Belanja daring di bulan Ramadhan (ILUSTRASI) | Pixabay

Belanja

Simak Cara Penjual Online Kian Cuan Selama Ramadhan

Sembilan dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat RamadHan tahun ini.

Ramadhan selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia, termasuk para pelaku bisnis. Riset dari the Trade Desk 2023 menunjukkan, sebanyak sembilan dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada Ramadhan tahun ini.

Sekitar 80 persen konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023, menurut laporan dari Economy Sea Report 2023. Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadhan 2022, masyarakat tetap memilih lokapasar untuk berbelanja berbagai kebutuhan Ramadhan.

“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50 persen dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77 persen,” ujar Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Riset Tokopedia tentang tren Ramadhan 2022 menunjukkan, masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadhan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi pun biasanya terjadi pada pekan pertama hingga ketiga Ramadhan. Tepatnya, saat pembagian tunjangan hari raya (THR).

photo
Belanja daring di Tokopedia - (Dok Tokopedia)


Kategori Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadhan 2022.

Edwin menambahkan, metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadhan. Baik melalui transfer antarbank, dompet digital, kartu kredit, dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadhan 2022 dikirim dengan bebas ongkir.

Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik tepercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.

Optimalkan Peluang pada Ramadhan

photo
Sejumlah petugas menyortir barang pesanan konsumen di Warehouse JD ID, Marunda, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/12/2020). Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 - (Fakhri Hermansyah/ANTARA FOTO)

Melihat tren konsumen pada Ramadhan 2022, pelaku bisnis dari berbagai skala bisa mempersiapkan strategi pemasaran dengan Tokopedia Marketing Solutions. Solusi ini hadir untuk untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’), banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’), permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’), dan kanal video streaming (‘Tokopedia Play’).

“Sepanjang Ramadhan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4 persen ketika Tap Tap Kotak tayang dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5 persen,” kata Edwin.

Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya, dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’), menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).


Pada Ramadhan 2022, Kintakun, jenama lokal yang bergerak di bidang perlengkapan tidur seperti sprei dan bedcover serta produk home living, meluncurkan paket eksklusif Kintakun x Ji Changwook di Tokopedia dengan memanfaatkan solusi menyeluruh dari Tokopedia Marketing Solutions selama satu bulan penuh. Kintakun menggunakan Homepage Banner, Dynamic Channel, Tokopedia Play, TopAds, Tokopedia Display Network, dan Marketing Services.

“Dengan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions, Kintakun mencatat peningkatan pesanan sebesar 52 persen dan peningkatan pendapatan sebesar 95 persen selama Ramadhan 2022,” ujar Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputra.

Sementara, Garudafood, salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, juga menggunakan solusi marketing menyeluruh dari Tokopedia Marketing Solutions, untuk memaksimalkan penjualan dengan hadir di seluruh pelanggan. Marketing Director Garudafood, Ferry Haryanto, mengatakan, pihaknya meluncurkan 55 varian hampers secara eksklusif di Tokopedia saat Ramadhan tahun lalu.

"Dengan bantuan Tokopedia Marketing Solutions, kami berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan sebesar 143 persen dan peningkatan pendapatan sebesar 179 persen selama Ramadhan 2022.” Tahun ini, Tokopedia mengusung tema #LengkapiRamadan masyarakat lewat berbagai penawaran menarik dan sederet kampanye.

Mulai dari Brand Bazaar Pilihan, Ramadan Ekstra, Serbu Official Store, Waktu Indonesia Belanja, hingga CantikFest. Pelaku bisnis bisa berpartisipasi pada  berbagai kampanye tersebut dan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions, untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, termasuk selama Ramadhan 2023. 

 

 
GarudaFood berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan sebesar 143 persen dan peningkatan pendapatan sebesar 179 persen selama Ramadhan 2022.
FERRY HARYANTO, Marketing Director Garudafood.
 
 

Jalan Rusak Warga Nyangkringan Pasang Spanduk Protes

Jalan yang rusak rawan menimbulkan terjadi kecelekaan.

SELENGKAPNYA

Bekal Strategi untuk Memulai Usaha Kue Lebaran

Jangan hanya memanfaatkan momen Lebaran untuk meningkatkan penjualan kue kering.

SELENGKAPNYA

Setahun Perang yang Mengguncang Eropa

SELENGKAPNYA

Ikuti Berita Republika Lainnya