Sejumlah pengunjung berjalan di dekat spanduk acara Republika Ramadhan Festival 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/4/2023). Republika Ramadhan Festival 2023 bertajuk Gaya Hidup Halal untuk Kebangkitan Ekonomi dengan pembahasan seputar ekonomi syar | Republika/Putra M. Akbar

Kabar Ramadhan

Republika Ramadhan Festival, Simbol Mempertemukan Berbagai Elemen Umat Islam

Republika Ramadhan Festival juga merupakan momen mengisi bulan suci Ramadhan yang penuh dengan keberkahan.

Pembukaan Republika Ramadhan Festival telah berlangsung di Plaza Al-Fattah, Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/4/2023). Mengusung tema "Gaya Hidup Halal untuk Kebangkitan Ekonomi", festival berlangsung mulai 7-15 April 2023.

Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi, menyampaikan, Republika Ramadhan Festival 2023 digelar sebagai simbol untuk mempertemukan berbagai elemen umat Islam. Beragam elemen yang saling terkait dipertemukan di ajang istimewa tersebut.

"Baik yang bergerak dalam usaha kecil menengah, bergerak dalam usaha ekonomi syariah, industri halal, dan lainnya dikumpulkan bersama-sama. Akan ada rangkaian acara lain seperti bazar dan talk show yang membahas tema-tema aktual terkait dengan dinamika keislaman," kata Irfan dalam pidato pembukaannya.

photo
Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi memberikan sambutan pada acara pembukaan Republika Ramadhan Festival 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/4/2023). Republika Ramadhan Festival 2023 bertajuk Gaya Hidup Halal untuk Kebangkitan Ekonomi dengan pembahasan seputar ekonomi syariah dan gaya hidup halal dengan harapan dapat menggerakkan perekonomian melalui ekonomi syariah. Acara tersebut menghadirkan serangkaian kegiatan seperti talkshow, kajian keislaman, bazar, santunan, hingga hiburan tersebut berlangsung hingga Sabtu (15/4/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)

Irfan menyampaikan, Republika Ramadhan Festival juga merupakan momen mengisi bulan suci Ramadhan yang penuh dengan keberkahan. Ia berharap acara yang digelar bisa menjadi bagian dari upaya memuliakan bulan Ramadhan.

Untuk ke depannya, Republika Ramadhan Festival diharapkan bisa menjadi acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Ia menyampaikan, Republika tidak henti-hentinya untuk terus bergiat dalam aktivitas kebaikan yang mendorong perkembangan umat Islam di berbagai lini.

"Republika secara sejarah juga memang dilahirkan sebagai media yang membawa aspirasi umat Islam, yang harus juga dijadikan saluran komunikasi antara umat Islam dengan berbagai umat lain dan harus membawa nilai-nilai kebangsaan," ujar Irfan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Pada pembukaan Republika Ramadhan Festival 2023, dilakukan prosesi pemukulan beduk yang menandai dibukanya acara secara resmi. Selain Irfan, pidato pembukaan lain disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Ekonomi Dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia Arief Hartawan serta Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Syifa Fauzia.

Hingga 15 April 2023, Republika Ramadhan Festival menghadirkan rangkaian acara talk show, seminar, kajian ilmu, bazar, santunan, dan hiburan. Acara digelar secara hibrid, yakni secara luring di Masjid Istiqlal dan secara daring bisa disimak di kanal republika.co.id dan akun media sosial Republika di Tiktok dan Youtube.

Pekerjaan Rumah untuk Semua

photo
Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim Syifa Fauzia menyampaikan sambutan saat pembukaan Republika Ramadhan Festival 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/4/2023). Republika Ramadhan Festival 2023 bertajuk Gaya Hidup Halal untuk Kebangkitan Ekonomi dengan pembahasan seputar ekonomi syariah dan gaya hidup halal dengan harapan dapat menggerakkan perekonomian melalui ekonomi syariah. Acara tersebut menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti talkshow, kajian keislaman, bazar, santunan hingga hiburan tersebut berlangsung hingga Sabtu (15/4/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)


Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Syifa Fauzia, menyebut implementasi gaya hidup halal sebagai pekerjaan rumah (PR) untuk semua pihak. Hal tersebut disampaikan Syifa pada pembukaan Republika Ramadhan Festival 2023.

"Halal lifestyle jadi satu PR untuk kita semua, karena jumlah umat Islam terbesar ada di Indonesia. Seharusnya menjalankan gaya hidup halal sebagai umat Islam," kata Syifa pada pembukaan Republika Ramadhan Festival di Plaza Al-Fattah, Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/4/2023).

Syifa menyampaikan, gaya hidup halal adalah cara menjalani kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip halal. Gaya hidup halal bukan sekadar mengonsumsi makanan dan minuman halal, tetapi bagaimana berkehidupan secara halal yang mencakup seluruh bidang, termasuk dalam bermuamalah dan di bidang perbankan.

photo
Sejumlah pengunjung berjalan di dekat spanduk acara Republika Ramadhan Festival 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/4/2023). Republika Ramadhan Festival 2023 bertajuk Gaya Hidup Halal untuk Kebangkitan Ekonomi dengan pembahasan seputar ekonomi syariah dan gaya hidup halal dengan harapan dapat menggerakkan perekonomian melalui ekonomi syariah. Acara tersebut menghadirkan serangkaian kegiatan, seperti talkshow, kajian keislaman, bazar, santunan hingga hiburan tersebut berlangsung hingga Sabtu (15/4/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)

Gaya hidup halal pun harus diiringi dengan perkembangan industri halal, yang menyediakan produk keseharian yang mendukung ekosistem halal. Syifa mengatakan, industri halal bertumpu pada penyediaan barang dan jasa halal, dan perlu didukung oleh semua pihak.

Karena itu, Syifa mengapresiasi inisiatif Republika menyelenggarakan Republika Ramadhan Festival. Berbagai kegiatan yang diusung disebutnya bermanfaat untuk masyarakat, terutama terkait edukasi mengenai gaya hidup halal.

Sebagai media yang berbasis keislaman, Republika diharapkan selalu memberikan informasi bermanfaat yang membuat masyarakat semakin familier dengan gaya hidup halal.

"Insya Allah kegiatan ini membawa banyak manfaat bagi kita semua, diikuti masyarakat, banyak komunitas dan organisasi. Didatangi orang-orang yang ingin tahu lebih lanjut, membuat mereka terinformasikan dan teredukasi tentang kehidupan halal," ujar Syifa.

 

 
Gaya hidup halal adalah cara menjalani kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip halal.
SYIFA FAUZIA, Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT).
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.