Jamaah umroh asal Indonesia mencari oleh-oleh di Toko Ali Murah, Jeddah, Arab Saudi, Rabu (3/5). | REPUBLIKA/PRAYOGI
Toko ini selalu ramai dikunjungi jamaah haji dan umroh asal Indonesia. | REPUBLIKA/PRAYOGI
Beragam oleh-oleh bisa dengan mudah ditemui mulai dari makanan, peci haji, surban, tasbih, gelang, cincin, sajadah, karpet, teko/cangkir khas timur tengah, tempelan kulkas dan masih banyak lagi barang yang lain. | REPUBLIKA/PRAYOGI
Untuk melayani para pembeli, para petugas toko ini menggunakan Bahasa Indonesia karena hampir jamaah haji dan umroh Indonesia akan mampir ke tempat ini. | REPUBLIKA/PRAYOGI
Harganya pun kebanyakan lebih murah dibanding produk yang sama dijual di Madinah maupun di Mekah. | REPUBLIKA/PRAYOGI
Jamaah umroh asal Indonesia mencari oleh-oleh di Toko Ali Murah, Jeddah, Arab Saudi, Rabu (3/5). | REPUBLIKA/PRAYOGI

Peristiwa

Tradisi Membeli Oleh-Oleh Jamaah Umroh Asal Indonesia

Untuk menarik pembeli dari Indonesia, toko ini mengajarkan penggunaan Bahasa Indonesia kepada pelayannya.

JAKARTA -- Para jamaah umroh asal Indonesia tampaknya selalu mencari oleh-oleh saat kembali dari ibadah umrah. Sejumlah toko di Jeddah, Arab Saudi pun ramai dikunjungi oleh para jamaah yang sedang melaksanakan umroh.

Toko-toko ini menawarkan berbagai macam oleh-oleh mulai dari makanan hingga barang-barang rumah tangga khas Timur Tengah seperti karpet dan cangkir.

Untuk menarik pembeli dari Indonesia, toko ini mengajarkan penggunaan Bahasa Indonesia kepada para petugas toko untuk memudahkan para pembeli dalam berkomunikasi. Karena mayoritas pembeli adalah jamaah umroh asal Indonesia, Bahasa Indonesia tentu menjadi bahasa yang paling mudah dipahami.

Selain itu, harga produk di Toko Ali Murah cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga produk yang sama dijual di Madinah maupun Mekah, sehingga menjadi daya tarik tambahan bagi para pembeli.

  ';