Anak membaca buku di balai baca Kampung Literasi, Jalan Pal Meriam, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023). | Republika/Thoudy Badai

Peristiwa

Kampung Literasi Pal Meriam, Upaya Tingkatkan Minat Baca

Data UNESCO: Minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%

JAKARTA -- Anak membaca buku di balai baca Kampung Literasi, Jalan Pal Meriam, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023). Keberadaan Kampung literasi tersebut diharapkan mampu menggali minat baca anak diluar pendidikan formal.

photo
Anak membaca buku di balai baca Kampung Literasi, Jalan Pal Meriam, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023). Keberadaan Kampung literasi tersebut diharapkan mampu menggali minta baca anak diluar pendidikan formal. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Kampung ini dilengkapi dengan fasilitas sarana edukasi balai baca yang menyediakan beragam buku bacaan bagi anak. Selain itu, Kampung Literasi juga dihiasi dengan beragam mural bertemakan pendidikan guna mepercantik kawasan tersebut.

photo
Anak membaca buku di balai baca Kampung Literasi, Jalan Pal Meriam, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023). Keberadaan Kampung literasi tersebut diharapkan mampu menggali minta baca anak diluar pendidikan formal  (Republika/Thoudy Badai)

 

Data UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah.

photo
Warga beraktivitas di Kampung Literasi, Jalan Pal Meriam, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023). Kampung Literasi juga dihiasi dengan beragam mural bertemakan pendidikan guna mepercantik kawasan tersebut. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Indonesia berada di urutan ke-60 dari 61 negara yang disurvey tentang tingkat minat baca.

photo
Warga beraktivitas di Kampung Literasi, Jalan Pal Meriam, Jakarta Timur, Senin (30/1/2023).  (Republika/Thoudy Badai)
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat