Petugas kesehatan mencoba treadmill di salah satu ruangan Klinik Pratama Ramah Lansia Inggit Garnasih usai diresmikan di Jalan Flores, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/7/2023). Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Baznas Jabar dan Bank BJB meresmikan | ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

Inovasi

Mengupas Peran AI dalam Meningkatkan Taraf Kesehatan Global

AI bisa menyelamatkan nyawa melalui diagnosis dan penelitian.

Dampak besar kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) dalam masyarakat saat ini menjadi semakin nyata. Kehadiran kedua teknologi ini mampu mengubah pasar dan cara kita berpikir tentang hidup kita.

AI dan ML menjadi kunci dalam menemukan masalah sejak dini, membantu, dan kesehatan secara keseluruhan. Mereka luar biasa dalam menangani banyak data dan keputusan cerdas. Berikut ini adalah poin-poin bagaimana AI bisa menyelamatkan nyawa.

Pertama, bagaimana AI bisa menyelamatkan nyawa melalui diagnosis dan penelitian. Pemanfaatan teknologi AI saat ini, mampu membuat diagnosis yang lebih cepat dan akurat dengan menganalisis data medis.

Dilansir dari Gizchina, Senin (14/8/2023), AI dapat memahami gambar paru-paru atau payudara dalam hitungan menit, menunjukkan kekuatannya untuk menemukan masalah seperti kanker. AI juga kadang-kadang bisa lebih baik daripada dokter, menunjukkan bagaimana itu bisa menyelamatkan nyawa.

Peran AI tidak berakhir sampai dengan diagnosis semata. AI juga dapat berpesan besar  dalam penelitian medis dan pembuatan obat. Saat ini, AI sedang mempelajari bagaimana molekul berinteraksi mempercepat penemuan kemungkinan pengobatan.

AI mengerjakan dokumen tanpa bantuan manusia dan memungkinkan para sarjana fokus pada tugas-tugas utama. AI pun dapat mempercepat proses penelitian.

Kedua, mengurangi kesalahan medis dan menyelamatkan nyawa dengan AI. Potensi bagaimana AI dapat menyelamatkan nyawa adalah kemampuannya untuk bertindak sebagai pelindung dalam sistem perawatan kesehatan.

Saat ini, AI dan staf bekerja sama, memperbaiki kesalahan pengobatan bersama. AI juga bersifat konstan, menghindari penyimpangan, dan memotong kesalahan, tidak seperti manusia.

Hal keren lainnya tentang AI adalah pemantauan waktu nyata, yang mengidentifikasi krisis berdasarkan tanda-tanda vital pasien dan memprediksi kejadian, seperti serangan jantung dan strok sebelumnya.

Ketiga, bagaimana AI bisa menyelamatkan hidup secara global, yaitu dengan akses perawatan kesehatan yang adil. Kesenjangan perawatan kesehatan global saat ini sangatlah besar, dengan tempat-tempat tertentu kekurangan layanan medis.

AI dapat mengatasi masalah ini dengan menghadirkan perawatan kesehatan ke area yang kurang. Aplikasi seluler mampu menghubungkan pasien dengan dokter dari jarak jauh, memberikan bantuan diagnostik untuk berbagai kondisi.

Alat diagnostik bertenaga AI menggunakan gambar digital untuk menganalisis kondisi kulit, luka bakar, dan luka kronis. Ini adalah cara yang baik untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh sumber daya medis lokal yang tidak memadai.

Membantu di Daerah Terpencil

photo
Sejarah Singkat Kecerdasan Buatan - (Republika)

AI juga penting dalam mengirimkan pasokan medis ke daerah pedesaan dengan sedikit infrastruktur. Drone berkemampuan AI, seperti yang datang dari Zipline, mampu memfasilitasi pengiriman persediaan penting, seperti vaksin dan darah secara tepat waktu.

Menggabungkan teknologi baru dengan perawatan kesehatan melampaui batas, menyelamatkan nyawa. Keempat, meningkatkan keselamatan lalu lintas dan menyelamatkan nyawa.

Potensi bagaimana AI dapat menyelamatkan nyawa meluas ke keselamatan lalu lintas, dengan meningkatkan baik mobil yang dikemudikan manusia ataupun yang dapat dikendarai sendiri. Mobil self-driving bertenaga AI memiliki potensi untuk mengurangi kecelakaan dengan mengurangi margin kesalahan manusia menjadi nol.

Hingga saat itu, mengemudi dengan dukungan AI meningkatkan keamanan kendaraan melalui pemantauan waktu nyata. Kelima, meningkatkan pengiriman dan intervensi kesehatan dengan AI.

Dampak AI pada pemberian dan intervensi perawatan kesehatan menunjukkan bagaimana AI dapat menyelamatkan nyawa. AI mampu membantu perawatan kesehatan dengan menemukan pasien yang membutuhkan perawatan, hasil yang lebih baik, dan memangkas biaya.

Saat ini, peran AI juga mulai berdampak pada mengurangi infeksi, memprediksi penyakit kronis, dan meningkatkan perawatan. Urgensi pandemi Covid-19 yang lalu, juga makin menegaskan pentingnya pemanfaatan AI bagi dunia kesehatan.

AI mampu melacak kekebalan dan mempercepat vaksin. Kemampuan dari teknologi yang satu ini juga dapat meningkatkan diagnosis dan pengobatan, hingga menyelamatkan nyawa.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

PBB Juga Khawatirkan Kecerdasan Buatan

Sekjen PBB menilai perlu agen internasional pengawas AI.

SELENGKAPNYA

Jejak Emisi Karbon Kecerdasan Buatan

Agar diketahui jumlah penggunaan listrik dan emisi karbon dari setiap penggunaan kecerdasan buatan.

SELENGKAPNYA

Uni Eropa Takuti Kecerdasan Buatan

AI dikhawatirkan bakal menyebarkan hoaks yang berbahaya.

SELENGKAPNYA