Asupan gula (ilustrasi) | Unsplash/Myriam Zilles

Sehat

Kendalikan Konsumsi Manis dengan Indikator Gula

Di Indonesia, sebanyak 61,27 persen penduduk berusia tiga tahun ke atas mengonsumsi minuman manis lebih dari satu kali per hari, menurut data Riset Kesehatan Dasar 2018. Dari data yang sama, diketahui ada 30,22 persen penduduk yang mengonsumsi minuman manis sebanyak satu sampai enam kali per pekan.

Hanya 8,51 persen penduduk yang mengonsumsi minuman manis kurang dari tiga kali per bulan. Kebiasaan mengonsumsi minuman manis bisa mempermudah orang-orang untuk mendapatkan asupan gula yang berlebih.

Terlebih, sebagian minuman manis bisa mengandung gula hingga puluhan gram per kemasan. Padahal, batas asupan gula yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah 50 gram per hari. 

Melihat kebiasaan ini, Super Indo menghadirkan Indikator Gula di seluruh gerainya untuk mempermudah masyarakat mengontrol asupan gula dari minuman agar tak berlebih.

Pakar nutrisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Rimbawan, mengatakan, kebiasaan mengonsumsi gula secara berlebih bisa meningkatkan risiko terjadinya obesitas. Ketika obesitas terjadi, beragam risiko penyakit tidak menular juga bisa ikut muncul.

Salah satu contohnya, diabetes mellitus tipe dua. "Itu yang buat kita harus aware (waspada-Red) mengenai apa yang kita makan dan minum, penting harus kita perhatikan," kata Dr Rimbawan di Super Indo BEZ Plaza, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

photo
Seorang pedagang permen gulali mangkal di trotoar Jalan Braga, Kota Bandung, dan menjadi perhatian pengunjung, Jumat (6/1/2023). Gulali merupakan salah satu jajanan tradisional terbuat dari gula yang dipanaskan kemudian dibentuk menjadi aneka bunga dan bentuk-bentuk kreatif lainnya. - (Edi Yusuf/Republika)

Hal senada juga diungkapkan Presiden Direktur Super Indo, Johan Boeijenga. Johan mengatakan, konsumsi gula berlebih telah menjadi permasalahan di banyak negara, termasuk Indonesia. "Kebanyakan orang mengonsumsi rata-rata delapan minuman berbeda setiap hari dan kebanyakan mengandung gula," ujar Johan.

photo
Super Indo luncurkan Indikator Gula untuk memudahkan konsumen mengontrol asupan gula dari minuman manis dalam kemasan. - (Republika/Adysha Citra Ramadani)

Sebagai retailer, Super Indo tergerak untuk membantu mempermudah para konsumen dalam mengontrol asupan gula mereka dari minuman manis. Hal ini Super Indo wujudkan dengan menghadirkan Indikator Gula untuk minuman kemasan di seluruh gerai Super Indo. "Hal ini diharapkan dapat mendorong perubahan perilaku sehingga dan memberikan edukasi terkait batasan konsumsi gula," ujar Johan.

Senada, General Manager of Corporate Affairs and Sustainability Super Indo Yuvlinda Susanta mengatakan, Indikator Gula ini merupakan sebuah sistem navigasi kandungan gula yang dipasang di dekat rak-rak minuman kemasan. Indikator Gula ini terdiri atas empat kategori warna yang masing-masing warnanya akan menggambarkan kandungan gula dalam suatu minuman kemasan.

Warna kuning menunjukkan bahwa suatu produk minuman kemasan memiliki kandungan gula 0,5 gram atau lebih rendah per 100 ml. Warna jingga muda menunjukkan bahwa minuman kemasan memiliki kandungan gula 0,5-6 gram per 100 mili liter.

Warna jingga menunjukkan bahwa minuman kemasan memiliki kandungan gula sebanyak 6-12 gram per 100 ml. Sedangkan warna jingga tua menunjukkan bahwa minuman kemasan memiliki kandungan gula lebih dari 12 gram per 100 mili liter.

photo
Super Indo luncurkan Indikator Gula untuk memudahkan konsumen mengontrol asupan gula dari minuman manis dalam kemasan. - (Republika/Adysha Citra Ramadani)

Parameter Indikator Gula ini dirumuskan berdasarkan rekomendasi asupan gula harian dari WHO dan Kementerian kesehatan RI, serta regulasi BPOM RI. Super Indo juga berkonsultasi dengan para ahli dalam merumuskan parameter Indikator Gula mereka.

Konsumen bisa melihat warna atau informasi Indikator Gula untuk tiap minuman kemasan pada label harga produk tersebut. Saat ini, Indikator Gula baru diterapkan untuk lima kategori minuman, yaitu jus, minuman siap saji, minuman ringan, tonik, dan air minum dalam kemasan.

"Pada tahap selanjutnya kami akan memasukkan juga produk-produk dairy sesuai rekomendasi BPOM dan dalam waktu dekat kami targetkan adanya sistem navigasi nutrisi pada produk makanan," ujar Yuvlinda. 

 

 
Kebanyakan orang mengonsumsi, delapan minuman berbeda yang mengandung gula.
JOHAN BOEIJENGA, Presiden Direktur Super Indo
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat