompetisi Solu Bolon akan menjadi warna tersendiri dalam memeriahkan ajang Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba," ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023). 

Maya menyampaikan, tim dari kabupaten di sekitar Danau Toba akan berkompetisi sebagai bagian dari pesta rakyat. Tim dari delapan kabupaten yang mengelilingi Danau Toba akan memperebutkan piala bergilir Danau Toba dan total hadiah Rp 250 juta serta suporter terbaik akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta

photo
Foto aerial Danau Toba dari kawasan wisata menara pandang Tele di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Ahad (21/2/2021). - (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

"Ajang ini merupakan upaya kami untuk terus melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba dan sekaligus memperkenalkannya kepada dunia internasional," ucap Maya. 

Maya berharap hal ini akan mendorong lebih banyak wisatawan datang ke kawasan Danau Toba. Hal ini selaras dengan langkah pemerintah yang menetapkan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

"InJourney sebagai holding BUMN pada sektor aviasi dan pariwisata berkomitmen menarik para wisatawan dengan menghadirkan sejumlah event dan atraksi yang menarik sehingga Danau Toba menjadi destinasi pariwisata olahraga air andalan," lanjut Maya. 

Maya menyampaikan, Aquabike Jetski World Championship merupakan event olahraga air internasional terbesar kedua yang diselenggarakan di Danau Toba. Pada Februari 2023, InJourney sukses menyelenggarakan F1 Powerboat di Danau Toba. 

"Ajang olahraga ini melibatkan empat pemerintah kabupaten sebagai tuan rumah, yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. Sebanyak 118 riders dari 22 negara sudah mengonfirmasi kehadirannya di Danau Toba," kata Maya. 

photo
Seorang anak bermain di sungai saat mengikuti Festival 1000 Tenda Kaldera di Desa Meat, Balige, Toba, Sumatera Utara, Sabtu (25/6/2022). - (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/wsj.)

Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin, menjelaskan bahwa Solu Bolon merupakan alat transportasi yang menghubungkan antarkampung di sekitar Danau Toba dan menjadi salah satu tradisi dari Sumatra Utara. Solu Bolon merupakan kapal besar yang dulunya hanya dimiliki orang-orang besar dengan status sebagai raja dan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di sebuah desa di kawasan Danau Toba. 

"Kami ingin seluruh masyarakat di Sumatra Utara bisa menikmati keseruan kompetisi Solu Bolon ini," ujar Hasanuddin. 

Hasanuddin optimistis ajang ini bisa menjadi pesta yang dinikmati para pengunjung dan juga masyarakat sekitarnya. Hasanudin berharap ajang ini juga mampu memberikan efek berganda bagi Provinsi Sumatra Utara.

"Ajang olahraga di Danau Toba dengan berbagai side event yang dikemas dengan pesta rakyat akan menampilkan UMKM lokal serta festival budaya setempat. Perpaduan antara ajang olahraga dan budaya diharapkan membuat wisatawan semakin tertarik berkunjung ke Danau Toba," kata Hasanuddin.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat