Seorang anak berteduh dibawah payung saat hujan di kawasan Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta, Senin (27/3/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan masih berpotensi terjadi hingga awal April 2023 mendatang yang disebabk | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

Kapan Musim Hujan Tiba di Jabodetabek? Jangan Lupa Bawa Payung 

BMKG juga mengimbau agar masyarakat lebih siap dan antisipatif terhadap bencana hidrometeorologi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa musim hujan akan tiba lebih lambat dibandingkan biasanya. Secara umum, awal musim hujan di Indonesia akn terjadi pada November 2023. Bagaimana dengan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek)?


Melalui kanal Youtube resmi BMKG, PMG Pertama Hasalika Nurjannah mengungkapkan, ada sekitar 36,5 persen atau 255 Zona Musim (ZOM) di Indonesia yang akan memasuki awal musim hujan pada November 2023. Wilayah tersebut mencakup Sumatra Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil Nusa Tenggara Barat, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.


"Puncak musim hujan 2023/2024 diprakirakan terjadi di bulan Januari dan Februari tahun 2024 yang meliputi 385 ZOM atau berkisar sekitar 55 persen," kata Hasalika, seperti dikutip Republika, Selasa (19/9/2023).

photo
Pengendara melintasi jalan yang masih tergenang banjir di Jalan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Ahad (7/5/2023). Banjir akibat luapan air Sungai Citarum yang dipicu curah hujan yang tinggi, kembali merendam sejumlah wilayah di Kecamatan Bojongsoang, Dayeuhkolot, dan Baleendah. Saat ini banjir berangsur-angsur surut, namun dengan intensitas hujan yang masih tinggi, warga dan petugas terkait tetap waspada jika ketinggian air citarum kembali meningkat. - (Edi Yusuf/Republika)


Dalam menghadapi musim hujan 2023/2024, BMKG juga mengimbau agar masyarakat lebih siap dan antisipatif terhadap bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi. Sebagai contoh, bencana banjir dan tanah longsor.


Mengacu pada laporan Prakiraan Musim Hujan 2023/2024 di Indonesia yang dirilis oleh BMKG, awal musim hujan di sebagian besar wilayah Jabodetabek mengalami keterlambatan. Selain itu, sebagian besar wilayah diprakirakan akan mengalami curah hujan yang normal.


Berikut ini prakiraan awal musim hujan untuk wilayah Jabodetabek. (Keterangan: dasarian adalah rentang waktu selama 10 hari).

photo
Pengendara motor melintas menggunakan jas hujan di Jalan Kolonel Sugiono, Duren Sawit, Jakarta, Senin (27/3/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan masih berpotensi terjadi hingga awal April 2023 mendatang yang disebabkan dinamika atmosfer masih mengalami peralihan dari musim penghujan menuju musim kemarau. - (Republika/Putra M. Akbar)


Jakarta


1. Jakarta Barat (Cengkareng, grogol, Petamburan, Kalideres, Tamansari, Tambora), Jakarta Pusat (Gambir, Kemayoran, Sawah Besar), Jakarta Timur (Cakung, Duren Sawit), dan Jakarta Utara (Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan, Tanjung Priok) diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian I (tanggal 1-10) Januari 2024. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 10 dasarian.


2. Jakarta Barat (Kebon Jeruk, Kembangan, Palmerah), Jakarta Pusat (Cempaka Putih, Johar Baru, Menteng, Senen, Tanah Abang), Jakarta Timur (Jatinegara, Makasar, Pulogadung, matraman), dan Jakarta Selatan (Kebayoran Lama, Pesanggrahan, Setia Budi, Tebet) diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 17 dasarian.


3. Jakarta Selatan (Cilandak, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Jagakarsa, Pasar Minggu) dan Jakarta Timur (Cipayung, Kramat Jati, Ciracas, Pasar Rebo) diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi di bawah normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 19 dasarian.


Bogor


1. Sebagian kecil Bogor bagian timur diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 22 dasarian.


2. Sebagian Bogor bagian timur diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 22 dasarian.


3. Bogor bagian barat laut diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian I (tanggal 1-10) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Maret 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 23 dasarian.


4. Sebagian kecil Bogor bagian utara dan sebagian Bogor bagian timur diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian I (tanggal 1-10) November 2023. Sifat musim diprediksi di bawah normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 23 dasarian.


5. Sebagian kecil Bogor bagian barat diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian III (tanggal 21-31) Oktober 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 24 dasarian.


6. Sebagian kecil Bogor bagian selatan diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian III (tanggal 21-31) Oktober 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Januari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 24 dasarian.

photo
Seorang warga memakai payung saat sedang memancing ikan di kawasan Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta, Senin (27/3/2023). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan masih berpotensi terjadi hingga awal April 2023 mendatang yang disebabkan dinamika atmosfer masih mengalami peralihan dari musim penghujan menuju musim kemarau. - (Republika/Putra M. Akbar)


Depok


1. Sebagian besar Kota Depok diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 22 dasarian.


2. Sebagian kecil Kota Depok bagian selatan diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian I (tanggal 1-10) November 2023. Sifat musim diprediksi di bawah normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 23 dasarian.


Tangerang


1. Tangerang (Balaraja, Cikupa, Cisoka, Jambe, Jayanti, Legok, Panongan, Sindangjaya bagian selatan, Solear, Tigaraksa) diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 14 dasarian.


2. Kota Tangerang (Cibodas, Ciledug,  Cipondoh, Jatiuwung, Karangtengah, Karawaci, Pinang, Tangerang), Kota Tangerang Selatan (Ciputat, Pamulang, Pondok aren, Serpong, Serpong Utara, Setu), dan Tangerang (Cisauk, Curug, Pagedangan) diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 14 dasarian.

photo
Pengendara motor melewati genangan air di Jalan Raya Tanjung Barat, Jakarta, Kamis (27/4/2023). Buruknya kualitas drainase membuat jalan tersebut kerap digenangi air saat hujan deras turun sehingga membuat arus lalu lintas tersendat. - (Republika/Putra M. Akbar)


3. Kota Tangerang (Batuceper, Benda, Periuk), Serang (Carenang, Tanara, Tirtayasa), Tangerang (Gunung Kaler, Kemiri, Kosambi, Kresek, Kronjo, Mauk, Mekarbaru, Pakuhaji, Pasar Kemis, Rajeg, Sepatan, Sepatan Timur, Sindang Jaya, Sukasari, Sukamulya, Teluknaga) diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian III (tanggal 21-31) Desember 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 10 dasarian.


Bekasi


1. Bekasi barat daya dan kota Bekasi bagian selatan diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian II (tanggal 11-20) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 22 dasarian.


2. Bekasi bagian selatan diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian III (tanggal 21-30) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi pada Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 16 dasarian.

photo
Sejumlah kendaraan melewati genangan air di Jalan Raya Tanjung Barat, Jakarta, Kamis (27/4/2023). Buruknya kualitas drainase membuat jalan tersebut kerap digenangi air saat hujan deras turun sehingga membuat arus lalu lintas tersendat. - (Republika/Putra M. Akbar)


3. Bekasi bagian tengah dan kota Bekasi bagian tenggara diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian III (tanggal 21-30) November 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 16 dasarian.


4. Bekasi bagian utara dan kota Bekasi bagian utara diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada dasarian I (tanggal 1-10) Desember 2023. Sifat musim diprediksi normal dengan puncak musim hujan terjadi di Februari 2024. Panjang musim hujan diprediksi berlangsung selama 12 dasarian. 

 

 
Sebagian besar Kota Depok diprakirakan akan memasuki awal musim hujan pada 11-20 November 2023. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Hujan Misterius di Tasikmalaya, Ada Apa?

Hujan misterius hanya mengguyur satu rumah di Margalaksana.

SELENGKAPNYA

Hujan Ekstrem Topan Doksuri di Beijing Picu Banjir Bandang

Zhuozhou berada di provinsi Hebei, yang telah menanggung beban badai terburuk yang melanda Cina utara.

SELENGKAPNYA

Cina Diamuk Hujan Terlebat Abad Ini

Sedikitnya 20 orang meninggal akibat badai di Cina.

SELENGKAPNYA