(FILE) -Seorang pelanggan menggunakan vape di sebuah toko di Avondale Estates, Georgia, AS, 13 Juli 2018 (diterbitkan ulang 24 Agustus 2019). Menurut laporan media, seorang pasien di Illinois, AS, meninggal setelah mengidap penyakit pernapasan parah, yang | EPA-EFE/ERIK S. LESSER

Medika

Jurus Mengupayakan Berhenti dari Rokok Elektrik

Berolahraga atau bergerak, dapat menghilangkan keinginan vaping.

Berhenti dari kecanduan atau kebiasaan bisa menjadi proses yang melelahkan bagi sebagian besar orang. Hal ini tidak terkecuali untuk rokok elektrik alias vape.

Namun, ada cara-cara yang bisa dicoba agar keluar dari kecanduan vape. Mengingat, rokok elektrik diketahui dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Dr Semiya Aziz, seorang dokter umum dan tokoh televisi yang berpraktik di London Utara, mengungkapkan lima tips terbaiknya agar bisa berhenti vaping untuk selamanya, seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (14/9/2023).

 

Menakar Rasa Gemar Olahraga Masyarakat Indonesia - (Republika)

  ​

1. Olahraga

Dokter NHS menyarankan untuk aktif secara fisik, karena menurutnya berolahraga atau bergerak, dapat menghilangkan keinginan vaping. Cara lain untuk mengatasi kecanduan adalah dengan mengembangkan teknik pengalih perhatian.

 

2. Alihkan Perhatian

Aziz mengatakan, keinginan vape sering kali hilang setelah satu hingga dua menit. Hal ini dapat dialihkan dengan melakukan berbagai pekerjaan rumah, memanfaatkan tangan, atau mendengarkan musik. “Beberapa pasien yang saya kenal telah menggunakan sedotan untuk membantu mereka berhenti merokok,” kata Aziz.

 

3. Support System

Perjalanan untuk berhenti dikatakan akan jauh lebih mudah jika Anda juga dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman yang mendukung dan memahami kesulitannya.

photo
Depresi (ilustrasi) - (Pixabay/People)

4. Kelola stress

Banyak orang mengembangkan kebiasaan vaping untuk mengelola stres, tapi hal ini dapat digantikan dengan pilihan gaya hidup yang berbeda dan lebih sehat. Meditasi, membuat jurnal, dan menghabiskan waktu di luar ruangan hanyalah beberapa jalan keluar alternatif yang direkomendasikan oleh dokter umum.

5. Rayakan Pencapaian

Tidak ada salahnya untuk merayakan pencapaian-pencapaian Anda, tidak peduli betapa kecilnya pencapaian tersebut. Anda mungkin ingin melacak jumlah hari bebas vape yang telah dicapai dan memberi penghargaan pada diri sendiri atas pencapaian ini.

Saat ini para produsen vape dianggap memikat usia anak dan remaja dengan rasa seperti permen karet dan permen kapas. Bahkan, beberapa toko menjual perangkat tersebut di samping permen.

Para ahli sebelumnya menuntut larangan total terhadap vape sekali pakai seperti bar Elf, yang populer di kalangan remaja.

 

Berapa banyak nikotin dalam rokok elektrik?

photo
Produk vape di sebuah toko di London, Inggris, 30 Mei 2023. Pemerintah Inggris mengumumkan akan menindak pengecer yang menyediakan sampel vape gratis untuk anak-anak. Usulan baru pemerintah mencakup peraturan denda bagi toko-toko yang menjual vape ilegal kepada anak-anak di bawah usia 18 tahun.- (EPA-EFE/ANDY RAIN)

Ada banyak merek rokok elektrik, dan mengandung kadar nikotin yang berbeda-beda. Jumlah nikotin yang dibolehkan dalam kapasitas e-liquid di Inggris adalah 20 mili gram per mili liter, yang setara dengan antara 600 dan 800 isapan. Elf Bar 600, salah satu vape paling populer di Inggris, diiklankan memiliki nikotin 0 mg, 10 mg, dan 20 mg. 

 

Berapa banyak batang rokok yang 'di dalam' sebuah rokok elektrik?

Elf Bar 600 berisi setara dengan 48 batang rokok, menurut para analis. Jumlah ini menghasilkan 600 isapan sebelum dibuang, artinya, secara teori, setiap 12,5 isapan setara dengan satu batang rokok. Para ahli mengatakan, untuk banyak rokok elektrik, 100 isapan sama dengan sepuluh batang rokok biasa.

Elf Bars adalah merek rokok elektrik yang sering dijual dalam warna-warna menarik dan dengan nama serta rasa yang ramah anak, seperti limun razz biru dan gummy bear hijau.

 

Apakah vaping lebih baik? 

photo
Bahaya vaping bagi kesehatan (ilustrasi) - (Unsplash/John Caroro )

Produk vaping dianggap lebih baik daripada rokok karena penggunanya terpapar racun lebih sedikit dan pada tingkat yang lebih rendah, menurut NHS. Layanan kesehatan ini menambahkan bahwa vaping dibandingkan merokok mengurangi paparan racun yang dapat menyebabkan kanker, penyakit paru-paru dan penyakit jantung dan sirkulasi, seperti strok dan serangan jantung.

Public Health England, yang kini sudah tidak beroperasi lagi, menerbitkan tinjauan independen para ahli pada tahun 2015 yang menyimpulkan bahwa rokok elektrik 95 persen lebih aman dibandingkan rokok biasa. Namun, vaping bukan berarti bebas risiko, karena meski kadar produk tembakau jauh lebih tinggi, rokok elektrik masih mengandung racun berbahaya.

Hal itu turut diungkap sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Medical University of Silesia di Polandia. Dr Onkar Mudhar, seorang dokter gigi asal London yang memposting video di Tiktok, mengatakan Elf bar dapat menyebabkan radang gusi, bengkak, dan berdarah.

Sebab nikotin mengeringkan mulut dan mengurangi air liur menyebabkan iritasi akibat penumpukan bakteri dan makanan yang tidak dapat dibersihkan. Hampir 350 rawat inap akibat vaping tercatat di Inggris pada 2022, yang diperkirakan sebagian besar disebabkan oleh masalah pernapasan, seperti sesak napas, nyeri dada, radang paru-paru, dan, dalam kasus yang parah, gagal napas. 

 

 

 
Elf bar dapat menyebabkan radang gusi, bengkak, dan berdarah.
 
DR ONKAR MUDHAR, Dokter gigi asal London, Inggris. 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Saran Pakar untuk Bantu Remaja Berhenti Pakai Rokok Elektrik

Rokok elektrik telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan selama bertahun-tahun,

SELENGKAPNYA