A man uses cellphone to video record boxes containing iPhone 12 smartphones in a mobile store in Taipei, Taiwan, 23 October 2020. On 23 October, Apple launched the iPhone 12 and iPhone 12 Pro in Taiwan. | EPA-EFE/DAVID CHANG

Inovasi

Mengungkap Berbagai Rahasia di Tombol Volume Iphone, Mau Coba?

Dengan menekan tombol volume, alarm akan berhenti dan tertunda sejenak.

Setiap ponsel Iphone dilengkapi dengan tombol volume pada sisi samping bodi ponsel. Tombol ini ternyata memiliki fungsi yang lebih banyak dari sekadar mengatur volume suara.

Tombol volume pada Iphone memang kerap dimanfaatkan oleh pengembang pihak ketiga untuk mengoperasikan aplikasi yang mereka kembangkan. Dalam aplikasi permainan misalnya, tombol volume sering kali digunakan sebagai tombol pengontrol mini saat pengguna bermain.

Selain dimanfaatkan oleh pengembang pihak ketiga, Apple juga menyematkan sejumlah fitur "rahasia" yang bisa diakses melalui tombol volume. Berikut ini adalah kedelapan fitur tersebut, seperti dilansir Mail Online pada Kamis (3/8/2023).

Mengambil Foto

photo
Petugas menunjukan seri iPhone 14 Pro kepada pelanggan saat Midnight Lounge di Jakarta, Jumat (4/11/2022) dini hari. Blibli menggelar Midnight Lounge untuk memberikan pengalaman berbelanja kepada pelanggan yang telah memasan smartphone terbaru iPhone 14 Series. Manajemen Blibli juga melepas Blibli Express Service atau BES Paket untuk mengantarkan pesanan produk Apple terbaru ke pelanggan yang memilih opsi Midnight Delivery. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Fitur ini bisa digunakan dengan cara membuka aplikasi kamera terlebih dahulu. Setelah itu, arahkan kamera pada objek yang ingin difoto. Kemudian, tekan tombol volume atas atau bawah untuk mengabadikan objek tersebut menjadi foto. Tombol volume bisa digunakan untuk mengambil foto portrait, foto biasa, dan foto dengan mode panorama dengan kamera belakang.

Mengirim Pesan SOS

Apple memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan singkat dalam situasi darurat, meski tak ada jaringan seluler yang tersedia. Untuk mengirim pesan darurat, pengguna Iphone dapat menekan tombol power bersamaan dengan salah satu tombol volume. Trik ini akan mengirimkan pesan darurat secara otomatis kepada layanan darurat dan kontak yang terdaftar sebagai kontak darurat.

Merekam Video

photo
Petugas melayani pelanggan seri iPhone 14 Pro saat Midnight Lounge di Jakarta, Jumat (4/11/2022) dini hari. Blibli menggelar Midnight Lounge untuk memberikan pengalaman berbelanja kepada pelanggan yang telah memasan smartphone terbaru iPhone 14 Series. Manajemen Blibli juga melepas Blibli Express Service atau BES Paket untuk mengantarkan pesanan produk Apple terbaru ke pelanggan yang memilih opsi Midnight Delivery. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Seperti halnya mengambil foto, pengguna Iphone juga dapat merekam video dengan menggunakan tombol volume. Caranya, pengguna dapat membuka aplikasi kamera terlebih dahulu, lalu geser fitur foto menjadi fitur video. Selanjutnya, cukup tekan tombol volume atas atau bawah untuk memulai dan menghentikan perekaman video.

Memindai Dokumen

Banyak pengguna Iphone yang belum mengetahui bahwa ponsel mereka telah dilengkapi dengan fitur pemindai dokumen. Fitur ini dapat dioperasikan dengan tombol volume.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat membuka aplikasi kamera terlebih dahulu, lalu tekan tombol volume untuk mengambil foto dokumen yang ingin dipindai.

Cara lainnya, setelah aplikasi kamera terbuka, pengguna dapat memilih fitur Shutter. Berikutnya, atur area dokumen yang ingin dipindai, setelah itu pilih Keep Scan.

Menonaktifkan Alarm

photo
Seorang fotografer memotret iPhone yang dipajang saat pratinjau pers Apple Store pertama di India di Mumbai, India, Senin, 17 April 2023. Apple akan membuka toko ritel pertamanya di India di Mumbai pada Selasa 18 April 2023 - (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Saat alarm berbunyi, sebagian besar pengguna biasanya akan menekan pilihan Snooze atau Stop pada layar ponsel untuk mematikan alarm. Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mematikan alarm adalah dengan menekan salah satu tombol volume. Dengan menekan tombol volume, alarm akan berhenti dan tertunda sejenak (snooze) sebelum kembali berbunyi sekitar sembilan menit kemudian.

Memblokir FaceID dan Touch ID

Pengguna bisa memblokir atau mengunci fitur FaceID dan Touch ID secara cepat menggunakan tombol volume. Untuk melakukannya, pengguna cukup menekan dan menahan tombol volume selama dua detik, hingga layar layanan telepon darurat teraktivasi dan slider akan muncul pada layar. Pada saat inilah, pengguna bisa menekan tombol volume kembali untuk mengunci FaceID atau Touch ID.

Mengatasi Freeze

photo
A teenage girl plays the video game Fortnite, on an Apple iPhone X in Billerica, Massachusetts, USA, 24 August 2020. Epic Games Inc., the maker of the popular game Fortnite, is in a legal battle with Apple Inc., NASDAQ: APPL, following the removal of the game from the iOS App Store over a dispute on the distribution of income from in-app purchases of the game Fortnite. - (EPA-EFE/CJ GUNTHER)

Ketika ponsel Iphone mengalami freeze, salah satu trik sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mematikan ponsel lalu menyalakannya kembali. Untuk melakukan ini saat ponsel mengalami freeze, pengguna bisa menekan dan menahan tombol volume atas terlebih dahulu, lalu lepaskan. Selanjutnya, lakukan hal serupa pada tombol volume bawah.

Menonaktifkan Ragam Fitur Tombol Volume

Meski bisa memudahkan, sebagian pengguna Iphone mungkin tak ingin tombol volume mereka memiliki beragam fitur. Beragam fitur yang terkoneksi dengan tombol volume ini bisa dinonaktifkan dengan langkah yang sederhana. Berikut adalah caranya:

Klik Setting -> Accessibility -> Guided Access. Setelah itu, aktifkan pilihan Guided Access.

 

 
Ketika iPhone mengalami freeze, salah satu trik sederhana yang bisa dilakukan adalah mematikan ponsel lalu menyalakannya kembali.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat