Funscience, Eksperimen | Republika-KPM

Funscience

Menutup Mulut Daun

"Pernahkah Sahabat" berpikir bagaimana jika tidak ada oksigen dalam kehidupan? Apa yang terjadi pada kita dan makhluk hidup di sekitar kita? Tentunya membuat kalian penasaran, kan? Yuk, kita ikuti keseruan eksperimen Nala dan Ria berikut ini.

photo
Alat dan bahan eksperimen - (KPM)

 

Tujuan Eksperimen Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui dampak daun tidak mendapatkan oksigen (bernapas) Penjelasan ilmiah praktikum tadi begini loh sahabat … check it out!

photo
Langkah percobaan - (KPM)

 


Mungkin kalian penasaran dengan hasilnya, kan?

Mulut daun, atau dikenal dengan stomata, banyak terdapat di sisi belakang daun. Tumbuhan bernapas melalui stomata. Jika bagian belakang daun diolesi Vaseline, maka stomatanya akan tertutup dan daun tersebut bisa mati. Jadi, jagalah tanaman kalian setelah percobaan ini selesai. Begitu penjelasannya sahabat. Bagaimana sahabat? Seru banget ya melakukan eksperimen ini? Sampai ketemu minggu depan dengan eksperimen sains menarik lainnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Napak Tilas Jejak E Dubois

E Dubois datang ke Trinil setelah mendengar informasi dari Raden Saleh.

SELENGKAPNYA

Batik Girli, Batik Sragen

Berkunjung ke kampung batik Sragen bisa jadi kegiatan tambahan saat ke Sangiran.

SELENGKAPNYA