Senam Lansia serentak, diikuti 16 ribu lansia di 138 titik | Rumah Zakat

Nusantara

Rumah Zakat Pecahkan Rekor Muri Senam Lansia

Serentak, diikuti 16 ribu lansia di 138 titik.

BANDUNG -- Untuk memeringati milad ke-25 tahun, Rumah Zakat memecahkan rekor Muri senam lansia serentak di lokasi terbanyak pada kegiatan #BergerakNyata Fest, Ahad (6/8/2023). Senam tersebut diikuti oleh 16 ribu lansia di 138 titik di Indonesia.

photo
Semangat senam lansia - (Rumah Zakat)

Para lansia yang mengikuti senam merupakan para penerima manfaat Program Desa Ramah Lansia, yang bertujuan untuk menjaga para lansia dari keluarga pra sejahtera tetap sehat, aktif, dan produktif di usia senja. Menurut CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha, Desa Ramah Lansia merupakan salah satu program pemberdayaan Rumah Zakat di bidang Kesehatan, yang merupakan optimasi dana infak dan sedekah masyarakat.

photo
Rumah Zakat Pecahkan Rekor Muri dengan Senam Lansia - (Rumah Zakat)

‘’Selain senam, para lansia yang dibina juga mendapatkan layanan kesehatan, makanan tambahan, dan juga homecare,’’ ujar Irvan. Selama 25 tahun melayani para muzaki dan mustahik, Rumah Zakat telah menyalurkan bantuan kepada 46,7 juta penerima layanan manfaat dari Aceh hingga Papua di berbagai program pemberdayaan.  

Di antaranya sektor kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan, hingga kebencanaan. Program pemberdayaan tersebut dilakukan secara terintegrasi di 1.735 Desa berdaya.

photo
Senam Lansia diikuti 16 ribu lansia - (Rumah Zakat)

‘’Alhamdulillah hingga saat ini Rumah Zakat mendapatkan kepercayaan dari 739 ribu donatur dan 103 mitra korporat, serta komunitas yang bersinergi melalui beragam program kebaikan yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs,’’ papar Irvan.

Saat ini, ungkap dia, seluruh program pemberdayaan Rumah Zakat berkontribusi pada delapan goals dan 29 indikator SDGs. Dikatakan dia, selain desa ramah lansia, Rumah Zakat juga sedang menyiapkan Program Pesantren Lansia.

photo
Nampak ibu-ibu sedang senam lansia - (Rumah Zakat)

Karena, beberapa tahun kemudian usia yang kategori Lansia ini akan terus bertambah. Harapannya, dengan kegiatan lansia ini akan menjadi simbol dan trigger masyarakat untuk ikut serta memerhatikan para lansia.

Dengan begitu, para lansia bisa sehat dan produktif, yang selama ini para lansia banyak yang tidak lagi produktif, bahkan menjadi beban. ‘’Padahal, mereka ini luar biasa di beberapa desa berdaya kita. Para Lansia alhamdulillah masih sehat produktif,’’ tandasnya.

 

Senam Lansia - (Rumah Zakat)

  ​

Arie Lukihardianti

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat