Pedagang menunggu pembeli di sentra kuliner angkringan Kopi Joss, Slasar Malioboro, Yogyakarta, Jumat (24/2/2023). Ada 15 pedagang angkringan Kopi Joss yang berjualan di sini. Mereka merupakan pedagang yang direlokasi dari Utara Stasiun Yogyakarta. Kopi J | Republika/Wihdan Hidayat

Gaya Hidup

Inspirasi Kreatif Kembangkan Bisnis Makanan

Maraknya pola makan nabati dan konsumen yang sadar lingkungan menghadirkan peluang unik bagi bisnis makanan.

Pasar makanan saat ini telah menjadi kompetitif. Bisnis makanan pun harus berusaha terus berinovasi dan mendiversifikasi penawaran mereka agar tetap menjadi yang terdepan.

Wirausahawan yang cerdas, biasanya sudah memahami betapa pentingnya beradaptasi dengan perubahan tren dan memenuhi permintaan konsumen yang terus berkembang. 

Melansir laman Halal Times, Senin (23/10/2023), Islamic Services of America (ISA) mengeksplorasi cara kreatif yang akan membantu mendiversifikasi bisnis makanan pada 2023. Berbagai cara ini memungkinkan Anda memperluas basis pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan mengamankan posisi terkemuka di industri ini.

 

photo
Dua peserta memakai kostum sayuran saat arak-arakan bermacam komoditas pertanian unggulan dari sejumlah daerah di Jawa Barat (Jabar) saat Festival Apresiasi Insan Pertanian Tingkat Provinsi Jawa Barat bertajuk Sedekah Hasil Bumi 2023, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (11/8/2023). Dalam acara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan apresiasi kepada sejumlah insan pertanian dari berbagai unsur. Saat ini Jabar banyak menorehkan prestasi ditingkat nasional untuk bidang komoditas pertanian. - (Edi Yusuf/Republika)

1. Merangkul alternatif berbasis tanaman

Maraknya pola makan nabati dan konsumen yang sadar lingkungan menghadirkan peluang unik bagi bisnis makanan. Gabungkan alternatif nabati ke dalam menu Anda, yang melayani vegan, vegetarian, dan individu yang mencari pilihan yang lebih sehat. Bereksperimenlah dengan protein nabati, alternatif susu, dan hidangan nabati yang kreatif untuk menarik basis pelanggan yang lebih luas.

2. Masakan fusion

Menyatukan tradisi kuliner yang berbeda dan menciptakan hidangan fusion yang menawarkan pengalaman bersantap yang unik dan menarik. Menggabungkan rasa dan teknik dari berbagai budaya dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mengejutkan dan menarik pelanggan Anda. Misalnya, jelajahi perpaduan masakan Asia dan Amerika Latin atau cita rasa Mediterania dan Timur Tengah untuk menciptakan hidangan inovatif dan menggugah selera.

 

photo
Jamaican Wrap salah satu menu restoran khas masakan Latin dan Karibia, El Toro. - (Republika/Desy Susilawati )

3. Pengiriman makanan dan bawa pulang

Layanan pesan antar dan bawa makanan menjadi semakin populer pada era digital. Tingkatkan bisnis Anda dengan menawarkan opsi pemesanan daring yang nyaman. Bermitralah dengan platform pengiriman populer, tetapi tetap pastikan pengiriman tepat waktu dan efisien. Selain itu, pertimbangkan untuk mengembangkan aplikasi seluler khusus yang menawarkan penawaran dan hadiah eksklusif untuk mendorong pemesanan berulang.

 

4. Pendekatan pertanian ke meja makan

Konsumen menjadi sadar dari mana makanan mereka berasal dan bagaimana makanan tersebut diproduksi. Rangkullah gerakan dari pertanian ke meja makan dengan mencari bahan-bahan secara lokal dan menjalin hubungan dengan petani dan pemasok terdekat.

Soroti pula tentang kesegaran dan keberlanjutan bahan-bahan Anda untuk menarik konsumen yang sadar lingkungan dan menghargai transparansi dan mendukung bisnis lokal.

 

photo
Sayuran sumber serta makanan (ilustrasi) - (Unsplash/Inigo De la Maza )

5. Menu musiman dan edisi terbatas

Tawarkan menu musiman yang menampilkan bahan-bahan terbaik setiap saat sepanjang tahun. Gabungkan produk musiman dan hidangan edisi terbatas. Ini akan membantu Anda menciptakan rasa eksklusivitas dan antisipasi di antara pelanggan Anda. Strategi ini juga dapat membantu mendorong kunjungan berulang karena pelanggan sangat menantikan kembalinya barang musiman favorit mereka.

6. Kelas dan lokakarya memasak

Perluas aliran pendapatan Anda dengan mengadakan kelas dan lokakarya memasak. Bagikan keahlian dan rahasia kuliner Anda dengan calon koki atau penggemar makanan yang ingin belajar. Hal ini menjadikan bisnis Anda sebagai otoritas dalam industri dan memberikan pengalaman interaktif dan menarik bagi pelanggan Anda.

7. Truk makanan atau penjual seluler

Jalankan bisnis makanan Anda dengan menghadirkan truk makanan atau unit penjual keliling. Hal ini memungkinkan Anda menjangkau khalayak yang lebih luas, berpartisipasi dalam acara lokal, dan menjelajahi pasar baru. Pilih lokasi yang strategis dan manfaatkan media sosial untuk mengumumkan kehadiran Anda dan menarik pelanggan ke perusahaan seluler Anda.

 

photo
Mexican Bowl, salah satu menu dari restoran El Toro, ini adalah daging Wagyu, nasi tomat khas Mexico, tumis sayuran san kacang panggang. - (Republika/Desy Susilawati )

8. Pengalaman bersantap unik

Tingkatkan pengalaman bersantap pelanggan Anda dengan menawarkan konsep yang unik dan mendalam. Pertimbangkan untuk mengadakan malam bertema, pengalaman di meja koki, atau acara bersantap di luar ruangan.

Lebih dari sekadar pengaturan restoran tradisional, Anda dapat menciptakan momen berkesan bagi pelanggan. Sehingga membuat mereka lebih mungkin berbagi pengalaman dan menarik pelanggan baru.

9. Berkolaborasi dengan influencer

Pemasaran influencer adalah alat yang efektif untuk menjangkau audiens yang ditargetkan dan meningkatkan kesadaran merek. Identifikasi influencer di bidang makanan dan gaya hidup yang selaras dengan nilai merek Anda.

Kemudian, berkolaborasilah dengan mereka untuk mempromosikan bisnis Anda. Ini dapat mencakup konten bersponsor, ulasan, atau mengadakan acara yang dipimpin oleh influencer. Memanfaatkan jangkauan dan pengaruh mereka dapat meningkatkan kehadiran daring Anda secara signifikan dan menarik pelanggan baru.

10. Pameran dagang makanan, minuman dan bahan

Menghadiri dan melakukan pameran di pameran dagang makanan dapat meningkatkan visibilitas, kredibilitas, dan jangkauan pasar Anda secara signifikan. Tetap terinformasi tentang acara pameran dagang mendatang di wilayah Anda dan sekitarnya, dan pertimbangkan untuk memasukkannya ke dalam strategi Anda untuk mendiversifikasi bisnis makanan Anda pada 2023.

Teliti dan pilih pameran dagang yang relevan dan selaras dengan target pasar dan penawaran produk makanan Anda. Rencanakan desain stan Anda, materi promosi, dan aktivitas menarik untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta.

Selain itu, manfaatkan peluang jaringan yang tersedia selama pameran dagang untuk membangun koneksi yang berharga dan menjajaki potensi kolaborasi dengan bisnis lain. 

 

 
Tingkatkan pengalaman bersantap pelanggan Anda dengan menawarkan konsep yang unik dan mendalam.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Lesatkan Bisnis Halal dengan Deretan Software AI Berikut

Bisnis Halal Anda dapat menggunakan banyak alat AI untuk membantu pemasaran media sosial.

SELENGKAPNYA

Bisnis Jastip Barang Impor Diperketat

Tujuan pengetatan ini disebut untuk melindungi produk dalam negeri.

SELENGKAPNYA

Bisnis Salon Kecantikan, Bagaimana Tuntunannya?

Bagaimana tuntunan berbisnis salon kecantikan khusus wanita?

SELENGKAPNYA