Petugas menyiapkan logistik bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah berupa 140 ton ba | Republika/Putra M. Akbar

Peristiwa

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan bagi Turki-Suriah

Sebanyak 4 pesawat akan membawa 140 ton bahan makanan dan juga logistik.

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk para korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah. Sebanyak empat pesawat akan membawa 140 ton bahan makanan dan juga logistik yang dibutuhkan para korban bencana di kedua negara itu.

photo
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat meninjau bantuan logistik yang akan dikirimkan ke Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)

"Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan 4 pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana," ujar Jokowi dalam sambutannya di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

photo
Petugas menyiapkan logistik bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)

Sebelumnya pemerintah juga telah mengirimkan bantuan ke Turki dan Suriah. Indonesia mengirim personel tim SAR dan juga tim medis serta rumah sakit lapangan. Selain itu, saat awal bencana, Indonesia juga mengirimkan pesawat hercules untuk membantu evakuasi para korban bencana.

photo
Anggota TNI memasangkan plastik pada logistik bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023).  - (Republika/Putra M. Akbar)

"Sebelumnya juga telah kita kirim tim SAR dan tim medis serta rumah sakit lapangan yang sangat membantu plus juga pesawat Hercules yang sangat membantu awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang ada di Turki maupun yang ada di Suriah," ujarnya.

photo
Petugas menyiapkan logistik bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). - (Republika/Putra M. Akbar)


Sebelumnya, Indonesia mengirim bantuan tahap pertama mengirimkan tim pencarian dan pertolongan (SAR) sebanyak 49 orang berkualifikasi internasional. Kemudian bantuan tahap dua telah dikirimkan emergency medical team atau tim medis darurat dengan membangun Rumah Sakit Lapangan Indonesia. Rumah sakit tersebut memiliki kapasitas untuk melakukan operasi darurat penanganan patah tulang, dan melayani rata-rata 120 pasien tiap harinya.

photo
Presiden Joko Widodo bersiap menyampaikan konferensi pers usai meninjau bantuan logistik yang akan dikirimkan ke Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023). Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah berupa 140 ton bahan makanan dan logistik yang dibutuhkan korban gempa. - (Republika/Putra M. Akbar)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat