Petugas mempersiapkan jalan untuk akses truk sampah pada pembangunan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) darurat di seputaran Stadion GBLA, Gede Bage, Kota Bandung, Selasa (12/9/2023). | Edi Yusuf/Republika
TPS Darurat yang berada di lokasi yang sebelumnya sempat direncanakan menjadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). | Edi Yusuf/Republika
Lokasi TPS Darurat Gedebage ini dapat menampung 30.000 meter kubik atau 10.000 ton sampah. | Edi Yusuf/Republika
Pembangunan TPS darurat tersebut sebagai salah satu upaya menanggulangi sampah di Kota Bandung yang semakin menumpuk sejak terbakarnya TPA Sarimukti. | Edi Yusuf/Republika
Petugas mempersiapkan jalan untuk akses truk sampah pada pembangunan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) darurat di seputaran Stadion GBLA, Gede Bage, Kota Bandung, Selasa (12/9/2023). | Edi Yusuf/Republika

Peristiwa

Pembangunan Akses Jalan TPA Darurat Gedebage

Pembukaan TPA Darurat Gedebage sebagai upaya penanggulangan sampah yang tertahan akibat kebakaran TPA Sarimukti.

BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung tengah mengenjot pembukaan TPA Darurat Gedebage sebagai upaya penanggulangan sampah yang tertahan akibat terbatasnya tonase kiriman sampah ke TPA Sarimukti.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Setiadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggarap pembukaan akses masuk dan keluar TPA Darurat Gedebage.  

"DSDABM bertugas mempersiapkan sarana prasarananya, sekarang di tahap pembukaan jalan, jalan masuk dan keluar," terang Setiadi kepada Republika.co.id, Senin (11/9/2023).    

"Untuk jalannya sudah 50 persen, kita usakan secepatnya (pengerjaannya)," imbuhnya.  

Pria yang akrab disapa Tedi ini mengatakan, akses jalan tidak memerlukan lahan yang terlalu besar, mengingat luas lahan TPA Darurat yang cukup terbatas. Dia juga mengatakan, nantinya truk sampah yang hilir mudik hanyalah armada dengan ukuran kecil hingga sedang saja.  

"Sekarang kita prioritaskan armada skala kecil saja, tidak untuk yang besar dulu karena lahannya juga tidak besar," ujarnya.  

Selain membuka akses masuk dan keluar, Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna juga menginstruksikan pemasangan pagar seng di sekitar lahan seluas dua hektar tersebut. Saat ditanya lebih lanjut, Tedi mengatakan bahwa DSDABM hanya bertanggung jawab untuk membuka akses jalan sedangkan sisanya kembali ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) selaku leading sector.   

Sebelumnya, Plh Walkot Bandung Ema Sumarna mengatakan, TPA Darurat tersebut dapat menampung 30.000 meter kubik atau 10.000 ton sampah. Nantinya, sampah yang dibuang ke Gedebage akan diberikan cairan ecoenzyme untuk mempercepat kompos dan mengurangi bau tidak sedap. 

  ';

Kualifikasi Euro 2024: Portugal Pesta Gol Saat Jamu Luxemburg

Portugal melesakkan 9 gol ke gawang Timnas Luxemburg.

SELENGKAPNYA

Kebakaran TPA Sarimukti Hingga Kini Masih Berlang

Pemprov Jabar mengambilalih penanganan kebakaran di TPA Sarimukti yang telah berlangsung sejak 23 haru lalu.

SELENGKAPNYA

Kader Muda Hengkang dari PSI dan Gabung PAN

Mereka merupakan anggota DPRD DkI dan anggota DPD PSI Jabar.

SELENGKAPNYA

Hidup di Bawah Ancaman Bayang-Bayang Polusi Udara

Berdasarkan data dari Forum Masyarakat Rusun Marunda, sebanyak 63 orang warga menderita penyakit batuk, gatal-gatal, dan ISPA dengan tingkat keparahan yang beragam. Sebanyak 20 persen penderita adalah anak-anak.

SELENGKAPNYA